Aplikasi Resetter Canon MP287 | Cara Menggunakan & Reset

Tutorial kali ini adalah cara menggunakan resetter Canon mp287, biasanya teknisi menggunakan resetter ketika mereset printer.

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Hampir semua printer jenis inkjet, pasti memiliki batas masa pakai dan suatu saat harus direset agar bisa digunakan kembali.

Maksud dari batas pakai di sini adalah batas maksimal pencetakan sebuah printer. Berdasarkan pengalaman saya pribadi batas maksimal pencetakan sebuah printer adalah 6000 hingga 6500 lembar.

Nah, jika pemakaian printer sudah melebihi batas ini tentu saja printer harus di reset. Kamu perlu ingat ya, kamu printer kamu ini tidak rusak, hanya saja error dan membutuhkan sedikit penyesuaian.

Ini merupakan sebuah hal yang wajar untuk sebuah printer. Salah satu tanda printer sudah mencapai batas maksimal pencetakan adalah dengan berkedipnya lampu indikator kertas dan juga tinta secara bergantian.

Pengguna printer Canon pasti udah paham betul deh, dan mungkin langsung scroll artikel ini untuk cari linknya.


Cara Reset Canon MP287

download software reset canon mp287

Dalam melakukan reset printer, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus memastikan bahwa kabel dan juga jaringan listrik yang kamu gunakan aman dan tidak berpotensi untuk terjadinya arus pendek.

Perlu kamu tahu bahwa jika terjadi arus pendek tentu saja akan berdampak pada kerusakan printer yang lebih buruk.

Biasanya kerusakan yang disebabkan oleh arus pendek ini harus ditangani oleh ahlinya. Jika demikian, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya tambahkan untuk melakukan perbaikan.

Oke, kita langsung saja ke cara sederhana melakukan reset printer Canon MP 287. Sebelum kalian mulai mereset printer, silahkan download filenya: resetter mp287

Begini cara reset canon MP287:

  • Download aplikasi resetter printer Canon MP287 di atas
  • Nyalakan printer
  • Tahan tombol power
  • Tekan tombol reset 2x
  • Lepas tombol power
  • Printer akan masuk service mode*
  • Buka aplikasi resetter
  • Klik Main, tunggu prosesnya
  • Klik EEPROM Clear
  • Klik EEPROM, tunggu prosesnya
  • Terakhir, restart printer

Setelah kalian melakukan klik EEPROM, printer akan mencetak dokumen, tulisannya mengandung TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)

Entah itu apa, tapi biarkan saja. Jika berhasil, printer sudah bisa digunakan kembali. Cara ini juga bisa digunakan ketika muncul error E08.

Tapi, jika proses reset ada yang gagal atau error silahkan cek kondisi cartridge sebelum mencoba resetter Canon mp287 ini.

Ada baiknya untuk print test menggunakan cartridge lain yang dipastikan masih berfungsi dengan baik.

Jika masalah belum juga terselesaikan, mungkin ada baiknya untuk konsultasi ke teknisi, bisa jadi masalah akan selesai tanpa direset.

Printer dari Canon memang terkenal mempunyai performa atau kinerja yang baik dengan kecepatan cetak yang tinggi, sehingga efisiensi waktu akan diperoleh dengan baik.

Kinerja baik yang ditawarkan oleh Canon tentu saja tidak terlepas dari dukungan processor dan juga memory yang digunakan di setiap printer yang ditawarkannya.


komputertips.com

Baca juga: