Pengertian Server

pengertian server

Dalam dunia komputer, pengertian server adalah sebuah program atau perangkat komputer yang menyediakan sarana fungsional untuk program atau perangkat lain yang disebut client.

Satu server dapat melayani banyak klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa server. Proses yang berjalan di klien dapat berjalan pada perangkat yang sama atau dapat terhubung melalui jaringan ke server meski dengan perangkat yang berbeda.

server

Beberapa jenis server yang kita temukan, yaitu: database servers, file servers, mail servers, print servers, web servers, game servers, dan application servers. Berikut penjelasannya:

Pengertian Administrasi Server

Administrasi atau administrator dikenal juga dengan sebutan Admin. Admin, memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan memantau kinerja server komputer sebagai pusat data.

Seorang administrator berhadapan dengan server dan jaringan setiap hari untuk memastikan sistem berjalan secara efisien dan terus beroperasi tanpa adanya downtime atau penurunan kinerja.

Beberapa hal yang dilakukan seorang admin server seperti upgrading software, memelihara hardware, merancang dan menyusun sebuah sistem, mengetahui masalah teknis, memantau aktivitas server dan mengaudit keamanan server.

Pengertian Client Server

Pengertian client-server adalah jaringan yang memiliki komputer pusat, dikenal sebagai server. Server, menampung data dan bentuk sumber daya lainnya.

Sedangkan klien adalah perangkat yang terhubung ke server, seperti laptop dan desktop yang menghubungi server, melakukan request untuk menggunakan data atau resource lainnya.

Klien menggunakan jaringan sebagai cara untuk terhubung dan berbicara dengan server. Server kemudian menerima permintaan dan memastikan bahwa permintaan tersebut valid. Jika semuanya cocok, permintaan akan dilayani server.

Pengertian DHCP Server

Server DHCP adalah server jaringan yang secara otomatis menyediakan dan menetapkan alamat IP, gateway, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat klien.

Server bergantung pada protokol standar yang dikenal sebagai Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP untuk menanggapi permintaan siaran oleh klien.

Server DHCP secara otomatis mengirim parameter jaringan yang diperlukan agar klien dapat berkomunikasi dengan baik di jaringan, Tanpanya, administrator harus selalu mengatur secara manual setiap klien yang terhubung dengan jaringan

Pengertian DNS Server

Server DNS adalah server komputer yang berisi database alamat IP dan hostname yang saling terhubung, dalam kebanyakan kasus fungsi DNS server adalah untuk menyelesaikan, atau menerjemahkan, nama-nama itu ke alamat IP seperti yang diminta.

contoh kasus, lebih mudah bagi kita untuk mengakses dengan URL google.com daripada melalui IPnya, yaitu 216.58.216.110. Jauh lebih efisien dan tepat untuk menggunakan alamat IP.

Pengertian Mail Server

Mail server atau email adalah sistem komputer yang mengirim dan menerima email. Dalam banyak kasus, server web dan server mail digabungkan dalam satu mesin, pemain blog pasti paham urusan ini.

Mail servers mengirim dan menerima email menggunakan protokol email standar. Misalnya,

  • Protokol SMTP mengirim pesan dan menangani permintaan surat keluar
  • Protokol IMAP dan POP3 menerima pesan dan digunakan untuk memproses inbox

Tetapi, ISP besar dan layanan email publik seperti Gmail dan Hotmail menggunakan perangkat keras khusus untuk mengirim dan menerima email.

Pengertian Proxy Server

Server proxy bertindak sebagai gerbang antara kita dengan Internet, semacam perantara yang memisahkan antara website dengan browser yang kita gunakan. Server proxy memiliki tingkat keamanan, privasi aturan yang beragam.

Jika kita menggunakan proxy server, informasi di Internet melalui proxy server saat kalian melakukan request, kemudian kembali ke proxy server, kemudian data yang diterima disampaikan ke kita. Loh, kenapa harus lewat proxy server?

Saat ini, proxy modern lebih dari cuma perantara antara kita dan sebuah web, sekarang ia juga berperan untuk menjaga keamanan dan kualitas dari suatu jaringan. Perannya bertambah sebagai firewall dan juga filter.

Server proxy yang baik akan menjaga user dan jaringan agar terlindung dari hal-hal buruk yang ada di Internet.

Pengertian VPN Server

Server VPN adalah server  di-konfigurasi untuk meng-host dan memberikan layanan VPN kepada pengguna di seluruh dunia.

Biasanya, ketika ingin terhubung ke sebuah situs web di Internet, semua lalu lintas keluar dan masuk dan data akan melewati ISP (Internet Service Provider).

Karena semua informasi yang digunakan masih dalam format yang sederhana dan mudah dibaca, ISP dan siapa pun dapat melihat apa yang kita lakukan di Internet.

Server yang digunakan adalah kombinasi hardware dan software VPN yang memungkinkan seorang klien VPN tersambung ke jaringan Internet pribadi dan aman dari pengawasan ini.

Pengertian Web Server

Web Server adalah program yang menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk melayani file yang membentuk halaman Web kepada pengguna/user.

Web servers often come as part of a larger package of Internet- and intranet-related programs for serving email, downloading requests for File Transfer Protocol (FTP) files, and building and publishing Web pages.

Web servers sering kali menjadi bagian Internet dan intranet atau program yang melayani email, download file melalui FTP, membuat sebuah website, blog, dll. Tujuan dari adanya server adalah untuk berbagi data serta untuk berbagi resource dan mempermudah pekerjaan.

Hardware yang digunakan untuk server sangat bervariasi, tergantung pada tujuan server dan perangkat lunak yang digunakan. Hampir seluruh aktivitas dan struktur Internet memiliki bentuk model client-server.

Cara Kerja DNS

Egan
1 min read

Pengertian Routing

Egan
1 min read

Tujuan Prakerin

Egan
1 min read

One Reply to “Pengertian Server”

Leave a Reply