Pengertian RAM

pengertian ram

Pengertian RAM – Ketika hendak membeli PC maupun smartphone, mungkin RAM menjadi pertimbangan sendiri dalam menentukan pilihan. Para konsumen pada saat ini cenderung akan lebih suka memilih PC atau smartphone dengan RAM yang lebih besar.

Lalu apakah kalian mengetahui apa itu RAM (Random Access Memory)?

RAM merupakan hardware yang diletakkan dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data sementara. Selain itu, RAM juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai intruksi dari berbagai program.

RAM bisa di akses tanpa bergantung pada tata letaknya atau isinya bisa diakses secara acak. Data yang disimpan di dalam RAM bisa saja hilang saat komputer non aktif atau listrik di power supply dicabut dari sebuah perangkat.

 

Pengertian RAM dan ROM

Selain RAM, ada juga penyimpanan yang seringkali disandingkan dengannya, yaitu ROM (Read Only Memory). Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui pengertian RAM dan ROM, karena dua istilah ini sering disandingkan bersama.

Pengertian ROM adalah tempat menyimpan data dalam komputer yang mempunyai sifat permanen. Hal ini membuat data yang disimpan di dalam komputer akan tetap aman walau komputer kalian tiba tiba saja mati.

ram dan rom

Biasanya istilah RAM ditujukan untuk komputer maupun laptop, tetapi pada saat ini juga digunakan pada hp atau smartphone. Pengertian RAM pada hp ini tidak jauh berbeda dengan pengertian dari RAM untuk komputer.

Biasanya RAM ini digunakan untuk menjalankan aplikasi pada smartphone. Hal ini dikarenakan aplikasi akan direspon oleh prosesor yang bersifat cepat, sehingga membutuhkan RAM untuk mengimbangi kecepatannya.

 

Perbedaan RAM Dengan ROM

Jika dilihat dari pengertian RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) secara dasar, maka keduanya seperti sama. Bahkan mungkin kalian juga berpendapat bahwa kedua penyimpanan ini adalah hardware yang sama. Tetapi, keduanya jelas merupakan dua hardware yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan RAM dan ROM:

Kebutuhan Untuk Menjalankan

Perbedaan pertama dari kedua perbedaan ini adalah kebutuhan untuk menjalankan atau menggunakannya. RAM biasanya membutuhkan listrik untuk menjalankannya, sehingga hanya bisa digunakan ketika komputer dalam keadaan menyala.

Sedangkan ROM bisa tetap berfungsi walau komputer tidak dialiri listrik, sehingga data tidak hilang walau komputer mati.

Sifat Penyimpanan

RAM merupakan penyimpanan yang mempunyai sifat penyimpanan data hanya sementara saja. Hal ini membuat data yang disimpan di dalam RAM akan hilang saat komputer dimatikan.

Sementara ROM merupakan hardware penyimpanan yang bersifat permanen. Hal ini membuat data data yang disimpan di dalam ROM tidak akan hilang walau komputer mati.

 

Fungsi RAM

RAM merupakan hardware penyimpanan data yang digunakan pada komputer maupun laptop dan pada saat ini digunakan juga pada smartphone. Jadi bisa dikatakan bahwa fungsi utama dari RAM ini adalah sebagai ruang penyimpanan data.

Nah, berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi RAM secara lebih mendetail.

Membaca Data

Fungsi pertama dari RAM adalah dapat membaca data yang disimpan dalam hardisk lebih cepat. Hal ini dapat kalian lihat dengan cara membandingkan lamanya loading ketika pertama kali data itu dibuka dengan data itu sudah pernah dibuka sebelumnya.

Ketika data dibuka, maka data akan dibaca serta akan disimpan di dalam RAM untuk sementara. Hal ini membuat data akan lebih cepat saat dibuka kembali.

Penyimpanan Sementara

Fungsi selanjutnya adalah RAM sebagai tempay untuk menyimpan data sementara pada saat komputer dijalankan. Jadi saat kalian mengerjakan sesuatu seperti tugas atau laporan, maka data sementara dari tugas kalian akan disimpan dalam RAM. Walau demikian, data itu harus kalian simpan dengan permanen agar tidak hilang saat komputer tiba-tiba mati.

 

Jenis Jenis RAM

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa RAM dibagi ke dalam beberapa jenis. Kebanyakan dari konsumen hanya mengetahui bahwa RAM merupakan hardware tunggal. Banyak juga yang mengetahui perbedaan atau jenis RAM berdasarkan besarnya dari RAM tersebut. Berikut merupakan jenis jenis RAM.

jenis jenis ram

DRAM

DRAM atau Dynamic Random Access Memory merupakan jenis RAM semi konduktor dan butuh kapasitor. Kapasitor ini digunakan untuk menyegarkan data yang disimpan di dalam DRAM tersebut. RAM jenis ini lebih cepat jika dibandingkan dengan EDO RAM, tetapi lebih lambat jika dibandingkan dengan SRAM. Kecepatan dari DRAM ini sangat bervariasi, mula dari 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

SDRAM

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau lebih dikenal dengan SDRAM merupakan jenis RAM yang sangat cepat. Kecepatan dari jenis RAM yang banyak digunakan pada tahun 1996 sampai 2003 ini mecapai 100 Mhz – 133 Mhz. SDRAM mempunyai dua celah yang berada di kakinya dan mempunyai 168 saluran pin sebagai saluran pengiriman data. SDRAM ini bisa menampung data berukuran mulai dari 16 MB hingga ukuran 1 GB.

RDRAM

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) pertama kalinya diperkenalkan pada publik di tahun 1995 yang mempunyai kecepatan 600 MBytes/secon. Dua tahun berikutnya kecepatannya bertambah menjadi 700 MBps dan meningkat lagi satu tahun berikutnya menjadi 1,6 GBps. RAM ini pada awalnya dikembangkan untuk memenuhi keperluan perangkat untuk gaming.

SRAM

SRAM yang merupakan singkatan dari Statistik Random Access Memory merupakan jenis RAM semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor. Selain itu, RAM dengan kecepatan 500 MHz ini juga tidak membutuhkan penyegaran yang dilakukan secara berkala. Hal ini karena SRAM menggunakan transistor, sehingga mempunyai performa yang lebih baik. Tetapi, SRAM mempunyai biaya produksi yang tinggi, hingga hanya digunakan untuk bagian yang sangat penting.

EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM merupakan jenis RAM yang lebih cepat dari jenis RAM lainnya. EDO RAM dikembangkan untuk pertama kalinya pada tahun 1995 ini mempunyai slot 72 pin. Jenis RAM yang satu ini sangat cocok dipasang pada komputer yang berjenis Pentinum. Selan itu, EDO RAM juga cocok digunakan dan diterapkan pada komputer dengan bus 66 Mhz.

DDR SDRAM

DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM) merupakan jenis RAM yang mempunyai kecepatan sangat tinggi. Hal itu membuat RAM jenis ini digunakan pada berbagai perangkat pada saat ini. Dengan memiliki 184 pin, DDR SDRAM mengkonsumsi listrik lebih rendah dari beberapa jenis RAM lainnya. Kapasitas RAM ini adalah sebesar 4 GB per chipnya.

 

Cara Kerja RAM

Cara kerja RAM ini sangat berkaitan dengan kendala prosesor dan juga Hardisk. Prosesor merupakan device yang digunakan untuk mengolah data dan juga meminta data dari Hardisk. Sementara pengertian hardisk adalah hardware yang menyediakan ruang penyimpanan data yang dilakukan oleh manusia.

Permasalahan disini adalah kecepatan dari hardisk tidak mampu mengimbangi kecepatan prosesor. Bahkan bisa dikatakan bahwa kecepatan dari prosesor itu sekitar 46x lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan hardisk.

RAM disini berfungsi untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor dengan sangat cepat. Dengan hadirnya RAM ini, akhirnya prosesor tidak perlu lagi menunggu data yang dikirim oleh HDD (teknologi pada hardisk).

Permasalahan ini akan menimbulkan bottleneck parah jika prosesor menunggu kiriman data dari hardisk. Oleh sebab itu, RAM diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. RAM bisa dikatakan berfungsi seperti HDD karena komponen penyusun RAM dilengkapi dengan teknologi digital.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa RAM tidak hanya sebagai ruang penyimpanan sementara saja. Karena selain itu juga sebagai pembaca data dan juga membantu mengirimkan data untuk prosesor.

Cara Kerja DNS

Egan
1 min read

Pengertian Routing

Egan
1 min read

Tujuan Prakerin

Egan
1 min read

One Reply to “Pengertian RAM”

Leave a Reply