Perangkat Output

perangkat output

Meskipun komputer yang kita gunakan pasti menggunakan hardware, sebenarnya tidak semua hardware merupakan perangkat output.

Nama lain dari perangkat output adalah output device. Tentunya, setiap komputer memiliki perangkat ini, karena jika tidak komputer tidak dapat digunakan secara maksimal.

Pengguna komputer tidak harus memiliki semua perangkat tambahan ini. Ada beberapa di antaranya yang memang harus dimiliki, ada juga yang sifatnya sebagai pelengkap atau aksesoris saja.

Daftar Perangkat Output

Perangkat output adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai media yang menampilkan hasil dari pengolahan data pada komputer.

Kemudian, hasil data yang dikeluarkan berupa 2 macam, yaitu:

  • Soft-copy
  • Hard-copy

Apa sajakah yang termasuk perangkat output? berikut daftar nama output device beserta penjelasannya:

 

1. Headphone

perangkat output headphones

Mungkin beberapa dari kita belum mengetahui ada perbedaan antara Headset, Headphone, Earphone dan Hands-free. Headphone adalah sepasang pengeras suara berukuran kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga.

Biasanya headphone digunakan untuk mendengarkan musik, bila ukurannya tidak terlalu besar, terkadang kita juga bisa melihat orang menggunakan ini saat jogging dan olahraga kecil lainnya. Suara yang dihasilkan? tergantung harga dan kualitas headphone.

Mungkin kalian saat ini juga sedang menggunakan headphone melalui komputer kalian. Penggunaan headphone yang terlalu lama juga terkadang membuat telinga lembab yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

 

2. Monitor

perangkat output monitor

Ada banyak jenis dan model monitor yang saat ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Ada yang bentuknya memanjang, persegi bahkan ada yang berukuran banner dan mencakup monitor LCD. Selain itu, saat ini komputer jenis All-in-One juga menjadi trend dan banyak digunakan.

Monitor merupakan salah satu perangkat output karena ia merupakan peranti yang mengeluarkan output data berupa gambar yang dihasilkan dari pengolahan data yang terjadi di sistem, entah itu tv, hp, komputer, dll.

Kualitas monitor juga mempengaruhi harga jual-nya, jika kalian pengguna Macbook tentu akan tau perbedaan menggunakan Macbook dengan Retina display dan monitor biasa. Untuk para Gamers, mungkin bisa merasakan perbedaan 240hz, 144Hz dengan 120Hz saat main FPS.

Monitor adalah salah satu perangkat keras output yang harus dimiliki sebuah komputer, tanpa monitor kita tidak bisa melihat apa yang ditampilkan. Kalian bisa menggunakan kabel VGA / HDMI / DVI-D untuk menghubungkan monitor dengan PC kalian.

 

3. Plotter

perangkat output plotter

Plotter masih satu keluarga dengan printer, hanya saja plotter dikenal dengan printer grafis yang digunakan untuk menghasilkan output berupa gambaran yang dihasilkan menggunakan pena-pena tinta.

Plotter jugalah perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar besar untuk kebutuhan arsitektur dan engineering. Plotter juga dikenal sebagai mesin yang akan menggambar grafik sesuai dengan data yang telah di-input.

Plotter ada bermacam-macam, seperti:

  1. Plotter Pena
  2. Plotter Electrostatic
  3. Plotter Thermal
  4. Plotter Pemotong
  5. Plotter Format Lebar

Masing-masing plotter juga berbeda fungsi dan kegunaannya. Permasalahan yang ada pada plotter juga hampir sama dengan printer seperti gambar yang buram, cartridge macet/rusak, berbayang, toner luntur tetapi penyelesaiannya berbeda.

 

4. Printer

perangkat output printer

Printer sebenarnya tidak harus dimiliki oleh setiap pengguna, hanya saja ada beberapa individu yang pasti memerlukan perangkat keras output ini. Printer memiliki kemampuan untuk mengeluarkan data olahan berupa bentuk fisik dalam kertas.

Saat ini, printer 3D juga sudah ada dan mampu menghasilkan bentuk dengan lebih bagus dan nyata (3 Dimensi). Printer juga bermacam-macam, ada printer all-in-one, dll. dan juga memiliki 3 macam tipe, yaitu Dot Matrix, Laser dan juga Ink Jet.

Untuk menggunakan printer, diperlukan tinta dan juga listrik tambahan. Selain itu, jika kita menghubungkannya dengan PC kita, diperlukan juga “Driver” yang dapat menghubungkan printer dengan penggunanya melalui komputer.

Harga printer bervariasi antara Rp. 500.000 hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari kebutuhan dan budget yang dimiliki.

 

5. Projector

perangkat output projector

Saat ini penggunaan projector bisa kita lihat di dunia pendidikan, benda kecil yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar proyeksi dengan menggunakan sistem lensa, itulah yang kita kenal dengan sebutan projector.

Cara menggunakan projector juga bermacam-macam, ada yang menggunakannya dengan menghubungkan dengan komputer, laptop, DVD player, netbook, dan lainnya tergantung keadaan dan kebutuhannya, biasanya projector digunakan untuk presentasi.

Kualitas projector juga bermacam-macam, itulah yang membuat harganya ada yang mahal dan sangat mahal. Saat ini, projector juga ada 2 macam yaitu Projector DLP dan proyector LCD, lebih bagus yang mana? tergantung pendapat masing-masing.

Untuk menggunakan projector, dibutuhkan connector gambar HDMI atau VGA. Kalian juga bisa menggunakan converter HDMI to VGA dan sebaliknya untuk berjaga-jaga.

 

6. Speaker

perangkat output speaker

Speaker adalah perangkat yang diperlukan jika kalian sedang build-up komputer, meskipun ada beberapa monitor yang sudah memiliki fitur built-in speaker seperti VX239H, tetapi kurang disarankan karena suara yang dihasilkan pasti tidak sesuai harapan kalian.

Speaker memiliki berbagai macam kualitas, mulai dari speaker murah yang penting bisa nyala hingga speaker yang memang bisa membuat berisik tetangga saat digunakan tergantung budget yang ingin dikeluarkan.

Untuk menghubungkan speaker dengan komputer, dibutuhkan connector jack audio 3.5 mm, biasanya berwarna hijau muda. Beberapa juga menggunakan connector RCA. Untuk merk, mungkin tergantung dari selera masing-masing.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, fungsi dari perangkat ini adalah media yang dapat menghasilkan hasil dari olahan data yang telah diproses di dalam komputer/perangkat pengolah data lainnya.

Baca jugaPerangkat Keras Komputer

Misalnya, ketika kita memasukkan sebuah data berupa gambar RAW melalui flashdisk (proses input) kemudian mengedit dan segala macam agar gambar bagus (proses) setelah itu kita jadikan berupa bentuk fisik dengan plotter (output).

Ada juga beberapa perangkat (devices) yang bekerja secara ganda, menjadi input dan output, misalnya:

  1. Modem
  2. Network Cards
  3. Touch Screen
  4. Headset (dengan mic)
  5. Facsimile / Fax (terdapat scanner dan juga printer)

Dari beberapa perangkat output di atas, ada beberapa yang mungkin tidak dijelaskan seperti Visual Display Unit, Microfilm (Computer Output), Film Recorder, Microfiche karena memang tampilan-nya yang mirip dengan perangkat lainnya.

Sumber : ComputerHope | Wikipedia Techopedia

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

One Reply to “Perangkat Output”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *