Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer – Komputer merupakan salah satu perwujudan dari perkembangan zaman yang semakin modern. Bahkan, penggunaan komputer hampir menyentuh seluruh bidang yang dikerjakan oleh manusia.

Dalam melakukan pekerjaannya, komputer tentunya membutuhkan sumber daya energi tentunya. Tetapi tanpa adanya beberapa perangkat keras tertentu, komputer tak akan bisa digunakan. Apa sajakah itu? berikut pembahasan singkatnya.

 

Perangkat Keras Penting

Ada banyak perangkat keras komputer yang mungkin kita sudah lihat namun belum tau namanya, berikut beberapa nama hardware yang umum dan penting dalam sebuah set komputer yang lengkap.

CPU

perangkat cpu
Gambar perangkat cpu | www.pcworld.com

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, alias otak dari komputer dan pusat dari segala perintah yang akan disampaikan ke perangkat lainnya. Tanpa adanya CPU, sebuah komputer tentunya hanya akan menjadi bangkai.

Sama seperti teknologi lainnya, CPU juga mengalami perubahan dan penyempurnaan di tiap eranya. Mulai dari Microprocessor 4004 pada tahun 1971 hingga adanya core i9 dari Intel yang memiliki kecepatan berlipat-lipat.

CPU merupakan bagian penting yang harus kalian perhatikan jika ingin membeli atau merakit sebuah komputer. Selain harga, kecepatan, jumlah threads dan penggunaan daya menjadi pertimbangan yang harus kalian sesuaikan dengan budget.

 

Harddisk

perangkat harddisk
Gambar perangkat harddisk | www.cleverfiles.com

Di Indonesia, harddisk lebih sering dikenal dengan memory yang padahal harusnya disebut dengan penyimpanan. Pasti sering denger teman kalian nanya “memorynya berapa?” nah antara bingung dan kesel kalo mau jawab, jadi harus mastiin lagi maksudnya tuh RAM atau Storage?

Selain CPU, Harddisk dan juga PSU merupakan bagian penting yang harus kalian perhatikan saat merakit. Untuk harddisk, kalian wajib perhatikan kecepatan baca tulis data dan tentunya socket yang digunakan untuk menyambung ke motherboard.

Kapasitas harddisk juga tentunya perlu kalian pertimbangkan. Untuk saya pribadi yang hanya menggunakan komputer untuk kepentingan kantor seperti browsing, mengetik, printing dan juga browsing, membeli harddisk berukuran 1TB tentunya sangat membuang uang, kecuali kalian memang kaya.

 

Keyboard

perangkat keyboard
Gambar perangkat keyboard | www.massdrop.com

Salah satu perangkat keras input ini pasti akan kalian miliki karena memang untuk melakukan input termudah adalah menggunakan keyboard. Tapi min, kan kita bisa input speech? ya silahkan aja, nanti juga bakal beli juga ujung-ujungnya.

Belilah keyboard yang memang nyaman untuk kalian gunakan. Jangan terlalu terfokus dengan embel-embel gaming, percaya deh se-bagus apapun kit yang kamu gunakan kalo emang dasarnya kamu cupu ya ga akan berpengaruh besar.

Untuk mengetik, admin pribadi menyarankan menggunakan keyboard jenis mechanical. Kenapa? entah kenapa keyboard dengan rubber dome lebih nyaman ketimbang keyboard yang kalian beli seharga 1jt. Sesuaikan kebutuhan aja intinya.

 

Monitor

perangkat monitor
Gambar perangkat monitor | www.lg.com

Tanpa adanya monitor, kalian ga akan bisa melihat output data yang dilakukan komputer. Monitor berfungsi untuk menampilkan data hasil dari pemrosesan yang dilakukan komputer kalian.

Meskipun cuma sekali, pernahkah kalian lihat orang yang menggunakan 2 – 3 monitor yang saling terhubung? yeap, biasanya orang design sering menggunakan komputer yang berukuran ultra wide untuk kebutuhannya.

Selain itu, monitor modern seperti sekarang biasanya dilengkapi dengan extra feature seperti refresh rate yang mencapai titik 240Hz. Untuk kalian yang suka game FPS apalagi game online semacam CSGO, monitor ini pastinya jadi impian banget deh.

