Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Pengertian Sistem Operasi

pengertian sistem operasi

Jika anda merupakan seseorang yang sudah akrab dengan komputer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sistem operasi. Hal ini karena sistem operasi pada komputer merupakan komponen yang teramat penting.

Sistem operasi ini sering juga dikaitkan dengan kinerja dari sebuah komputer maupun laptop. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian sistem operasi dan contohnya.

Sistem operasi pada komputer adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur semua sumber daya dari perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi memiliki penjadwalan otomatis untuk menghitung penggunaan memori, proses data, dan berbagai sumber daya lain.

Sementara itu, pengertian sistem operasi jaringan adalah sebuah sistem yang diperuntukkan untuk menangani persoalan jaringan. Sistem operasi jaringan mempunya banyak layanan yang diperuntukkan untuk melayani brainware atau pengguna. Contoh dari sistem operasi jaringan ini adalah HTTP Service, DNS Service, dan lainnya.

 

Sejarah Sistem Operasi

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi dan contohnya, maka perlu dibahas juga mengenai sejarah dari sistem operasi itu sendiri. Karena sistem operasi saat ini yang begitu canggih tak luput dari penemuan sistem operasi pada zaman dahulu.

sejarah sistem operasi

Sejarah sistem operasi bisa digolongkan ke dalam empat generasi. Generasi pertama dimulai semenjak tahun 1945 dan terus mengalami perkembangan hingga kini.

  • Sistem Operasi Generasi Pertama (1945 – 1955)

Pada generasi pertama ini, sistem operasi adalah awal mula perkembangan komputasi elektronik dari kimputasi mekani. Pada masa masa ini, masih belum dikenal istilah sistem operasi. Pada generasi pertama ini hanya ada sistem dari komputer yang diberi intruksi yang dikerjakan secara langsung.

  • Sistem Operasi Generasi Kedua (1955 – 1965)

Pada generasi kedua ini mulai diperkenalkan suatu sistem yang bernama BPS atau Batch Processing System. Sistem ini memungkinkan mengerjakan pekerjaan dalam satu rangkaian yang dieksekusi dengan cara berurutan. Pada generasi kedua ini, sudah ada fungsi sistem operasi, namun komputer masih belum ada sistem operasinya.

  • Sistem Operasi Generasi Ketiga (1965 – 1980)

Pada generasi ketiga, sistem operasi dikembangkan dan digunakan untuk melayani banyak pengguna sekaligus. Setiap pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain melalui terminal secara online. Pada masa ini sistem operasi menjadi sistem yang digunakan oleh banyak pengguna sekaligus (multi user) dan juga banyak program sekaligus (multi program).

  • Sistem Operasi Generasi Keempat (1980an – pasca 1980an)

Pada generasi keempat ini, sistem operasi sudah digunakan pada jaringan komputer. Hal ini membuat user mengetahui adanya beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain. Sistem operasi generasi keempat ini merupakan sistem operasi yang banyak dijumpai pada saat ini. Tujuan sistem operasi diciptakan adalah untuk sefesiensi atau kemudahan dalam pekerjaan dan juga kemampuan untuk berevolusi.

 

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi atau Operation System (OS) merupakan perangkat lunak atau software yang sangat penting bagi komputer. Fungsi fungsi dari sistem operasi ini sangat penting, hingga komputer tidak dapat beroprasi jika tidak ada sistem operasi. Berikut beberapa fungsi sistem operasi yang perlu kalian ketahui.

  • Menjalankan Operasi Dasar

Ini merupakan fungsi utama dari sistem operasi, yaitu untuk menjalankan operasi operasi dasar pada komputer. Hal tersebut merupakan komponen vital yang mendasar bagi kinerja perangkat lunak dalam komputer.

Sebelum sebuah aplikasi dijalankan pada komputer, sistem operasi inilah yang memungkinkan aplikasi tersebut dapat berjalan pada komputer. Kemudian sistem operasi akan menampilkannya pada user atau pengguna dari perangkat komputer.

  • Mengatur Kerja Software dan Juga Hardware

Fungsi ini yang membuat sistem operasi juga disebut dengan Resource Manager dalam komputer. Hal ini karena sistem operasi mengatur serta mengontrol fungsi dari perangkat keras dan juga program software. Sehingga software dapat terhubung dengan hardware, seperti CPU, Harddisk, memori dan lainnya.

  • Sebagai Wadah Bagi Program atau Aplikasi

Berbagai aplikasi pada komputer akan tersimpan dalam sistem penyimpanan komputer. Tetapi, berbagai aplikasi tersebut sebenarnya berada dalam suatu wadah yang disebut dengan sistem operasi.

Hal inilah yang membuat suatu aplikasi tidak akan bisa dijalankan apabila tidak adanya sistem operasi. Hal ini dapat dianalogikan sistem operasi seperti lantai, dan aplikasi seperti benda yang bisa digunakan saat diletakkan di atas lantai.

  • Menyajikan Tampilan

Semua tampilan yang dapat kalian lihat pada komputer merupakan hasil dari dijalankannya sistem operasi pada komputer. Dengan begitu, sistem operasi tidak hanya membantu menjalankan aplikasi, tetapi juga menampilkannya pada user melalui layar komputer.

Sistem operasi akan menerjemahkan bahasa program dan menampilkannya dalam bentuk grafis, teks dan bentuk lainnya. Selain itu, sistem operasi juga berperan sebagai interface atau antarmuka antara user dengan hardware yang digunakan.

 

Macam Macam Sistem Operasi

pengertian sistem operasi

Pembahasan selanjutnya setelah pengertian sistem operasi komputer dan fungsi OS adalah beberapa macam sistem operasi komputer. Seiring perkembangannya, maka terdapat beberapa macam sistem operasi. Dan secara garis besar terdapat empat macam sistem operasi pada komputer. Berikut macam macam sistem operasi pada komputer tersebut.

  1. Sistem Operasi Stand Alone

Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang sudah lengkap, sehingga bisa berdiri sendiri. Selain itu, sistem operasi stand alone bisa digunakan untuk single maupun multi user dan mempunyai fitur fitur tertentu. Contoh sistem operasi stand alone yang banyak dikenal adalah Windows, Linux dan OS Mac.

  1. Sistem Operasi Jaringan

Pengertian sistem operasi, merupakan jaringan yang diciptakan khusus untuk menangani persoalan jaringan. Fungsi dari sistem operasi jaringan ini adalah untuk membuat pengguna dapat berbagi data, menggunakan printer bersama dan lainnya. Beberapa contoh dari sistem operasi jaringan ini adalah HTTP Service dan DNS Service.

  1. Sistem Operasi Embedded

Jika dilihat dari arti katanya, Embedded mempunyai arti ditanamkan. Sementara arti dari sistem operasi Embedded yaitu sebuah sistem operasi yang ditanamkan dalam komputer yang diprogramkan hanya untuk fungsi fungsi khusus dan spesifik. Yang membedakan sistem operasi ini dengan sistem operasi lainnya adalah tidak bisa berdiri sendiri.

  1. Sistem Operasi Live CD

Sistem operasi ini tersimpan dalam bootable CD maupun VCD yang bisa langsung dijalankan walau tidak menginstal secara permanen. Sistem operasi live CD ini mempunyai kapasitas yang sangat ringan. Ukurannya dibawah atau lebih kecil dari ukuran CDnya, walau mempunyai fitur fitur yang terbatas.

 

Contoh Sistem Operasi

contoh sistem operasi

Selain ke empat macam sistem operasi di atas, terdapat juga beberapa jenis sistem operasi lainnya. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis jenis sistem operasi yang akan dibahas. Berikut beberapa jenis dari sistem operasi.

  • Sistem Operasi DOS

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini tidak memiliki interface dan tampilannya masih hitam putih. Namun, sistem operasi ini mempunyai ukuran yang kecil, sehingga ringan.

  • Sistem Operasi Windows

Merupakan sistem operasi penerus dari sistem operasi DOS setelah berhenti berkembang. Sistem operasi ini merupakan yang paling banyak digunakan, karena memiliki interface dan dipasang pada seluruh komputer IBM. Walau memiliki banyak kelebihan, tapi Windows tetap mempunyai kekurangan, salah satunya adalah rentan terserang virus.

  • Sistem Operasi Mac OS

Merupakan sistem operasi yang hanya terdapat pada produk Apple saja. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang pertama kali menggunakan interface dan kemudian ditiru oleh Windows. Sistem operasi Mac OS terasa begitu spesial bagi pengguna, karena ekslusif yang hanya terdapat pada produk Apple saja.

  • Sistem Operasi Linux

Merupakan sistem operasi open source terpopuler ke tiga, setelah Windows dan Mac OS. Linux bisa berjaya dikarenakan biaya operasional yang rendah dan tidak tergantung pada vendor. Linux sudah hadir dengan interface dan juga berbasis teks.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu sistem operasi dan contohnya serta beberapa macamnya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kalian mengenai komputer serta jaringan. Sehingga kalian bisa lebih bijak dan memaksimalkan penggunaan komputer kalian.

Avatar for Nurus Syarifatul Aini
Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Topologi Tree

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Ring

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Star

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *