Pengertian Virus Komputer – Siapa yang tidak mengenal apa itu komputer? Bahkan di usia anak-anak saat ini sudah mengenalnya. Sebuah alat yang multifungsi sekali, hanya dengan sebuah komputer kalian bisa mengerjakan banyak hal.

Karena kecanggihannya komputer ini bahkan bisa kita jumpai di setiap rumah. Kecanggihan teknologi tidak serta merta membuat komputer sempurna tanpa cacat. Ribuan virus komputer tidak jarang justru menghambat pekerjaan kita. Mulai dari merusak data hingga membuat kinerja komputer melambat. Lalu apa itu virus komputer?

Virus komputer adalah sebuah aplikasi atau program yang sengaja diciptakan untuk tujuan yang kurang baik. Virus ini biasanya dapat menggandakan diri dengan cepat dan menyebarkan diri dengan cara menyisip atau menempel pada program lainnya.

 

Sejarah Singkat Virus Komputer

sejarah virus komputer

gambar: slideplayer.com/slide/7067613/

Nah, kini kalian sudah mengetahui apa itu virus komputer beserta ragam jenis dan cara kerjanya.  Kini kita akan sedikit mengulas tentang sejarah virus komputer. Terciptanya virus tersebut tidak lama setelah terciptanya komputer.

Tepatnya pada tahun 1949, perkembangan virus komputer dilakukan tahun 1960 di AT&T Bell laboratorium. Ini merupakan salah satu lab terbesar di dunia. Awalnya virus ini merupakan sebuah permainan yang diciptakan oleh John Von Neumann.

Pada jam istirahat para peneliti membuat suatu permainan yang dapat memperbanyak diri, menghancurkan program lawan, serta mampu memperbaiki dirinya secara otomatis. Ini tentunya cara kerja dari sebuah virus bukan?.

Hanya saja hasil penelitian yang awalnya dilakukan secara sengaja ini justru terus dikembangkan oleh beberapa pihak. Mirisnya lagi perkembangan virus ini bertujuan untuk hal yang kurang baik.

 

Macam Macam Virus Komputer

Virus ini banyak sekali macamnya. Cara kerja dan cara mengatasinya tentu tidak sepenuhnya sama. Untuk itu, penting bagi kalian mengetahui berbagai nama virus nama virus komputer dan cara kerja virus komputer berikut ini.

Trojan

Trojan adalah salah satu jenis virus komputer yang tujuannya untuk mencuri data dan bahkan dapat digunakan untuk mengendalikan data yang ada di dalam komputer korban.

Virus biasanya muncul melalui internet dan juga email yang diterima oleh pengguna, disanalah trojan melalui media dan menginfeksi komputer anda.

Untuk itulah kalian perlu waspada ketika mengakses internet maupun sekedar membuka email. Virus Trojan ini bahkan bisa melakukan pencurian data atau informasi penting dalam komputer anda.

Worm

Umumnya kita menyepelekan jenis virus yang satu ini bukan? Namun tahukah kalian jika virus Worm dibiarkan terus menerus mengendap di komputer, ia akan menggandakan diri dengan cepat.

Inilah penyebab memori kalian penuh meski kapasitas data atau file kalian hanya terpakai sedikit. Worm sendiri merupakan salah satu virus yang mempunyai kemampuan menggandakan diri dan merupakan virus komputer terbaru.

Virus ini dipercaya mulai muncul  pada tahun 2007 silam. Selain itu, Worm komputer dapat menginfeksi komputer pengguna melalui email dan jaringan internet. Kurang lebih cara kerjanya hampir sama dengan Trojan.

Memory Resident

Memory Resident adalah virus komputer yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM. Tentu efek yang ditimbulkan dari virus ini akan mengganggu program komputer dan bahkan dapat membuat komputer menjadi sangat lambat.

Memory Resident ini secara otomatis aktif ketika kalian menjalankan sistem operasi komputer anda. Virus inilah yang menjadi alasan mengapa kinerja laptop sangat lambat meskipun spek yang dimiliki cukup bagus.

Multipartite Virus

Multipartite adalah salah satu virus yang juga menyerang memori RAM perangkat komputer. Virus ini kemudian akan menginfeksi sistem operasi tertentu lalu setelah itu merambah kebagian harddisk.

Jika tidak diatasi dengan segera maka virus ini akan sangat mengganggu. Pasalnya, multipartite Virus sendiri mempunyai kemampuan menyerang dengan cepat sehingga dinilai sangat membahayakan kesehatan RAM maupun Harddisk komputer anda.

Web Scripting Virus

Beberapa kalangan menyatakan bahwa Web Scripting ini bukanlah tergolong sebagai sebuah virus. Alasannya yakni karena web scripting ini merupakan sebuah kode program yang berfungsi mengoperasikan konten web saja.

Namun pendapat lain menyatakan bahwa web scripting ini termasuk virus karena ia seringkali mengganggu fungsi program – program lain yang ada didalam komputer. Hal itulah yang kemudian membuat virus ini digolongkan sebagai salah satu virus yang bernama Web Scripting Virus.

FAT Virus

FAT Virus atau File Allocation Table Virus adalah semacam virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk merusak file yang ada pada perangkat komputer anda.

Selain itu, kemampuan virus ini yang sangat berbahaya adalah dapat dengan mudah menyembunyikan berbagai file penting kita. FAT Virus membuat seakan-akan file tersebut hilang atau telah terhapus.

Jika kalian sudah memahami apa itu virus komputer, tentu kalian tidak akan menyepelekan jenis virus yang satu ini begitu saja bukan?

Companion Virus

Virus ini sendiri sulit dideteksi, karena mempunyai kemampuan bersembunyi di dalam hardisk, dan bahkan dapat mengubah format data kita menjadi format data file palsu.

Anda pasti pernah melihat data atau file dengan format ‘.Apk’ bukan?  Companion virus ini akan membuat pengguna bingung menemukan file yang asli.

Polymorphic Virus

Polymorphic Virus merupakan salah satu virus komputer yang sangat sulit untuk dideteksi dan dibersihkan. Hal ini karena virus Polymorphic sendiri mempunyai kemampuan yang sedikit lebih pintar.

Polymorphic Virus dapat membuat dirinya bersanding dengan otomatis saat sedang menginfeksi sistem. Bahkan, virus ini serta mempunyai kemampuan untuk mengubah strukturnya dan memanipulasi antivirus agar tidak menggolongkannya sebagai sebuah virus.

Directory Virus

Cara kerja virus ini yakni membuat sebuah program atau aplikasi dalam komputer menjadi error bahkan hilang secara mendadak. Baik ketika program tersebut baru akan atau sedang kita gunakan.

Jika virus ini sudah mulai menginfeksi, komputer kalian kemungkinan akan melambat dan banyak program yang tidak dapat dibuka. Hal lain yang perlu kalian perhatikan, antivirus ini sendiri tidak mempan untuk membersihkan Directory Virus.

Macro Virus

Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman menggunakan suatu aplikasi khusus. Hal itu dinilai lebih sulit dibanding dengan bahasa pemrograman suatu sistem operasi itu sendiri. Umumnya macro virus ini menempel pada file – file macro seperti ‘.docm’, ‘.xls’ dan ‘.pps’.  Cara penyebaran virus ini bisa dari email yang kalian terima.

Overwrite Virus

Overwrite ini merupakan jenis virus yang tidak kalah merugikannya bagi anda. bayangkan saja, cara kerjanya terbilang rapi. Virus bisa menghapus data atau file yang berhasil di infeksi tanpa membuat kapasitas penyimpanan memori komputer berkurang.

Artinya, virus ini dapat menghapus berbagai data yang ada pada perangkat komputer pengguna, baik itu data penting atau pun yang tidak semuanya bisa saja terhapus dengan otomatis tanpa mengurangi kapasitas harddisk anda.

Direct Action Virus

Virus ini termasuk mudah yang dibersihkan dan biasanya sering menginfeksi jenis file Bat Autoexec yang ada pada harddisk. Direct Action Virus tersendiri akan aktif secara otomatis disaat sistem operasi komputer dinyalakan. Ancaman lain dari direct action virus ini yakni bisa menginfeksi perangkat eksternal seperti harddisk eksternal hingga flashdisk.

 

Cara Mengganggu Aktivitas Virus

menghalangi aktivitas virus komputer

Sebenarnya ada dua cara mengatasi virus komputer. Cara ini bisa kalian lakukan tanpa harus Install aplikasi antivirus. Penggunaan aplikasi antivirus ini sendiri sebenarnya masih menjadi perdebatan, apakah benar – benar efektif mencegah bahkan membersihkan virus.

Untuk itu, Berikut ini kami berikan ulasan lengkap bagaimana cara menghapus virus komputer dengan fitur yang memang sudah ada didalam komputer.

Memunculkan File yang Disembunyikan

  • Pertama-tama silahkan klik tombol start windows
  • Ketik CMD di dalam kotak search.
  • Jika sudah ketemu arahkan kursor ke CMD dan klik kanan pilih Run As Administrator.
  • Pada kotak laman CMD silahkan ketik dir D: attrib -s -h /s /d  dan tekan Enter.
  • Setelah menekan Enter, silahkan tunggu sebentar untuk proses CMD mengeksplorasi partisi dan membuat semua file pada drive tersebut.
  • Kemudian silahkan cari aplikasi yang kiranya kamu tidak pernah menginstall aplikasi tersebut dengan format EXE dan hapus file tersebut.

Setelah itu kalian bisa menghapus registry apapun termasuk foldernya sekalipun.

 

Mematikan Virus yang Berjalan Dengan Task Manager

  • Pertama-tama silahkan buka Task Manager dengan cara tekan dan tahan CTRL + Shift + Del atau scroll cursor di toolbar > klik kanan > Pilih task manager.
  • Selanjutnya silahkan lihat bagian processor dan application, matikan yang kiranya program yang mencurigakan dengan klik tombol End Process.
  • Selanjutnya silahkan klik Tombol file pada task manager > Pilih new task run > ketikkan “msconfig” dan klik Ok.
  • Berikutnya jika sudah masuk System Configuration silahkan pilih Tab Services
  • Silahkan centang semua data-data yang memang mungkin membuat kamu curiga serasa tak pernah kamu instal
  • Jika sudah kamu centang silahkan klik Disable All untuk mematikannya.
  • Setelah itu, masuk ke tab Startup. Di sana kamu akan melihat mana file yang sangat menurut kamu itu mencurigakan. Silahkan centangkan file tersebut.
  • Anda bisa membuka command prompt, hapus semua file yang dicurigai melalui CMD.

Inilah ulasan lengkap yang membahas virus, mulai dari apa itu virus komputer, cara kerja serta cara mengatasinya. Virus komputer adalah sebuah program yang dapat menggandakan dirinya sendiri menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya.

Biasanya user tidak mengetahui jika komputer tersebut terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa dijalankan.

Virus komputer merebak dengan berbagai cara, diantaranya dengan melalui internet, software, dan Eksternal storage. Maka dari itu kalian harus lebih hati – hati ketika menggunakan perangkat keras seperti harddisk ataupun ketika berselancar didunia maya.