 

Motherboard

perangkat motherboard
Gambar perangkat motherboard | nn.wikipedia.org

Haruskah kita membeli motherboard yang mahal? kenapa sih motherboard tuh bisa mahal, dan apa bedanya dengan mobo biasa yang harganya di bawah 1 juta tapi punya socket LGA yang support?

Pertanyaan seperti ini sering kali memutari kepala kita dan memberikan kita 1 asumsi yang sama “makin mahal harganya ya makin bagus” tapi, di mananya?. Tentunya semakin mahal sebuah mobo akan memberikan extra feature seperti: extra ports, extra VRM cooling, support crossfire/sli yang lebih baik, dll.

Bahasa awamnya ya mungkin untuk mobo yang mahal menggunakan bahan-bahan yang lebih berkualitas untuk menopang cpu, vga, ssd dan apapun yang terhubung dengan motherboard itu sendiri dengan harapan kinerja yang lebih baik dan stabil.

 

Mouse

perangkat mouse
Gambar perangkat mouse | www.windowscentral.com

Benda kecil dengan tombol minimal 2 buah di ujung kiri dan kanan, 1 scroll wheel dan sensor pada bagian bawah, itulah benda yang kalian gunakan untuk menggerakan kursor dan disebut dengan mouse.

Mouse memang memiliki harga yang bervariasi, tetapi saya pribadi lebih menyarankan untuk membeli mouse biasa yang biasanya harga 50 – 75 ribu dengan daya tahan dan kemampuan klik yang bagus dibanding mouse “gaming” yang harganya 500 – 700 ribu.

Tapi kan ada DPI nya min? seriusan deh, kalian aja belum tentu paham apa maksud dari DPI ini. DPI itu Dots per Inch, artinya kalo misalnya mouse itu punya 1600 DPI, dan kalian geser 1 inch gitu, mouse itu akan bergerak sebanyak 1600 pixel, kalian bisa tau 1600 pixel itu seberapa jauh?

 

PSU

perangkat psu
Gambar perangkat psu | www.blackmoreit.com

PSU adalah singkatan dari Power Supply Unit. Seperti namanya, perangkat ini berfungsi untuk memberikan suplai energi yang dibutuhkan komputer agar dapat bekerja secara maksimal atau setidaknya stabil.

Sebuah power supply umumnya disertai dengan lubang pembuangan angin untuk mencegah panas yang berlebihan. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan kemana power supply membuang udara.

Semakin banyak perangkat yang kalian ingin gunakan, semakin besar juga tenaga yang diperlukan untuk menjalankan perangkat itu. Itulah mengapa banyak sekali variasi tegangan power supply yang bisa kalian pilih.

 

Printer

perangkat printer
Gambar perangkat printer | www.amazon.com

Seperti printer-printer lainnya, printer yang disebutkan di sini adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan output data yang telah diproses dalam bentuk lembaran kertas atau foto dan bisa dilihat wujudnya.

Saat ini, fungsi dari alat ini juga sudah mulai dicampur dan sering disebut sebagai printer AIO alias all in one. Printer sendiri memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada Toner-based printers.
Liquid inkjet printers, Solid ink printer, Dye-sublimation printers, Thermal printers, Impact printers, dll.

Jika dilihat dari fungsinya, printer nantinya akan menjadi kebutuhan pasti untuk kalian yang memang memiliki uang lebih dan komputer pribadi. Selain memang memudahkan kita untuk mencetak suatu dokumen sekolah, mencetak dokumen rahasia juga sangat sulit tanpa printer pribadi.

 

RAM

perangkat ram
Gambar perangkat ram | www.amazon.com

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat yang sama pentingnya seperti CPU, PSU dan juga HDD. Ke-4 perangkat keras ini sama-sama memiliki peran penting yang apabila tanpa mereka, sebuah komputer tak akan mampu berjalan.

Secara singkatnya, RAM memiliki peran sebagai pembantu processor dalam penyediaan data yang dibutuhkan saat dalam waktu yang sangat cepat. Ketika sebuah harddisk ingin membaca sebuah data yang berupa pecahan-pecahan data, RAM membantu untuk menyimpan pecahan ini untuk disiapkan sebelum data tersebut dipanggil.

Sebagai buktinya, cobalah kalian buka task manager kalian sekarang. Masuk ke tab Process atau Details (windows 10), di sana kalian akan melihat ada beberapa segmen dari CPU | Memory | Disk, dll. memory ini akan terus berubah baik itu berkurang atau bertambah karena terus bekerja.

 

Speaker

perangkat speaker
Gambar perangkat speaker | www.amazon.co.uk

Speaker dan headset memiliki fungsi yang sama yaitu tempat keluarnya output data berupa suara. Dulunya, kalian tak akan bisa mendengar suara dari komputer tanpa adanya driver sound card terpasang, tetapi sekarang sudah canggih dan begitu kalian instal OS, suara bisa langsung terdengar.

Untuk orang yang memang memperhatikan suara, katanya memang ada perbedaan antara suara, bass, treble dan kejernihan suara yang dihasilkan dari speaker murah dan speaker yang “berkualitas” tetapi admin pribadi jujur tak terlalu memerhatikan hal tersebut.

 

VGA Card

perangkat vga card
Gambar perangkat vga card | zhiruitong.en.made-in-china.com

VGA Card, ketika mendengar kata VGA tentunya kita langsung terarahkan ke penggunaannya untuk game, render dll. dan memang kenyataannya seperti itu. Jika dilihat dari masa penciptaan dan penggunaannya, VGA Card ini cenderung perangkat keras komputer yang masih baru.

VGA Card memiliki peran utama sebagai alat bantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan dari proses komputer menjadi tampilan layar grafis pada monitor dengan lebih baik. Itulah mengapa komputer dengan VGA memiliki kualitas gambar yang lebih enak dipandang daripada yang tidak.

Jika dilihat dari jenisnya, VGA ini terbagi menjadi 2 yaitu VGA On-board dan External alias VGA Card. Untuk yang On-Board sendiri biasanya memang sudah terpasang di perangkat laptop atau komputer, tetapi tidak memiliki kualitas yang sama dengan yang VGA External.

 

Perangkat Keras Jaringan

Selain beberapa komponen penting dalam sebuah komputer, ada juga beberapa perangkat pendukung ketika sebuah komputer ingin terhubung ke dalam jaringan, seperti:

Access Point

perangkat access point
Gambar perangkat access point | www.tp-link.com

Access Point atau AP sering kita temukan penggunaannya meskipun kita tidak mengetahui bahwa itu sebenarnya adalah AP. Perangkat keras untuk mengakses internet ini sering digunakan untuk menghubungkan beberapa alat ke dalam sebuah network dari jaringan tertentu atau ke jaringan tertentu.

Access Point juga kita kenal dengan sebutan WiFi, perangkat jaringan ini berisi sebuah transceiver dan antena yang berguna untuk men-transmisi dan menerima sinyal client remote. Untuk melakukan pengaturan, biasanya kita harus membukanya melalui IP Address.

 

Bridge

perangkat bridge
Gambar perangkat access point | www.edimax.com

Bride adalah perangkat  keras yang berperan untuk menghubungkan jaringan komputer jenis LAN dengan jaringan LAN yang lainnya. Bride mampu menghubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda-beda atau jaringan yang sama atau sejenis.

Bride juga mampu menyambung jaringan komputer dengan menggunakan metode medium access control atau yang kita kenal dengan MAC address. Ketika perangkat menerima paket data, bridge akan menentukan dari dan ke mana tujuan dan sumbernya

 

Modem

perangkat modem
Gambar perangkat modem stick | www.lelong.com.my

Modem yang kita kenal biasanya berbentuk seperti USB stick dan memang umum sekali digunakan oleh mereka yang sedang berada di luar ruangan tanpa jaringan internet. Namanya sendiri juga merupakan penggambaran dari cara kerja modem itu sendiri.

Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa, sehingga informasinya dapat diterima dengan sempurna.

 

NIC

perangkat nic
Gambar perangkat nic | techterms.com

Network Interface Card atau NIC mungkin sudah sangat jarang bisa kita temui dengan adanya berbagai perangkat bantu yang lebih efisien dan mudah. NIC bekerja dengan cara memecah data dan kemudian dikirimkan melalui jaringan ke komputer lain, kemudian dirangkai utuh kembali.

Jika dengan nama NIC kalian asing, mungkin kalian bisa kenali perangkat ini dengan nama Ethernet Card atau LAN Card. NIC merupakan sebuah kartu jaringan yang memang dipasang sebagai sarana menerima dan mengirimkan data melalui kabel jaringan

 

Repeater

perangkat repeater
Gambar perangkat repeater | www.freeshipdeals.com

Repeater merupakan perangkat jaringan yang umumnya digunakan untuk memperluas jaringan. Dulunya repeater jenis kabel digunakan untuk menggabungkan kabel ethernet, sedangkan repeater modern menggunakan switch yang lebih canggih.

Perangkat keras jaringan ini juga akan memperkuat sinyal yang dikirimkan sebelum sampai ke segmen yang dimaksud, itulah mengapa sinyal yang dikuatkan dengan repeater jangkauannya lebih luas, penggunaan repeater sering ditemukan di tempat kerja.

Router

perangkat router
Gambar perangkat router | www.dicksmith.com.au

Router adalah perangkat tambahan yang diperlukan sebuah komputer untuk menghubungkan beberapa jaringan (network) baik dalam jaringan yang sama ataupun berbeda tergantung dari teknologi yang digunakan, misalnya dalam penggunaan topologi jenis Bus dan Star.

Nantinya, router akan mengirimkan sebuah paket data, di dalam paket data ini berisi informasi yang dibutuhkan oleh tujuannya. Sama seperti halnya ketika kalian menggunakan layanan internet dari ISP seperti Indihome, Biznet atau semacamnya.

 

Perangkat Keras Tambahan

Perangkat keras komputer
Ilustrasi kumpulan perangkat keras komputer

Kenapa ada perangkat keras tambahan? karena memang ada perangkat keras yang penggunaannya sangat jarang atau malah sudah punah karena posisinya digantikan dengan perangkat keras komputer lain yang lebih efisien atau berguna.

Nama PerangkatFungsi
Analog ModemSaran komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya
Battery Backup (UPS)Menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu dari komputer, seperti monitor, CPU, Server atau bagian lain yang penting
Card ReaderSebagai perantara antara kartu memori dengan perangkat membacanya seperti komputer, handphone atau kamera digital
Expansion Card (Sound Card, USB, TV Tuner Card, dll.)Meningkatkan kemampuan yang ada pada motherboard
External Hard DriveSebagai media penyimpanan data.
FirewallMengontrol sistem keamanan pada jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer
Flash DriveSebagai media penyimpanan data.
Floppy Disk DriveSebagai media penyimpanan data.
Hard Drive Controller CardPerangkat bantu dalam melakukan berkomunikasi dengan hard disk , floppy disk atau jenis lain dari disk drive
JoystickUntuk memainkan games yang dilengkapi dengan tombol dan dapat bergerak ke segala arah
MicrophoneUntuk menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal Analog
Network SwitchSebagai penyambung dalam sebuah jaringan
Optical DriveMembaca dan menyimpan data dari dan atau ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc
Pen TabletMempermudah pekerjaan mengutak-atik gambar, karena keterbatasan fungsi mouse
Print ServerMembantu beberapa user bisa mencetak dokumen menggunakan printer dalam satu atau lebih ruangan kerja
ProjectorAlat bantu untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar
SSDSebagai media penyimpanan data namun konstruksi-nya seperti USB Flash Drive
ScannerUntuk memindai suatu dokumen dan menyimpannya menjadi file digital di dalam komputer
Sound CardSebagai pengolah data untuk audio dan suara
Tape DriveUntuk menyimpan data baik yg dimasukan kedalam CD
WebcamUntuk mengolah pesan cepat seperti chat, melalui video atau beratap muka secara langsung
Zip DriveUntuk Membaca dari dan atau menulis ke media penyimpanan lainnya

Jika kalian merasa nama atau fungsi dari hardware di atas ada yang miss atau kurang tepat, silahkan komentar di bawah ini nanti akan kita pelajari bersama, see you next time.

Leave a Comment