Perbedaan NTFS dan FAT32 | Fungsi dan Perbandingan

Ketika sedang melakukan install ulang sistem operasi Windows, OS akan meminta kita untuk melakukan format driver yang ada di dalamnya, ya kan?

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Atau dalam menggunakan perangkat komputer dan juga media penyimpanan seperti flash disk dan juga hard disk, maka tentu saja kamu akan melakukan proses format kan?

Nah, di kedua kegiatan tersebut biasanya seseorang harus memilih FAT32 atau NTFS. Dalam hal ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara FAT32 dan juga NTFS.

Mempunyai pengetahuan tentang FAT32 dan juga NTFS tentu saja merupakan sebuah hal yang sangat penting, supaya kamu tidak salah dalam menggunakan kedua hal tersebut.

Oke, langsung saja kita bahas dari akarnya ya, dan semoga bahasaku ini cukup jelas dan bisa dicerna.


Apa Itu NTFS?

perbedaan fat32 dengan ntfs

NTFS merupakan singkatan dari (New Technology File System) yang merupakan sebuah format drive standar yang dapat digunakan pada media penyimpanan pada saat ini, baik itu eksternal maupun internal.

Perlu kamu tahu bahwa NTFS ini menawarkan berbagai fitur yang diperlukan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, misalnya pengaturan akses yaitu siapa yang mempunyai hak melakukan akses ke sebuah file direktori.

Selain itu, format ini juga dapat melakukan penetapan kuota berapa banyak kapasitas penyimpanan yang bisa digunakan oleh setiap pengguna, adanya fitur enkripsi dan fault tolerance.

Ada juga berbagai macam fitur standar sebuah sistem file misalnya seperti directory caching, directory hashing, penggunaan atribut direktori, dan juga atribut suatu file tertentu.

Salah satu yang menjadi keunggulan dari NTFS jika dibandingkan dengan sistem file lainnya adalah mempunyai sifat extensible.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menambahkan sebuah fungsi baru di dalam sebuah sistem operasi, tanpa harus melakukan perombakan secara menyeluruh.

Apa Itu FAT32?

format flashdisk ntfs atau fat32

FAT merupakan singkatan dari (File Allocation Table) yang merupakan sebuah sistem file yang menggunakan sebuah metode struktur tabel alokasi berkas atau file sebagai metode untuk bisa beroperasi.

Pada dasarnya FAT ini ada beberapa versi dan salah satunya adalah FAT32. Jika dilihat dari segi usia sistem file FAT32 ini merupakan jenis sistem file yang paling tua jika dibandingkan dengan jenis sistem file NTFS dan juga exFAT.

Sistem FAT32 merupakan jenis sistem file generasi terakhir dari FAT yang diperkenalkan ketika peluncuran sistem operasi Windows 95.

Pada saat itu sistem file FAT32 menjadi sistem file FAT16 dan mempunyai perbaikan utama dalam kaitannya dengan peningkatan jumlah kluster dalam setiap partisi.

Fungsi NTFS dan FAT32

beda fat32 dengan ntfs

FAT32 adalah format yang lebih tua dibanding dua format drive tersebut. FAT32 adalah versi dari sistem file FAT (File Allocation Table) yang dibuat Microsoft pada tahun 1977.

Seiring berjalannya waktu, format tersebut bisa bekerja normal di PC IBM-DOS PC pada tahun 1981, dan kemudian dibawa ke MS-DOS dan menjadi produk standalone.

NTFS (New Technology Files System) adalah format drive yang lebih baru dibanding FAT.

Microsoft memperkenalkan NTFS pada tahun 1993, sebagai komponen Windows NT 3.1 yang berorientasi perusahaan dan juga untuk Windows 2000.

Perbedaan Format NTFS dan FAT32

Ukuran maksimal file untuk format FAT32 adalah 4GB dan volume mencapai 2TB, artinya:

  • Kalian hanya bisa menggunakan per-partisi dengan ukuran maksimal 2TB jika kalian memiliki 4TB, maka dibagi 2.
  • File yang bisa kalian masukkan ke dalam drive dengan format FAT32, maksimal adalah 4GB.

Itulah kenapa, kadang saat sedang mengcopy file ke flashdisk. Ada maksimal file yang tidak bisa diterima, mungkin karena format flashdisknya FAT32.

Lebih Cepat NTFS atau FAT32?

ntfs vs fat32

Bicara speed, ada beberapa faktor lain yang mengambil peran di sini. Seperti jenis drive yang digunakan (HDD / SSD, Flash /non-Flash, dll.)

Jika kalian menggunakan Windows, tentu kalian tahu jika USB flash disk dapat diformat menggunakan 3 sistem file yang berbeda: FAT32, exFAT dan NTFS

  • FAT32 – file system yang biasanya digunakan pada disk USB
  • exFAT – file system yang lebih baru dan dioptimalkan untuk perangkat flash
  • NTFS – file system advanced yang sudah canggih.

Tapi, Hard drive yang diformat NTFS telah diuji lebih cepat pada tes benchmark dibandingkan drive yang diformat FAT32.

Kesimpulan:

Dari pembahasan perbedaan NTFS dan FAT32 di atas, garis besar yang bisa kita ambil adalah:

  • FAT32: Jika kalian bekerja dan menggunakan file berukuran kecil ke sedang, menggunakan FAT32 sudah cukup.
  • NTFS: Jika kalian bekerja dengan puluhan ribu file yang disimpan dan melakukan berbagai jenis aktivitas, sangat disarankan untuk menggunakan sistem file NTFS.

Dengan kecanggihan teknologi untuk mempermudah pekerjaan, menggunakan file sistem NTFS adalah langkah bijak yang kalian bisa terapkan mulai dari sekarang.


komputertips.com

Baca juga: