Perbedaan JPG dan JPEG

perbedaan jpg dan jpeg

Memang betul saat dilihat sekilas, perbedaan jpg dan jpeg tak terlihat dengan jelas. Tapi, problem ekstensi ini jadi serius jika kalian anak fotografi.

Bagi saya pribadi selaku pembuat blog, gambar sebenarnya akan sangat bermasalah ketika ukurannya besar (sekitar di atas 100kb sudah cukup besar menurut saya) karena akan membuat situs lemot.

Tapi, point penting yang kalian akan dapat di sini adalah perbedaan JPG dan JPEG sebenarnya tidak ada.


Format JPG

format jpg

JPG ada karena dulu pada versi Windows lama (sistem file MS-DOS 8.3 dan FAT-16) mereka memerlukan ekstensi 3 huruf untuk nama file.

Jadi .jpeg disingkat menjadi .jpg. Saat itu, Windows dan/atau DOS memiliki keterbatasan, sedangkan UNIX tidak. Jadi, pengguna UNIX dan MAC bisa menggunakan ekstensi .jpeg.

Tentunya, karena saat ini versi Windows sudah baru, dan ekstensi file sudah mulai beragam, dikenal lah .jpeg di Windows, yang seakan format baru, padahal bukan.

Format ini terus digunakan karena sudah terlanjur digunakan oleh banyak orang (dan program yang memerlukan MS-DOS 8.3 dalam pengerjaannya).


Format JPEG

format jpeg

JPEG adalah ekstensi file yang merupakan kependekan dari Joint Photographic Experts Group. Sebuah standar ISO yang awalnya dirilis pada tahun 1992.

Ini adalah sebuah format dari kompresi bitmap, paling umum digunakan untuk kepentingan lossy compression, dengan rasio kompresi yang beragam.

Selain itu, ekstensi .jpeg paling sering digunakan oleh kamera digital dan perangkat lainnya.

Tapi, meskipun format .jpeg bagus untuk warna dan foto, penting juga kita ketahui bahwa akan ada sedikit berkurangnya kualitas gambar karena adanya kompres.

JPEG juga dikenal dengan ekstensi lain, seperti .jpe, .jif, .jfif, dan .jfi.


Kesimpulan

Saat ini, keterbatasan ekstensi file seperti .jpg dan .jpeg telah hilang, karena keduanya bisa diterima secara luas.

Keduanya pada dasarnya hal yang sama, tak ada perbedaan jpg dan jpeg yang berarti. Mereka hidup berdampingan dan menjadi format gambar yang paling populer.

komputertips.com

Baca juga:

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

2 Replies to “Perbedaan JPG dan JPEG”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *