Aplikasi Resetter Canon IP2770 | Cara Menggunakan & Reset

Canon PIXMA IP2770 adalah salah satu jenis printer inkjet yang harganya sangat terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah.

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Printer ini cocok sekali untuk keperluan percetakan di kantor-kantor karena kemampuan cetak yang cepat dan biayanya (modifikasi, tabung, dll.) juga murah.

Tetapi, memodifikasi sama saja dengan mencari masalah baru, dan tak jarang teknisi membutuhkan resetter canon IP2770 ini.

Biasanya penyebab kamu perlu melakukan reset ini adalah printer yang kamu gunakan sudah mencapai batas maksimal pencetakan.

Biasanya sebuah printer mempunyai batas pencetakan sekitar 6000 hingga 6500 lembar atau cetakan. Tenang saja ini bukan merupakan sebuah hal yang perlu dikhawatirkan.

Karena kamu bisa melakukan perbaikan sendiri tidak perlu menggunakan jasa tempat service printer. Apa yang menjadi tanda bahwa sebuah printer sudah mencapai batas maksimal pencetakan?

Biasanya sebuah printer yang sudah mencapai atau melebihi batas maksimal pencetakan, lampu indikator kertas dan juga tinta akan berkedip secara bergantian.

Oke, langsung ja kita bahas cara melakukan reset printer Canon IP2770, yuk di artikel ini!

Cara Reset Canon IP2770

download resetter canon ip 2770 terbaru

Sebenarnya cara melakukan reset printer Canon IP2770 ini ada 2 macam yaitu secara manual dan menggunakan aplikasi. Namun, saya pribadi sih lebih prefer ke cara menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang digunakan di sini adalah resetter printer Canon IP2770. Tenang kamu tidak usah perlu repot-repot mencari aplikasi ini, karena kamu sudah menyediakannya dan bisa kamu download di link Google Drive di bawah.

Oke, sebelum kamu melakukan reset printer, kamu harus memastikan bahwa kabel dan juga listrik yang kamu gunakan untuk menghidupkan perangkat dalam keadaan yang baik.

Artinya kebal dan berbagai perangkat kelistrikan lainnya tidak menyebabkan arus pendek listrik. Perlu kamu tahu bahwa arus pendek listrik ini sangat berbahaya untuk sebuah perangkat elektronik termasuk printer.

Ya, hal tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan yang bisa dibilang lebih parah dan harus ditangani oleh orang yang ahli atau jasa reparasi printer.

Sebelum kita mengembalikan pengaturan ke awal, download dulu resetter ip2770 nya: Resetter IP2770

  1. Nyalakan printer
  2. Masuk ke Service Mode*
  3. Driver baru akan terdeteksi
  4. Buka resetter pixma ip2770
  5. Atur Clear Ink Counter jadi Main, klik Set,
  6. Setelah itu dokumen bertuliskan D=000.0 akan dicetak
  7. Atur Ink Absorber Counter jadi Main, klik Set
  8. Klik EEPROM untuk test print
  9. Restart Printer
  10. Selesai

Untuk masuk *service mode, caranya

> Pastikan printer dalam keadaan off / mati.

> Tekan dan tahan tombol Stop/Reset, dan langsung tekan dan tahan tombol Power.

> Lepas tombol Stop/Reset, tanpa melepas tombol power. Dilanjut dengan menekan tekan tombol Stop/Reset sebanyak 5x.

> Setelah 5x ditekan, lepas tombol Power. Jika masih belum jelas, silahkan simak videonya di YouTube.

Tips & Review

Di dunia printing, Canon adalah salah satu brand yang dikenal karena kualitasnya saat mencetak.

Tapi, kenapa ya printer Canon ip2770 ini masih mengalami blinking saat pemakaian? Ternyata, itu memang salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan kerusakan catridge.

Karena biasanya kita ingin memodifikasi printer dengan tabung tinta (agar tidak sering diisi), muncullah kendala karena printer melebihi batas pemakaian.

Istilah ini disebut blinking, karena cartridge melebihi batas, itulah kenapa kadang kita reset.

Disclaimer: gunakan resetter canon ip2770 ini at your own risk.


komputertips.com

Baca juga: