Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Pengertian Sistem Komputer

pengertian sistem komputer

Pengertian Sistem Komputer – Sistem Komputer adalah jaringan elektronik yang tersusun atas jaringan keras serta jaringan lunak. Perangkat tersebut mempunyai fungsi untuk melakukan tugas tertentu, -menyimpan perintah, serta menyediakan suatu output.

Nantinya output yang dihasilkan oleh sistem komputer ini tersedia dalam bentuk informasi. Arti lain dari sistem komputer adalah elemen elemen yang saling berkaitan untuk melakukan aktivitas yang menggunakan komputer.

Pengertian sistem komputer menurut para ahli adalah sebuah sistem dari sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk proses mengelola data. Perangkat penyusun dari sistem komputer tersebut saling bekerja sama sesuai dengan fungsi masing masing, sehingga bisa menghasilkan data.

Berbagai fungsi dari sistem komputer ini membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Kurang lebih seperti itulah banyak para ahli menjabarkan pengertian sistem komputer.

 

Fungsi Sistem Komputer

pengertian sistem komputer

 

Dari informasi di atas mengenai apa itu sistem komputer dapat diketahui bahwa sistem komputer digunakan untuk mengelola data.

Namun, fungsi sistem komputer tidak hanya soal mengelola data saja, tetapi masih ada fungsi lainnya. Fungsi fungsi tersebut memang tidak jauh dari fungsi utamanya, yaitu pengelola data.

Berikut informasi lebih jelasnya mengenai berbagai fungsi dari sistem komputer.

  • Menginput Data

Fungsi pertama dari sistem komputer ini adalah untuk menginput suatu data. Tentunya data yang bisa di input ini berasal dari berbagai jenis data yang sudah dimasukkan oleh pengguna komputer.

Biasanya brainware atau pengguna komputer ini akan memasukkan data melalui perangkat keras, seperti keyboard, mouse, dan semacamnya.

  • Mengelola Data

Fungsi selanjutnya adalah untuk memproses maupun mengelola data yang sebelumnya sudah di input oleh pengguna. Biasanya data yang telah dimasukkan oleh pengguna merupakan data yang masih mentah.

Data mentah itu kemudian akan diproses dan dikelola hingga akhirnya menjadi sebuah data yang bisa dibaca oleh komputer. Proses tersebut terjadi pada perangkat bernama CPU atau Central Processing Unit.

  • Menghasilkan Data

Dari data yang telah dikelola, sistem komputer bisa menghasilkan sebuah output data. Output yang mampu dihasilkan oleh sistem komputer ini bisa dalam berbagai bentuk data bahkan informasi.

Contohnya adalah output data yang berupa audio, video, maupun gambar.

  • Menyimpan Data

Fungsi terakhir dari sistem komputer ini adalah untuk menyimpan output dari hasil pemrosesan data.

Data data yang telah dihasilkan sebelumnya kemudian akan disimpan pada memori atau perangkat penyimpanan pada komputer. Dengan demikian, pengguna bisa membuka hasil dari pemrosesan data yang telah dilakukan.

 

Komponen Sistem Komputer

komponen sistem komputer
gambar: ecomputernotes.com

 

Sistem komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling bekerja sama.

Secara garis besar, komponen sistem komputer dibagi menjadi tiga macam, yaitu hardware, software dan juga brainware. Ketiganya memiliki fungsi masing masing yang saling berhubungan untuk menghasilkan data.

Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga komponen tersebut.

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras pada komputer ini merupakan komponen yang sangat penting pada komputer. Sangat mudah untuk mengenali mana saja yang termasuk perangkat keras pada komputer.

Hal ini karena perangkat keras ini merupakan perangkat komputer yang bisa dilihat oleh mata manusia dan dapat disentuh. Terdapat beberapa macam perangkat yang termasuk ke dalam perangkat keras dengan fungsi yang berbeda beda.

CPU (Central Processing Unit)

CPU ini biasa juga disebut juga dengan otak komputer, karena di dalamnya terdapat processor. Processor merupakan pusat dari semua aktivitas dalam komputer dan juga bertanggung jawab atas semua proses itu.

Hal ini termasuk pusat pengelola data dan pusat pengontrol aktivitas dari semua perangkat komputer. Oleh sebab itu, CPU menjadi perangkat yang sangat penting pada komputer.

Input Unit

Input Unit atau bisa juga disebut perangkat masukan merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data. Proses penginputan merupakan proses pertama dalam pengelolaan data dan itu bisa dilakukan dengan input unit ini.

Cara kerjanya seperti pintu gerbang bagi data akan memasukkan data yang kemudian akan dikonversi jadi kode binary. Nantinya kode binary tersebut yang kemudian akan dibaca oleh RAM.

Perangkat Output

Perangkat output ini mempunyai fungsi  kebalikan dari perangkat input. Jika perangkat input berfungsi memasukkan data dalam komputer, maka perangkat output mempunyai fungsi sebaliknya.

Perangkat ini yang akan menghasilkan data yang telah diproses dalam bentuk informasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perangkat output, anda bisa membaca makalah sistem komputer tentang output.

Media Penyimpanan

Perangkat yang satu ini berfungsi sebagai media untuk menyimpan berbagai bentuk dan juga berbagai macam data. Data yang masuk pada komputer akan disimpan terlebih dahulu sebelum diproses.

Data tersebut juga akan kembali disimpan dalam media penyimpanan ini sebelum akhirnya dipindah pada perangkat output.

 

Software (Perangkat Lunak)

perangkat lunak sistem komputer

Komponen atau elemen sistem komputer selanjutnya adalah software atau perangkat lunak komputer.

Ciri ciri dari perangkat lunak ini adalah kebalikan dari perangkat keras, yaitu tidak bisa dilihat oleh mata dan tidak bisa di raba. Hal ini dikarenakan software atau perangkat lunak ini berbentuk digital.

Terdapat beberapa macam perangkat lunak, seperti:

1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak pertama adalah perangkat lunak sistem yang mempunyai fungsi untuk mengontrol dan mengatur perangkat keras.

Terdapat berbagai contoh perangkat lunak sistem ini pada komputer, salah satunya adalah sistem operasi. Selain itu, ada juga driver yang juga bisa masuk kategori ini.

2. Perangkat Lunak Utility

Contoh sistem komputer untuk perangkat lunak selanjutnya adalah perangkat lunak utilitas. Perangkat lunak ini biasanya tidak berhubungan atau berinteraksi secara langsung dengan perangkat keras. Contoh dari perangkat lunak utilitas ini adalah software antivirus, firewall dan lainnya.

3. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak yang satu ini mungkin merupakan perangkat lunak yang paling tak asing lagi bagi anda. Perangkat lunak ini biasanya diciptakan untuk menyelesaikan tugas tugas khusus.

Terdapat banyak sekali macam macam atau bentuk bentuk aplikasi komputer yang banyak digunakan pada saat ini. Beberapa contoh diantaranya adalah Browser, Office tool, dan berbagai aplikasi lainnya.

4. Brainware (Pengguna)

Brainware merupakan pengguna atau seseorang yang mengoperasikan sistem komputer tersebut. Brainware ini sangat menentukan hasil dari pengolahan data yang dilakukan melalui atau menggunakan sistem komputer.

Hal ini karena setiap Brainware memiliki kualitas kemampuan dan pengetahuan yang berbeda beda. Akibatnya adalah kualitas dari data yang dihasilkan atau aktivitas yang dijalankan pada sistem komputer juga berbeda beda.

 

Brainware Berdasarkan Fungsinya

Peran brainware pada sistem komputer sangatlah penting, karena sistem komputer tidak akan bisa bekerja jika tak ada yang mengoperasikan nya. Walau se-canggih apapun sistem komputernya, akan sia sia jika tak ada brainware atau penggunanya. Brainware akan menjalankan sistem komputer sesuai dengan fungsinya. Dari fungsi tersebut, brainware terbagi dalam 4 tingkatan, yaitu

  1. Entri data, yaitu brainware yang menggunakan sistem komputer untuk memasukkan data pekerjaan secara berulang ulang.
  2. Operator, yaitu brainware yang menggunakan sistem komputer untuk memasukkan serta mengelola data sampai jadi informasi.
  3. Programmer, yaitu brainware yang mempunyai tugas untuk membuat aplikasi atau program menggunakan bahasa pemrograman.
  4. System Analyst, yaitu brainware yang mempunyai tugas untuk merancang program serta menjadi konsultan rekayasa perangkat lunak.

Gimana? apa ada sedikit gambaran soal pengertian sistem komputer? Manusia sebagai brainware memang sangat perlu mengetahui dan memahami tentang sistem komputer ini. Hal ini dikarenakan agar manusia dapat memaksimalkan penggunaan sistem komputer tersebut.

Avatar for Nurus Syarifatul
Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *