Pengertian Processor Komputer

pengertian processor komputer

Apa Itu Processor Komputer? Processor komputer atau yang biasa disebut dengan CPU atau yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit.

Processor merupakan bagian atau komponen dari komputer yang berfungsi sebagai unit pengolah pusat yang akan memperoses berbagai jenis informasi yang masuk.

Selain itu, processor juga melaksanakan sekaligus bertugas untuk memproses informasi yang masuk melalui informasi yang  terinstall didalam sebuah komputer.

 

Cara Kerja Processor Computer

CPU atau processor merupakan sebuah hardware yang bertugas untuk mengelola dan melaksanakan eksekusi terhadap segala jenis perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer.

Setelah menerima perintah yang diberikan oleh user atau pengguna, maka secara otomatis processor akan mendistribusikan tugas yang diberikan kepada komponen yang terkait. Dengan perintah tersebut, komponen secara otomatis akan memperoses dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh pengguna.

cara kerja processor

Karena peranan dan tugas dari prosesor inilah mengapa prosesor sering juga disebut sebagai otak dari sebuah komputer yang mana fungsi dan peranannya sangat besar dalam  mengatur setiap komponen dalam komputer.

Dimana setiap komputer akan sangat membutuhkan peranan dari  prosesor ini. Keberadaan prosesor atau CPU adalah merupakan sesuatu yang wajib dan mutlak harus ada demi beroperasinya sebuah komputer.

Tanpa adanya CPU, maka komputer tidak akan bisa memperoses data dan informasi serta tidak akan dapat digunakan. Pada umumnya, sebuah komputer harus memiliki satu jenis prosesor yang terpasang pada socket motherboard.

Ada berbagai jenis prosesor yang terpasang, dan biasanya hal ini akan disesuaikan dengan jenis dan kesesuaian dengan motherboard yang tersedia. Setiap jenis prosesor memiliki kemampuan serta fungsionalitas yang berbeda-beda.

 

Jenis Jenis Processor

Setiap keluaran Handphone maupun laptop didesain dengan tipe prosesor yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dari perangkat tersebut. Banyak sekali jenis PC desktop, Hp serta laptop yang beredar dipasaran yang memiliki tipe dan jenis prosesor yang berbeda-beda.

merk processor

Perbedaan tipe dan jenis prosesor ini juga didasarkan pada fungsionalnya, beberapa jenis processor  yang banyak beredar dipasaran diantaranya adalah :

1) Prosesor Intel

Prosesor intel merupakan salah satu jenis prosesor yang sangat banyak digunakan dan menghiasi komponen Laptop di dunia. Bisa dikatakan prosesor Intel ini merupakan prosesor yang cukup terkenal di Indonesia.

Tidak hanya itu, jenis prosesor yang satu ini bahkan merupakan jenis prosesor yang paling banyak ditemui di Indonesia. Jadi tidak heran jika pengguna awam akan tertarik untuk mengetahui apa itu processor komputer saat melihat spek laptop atau komputer yang akan dibeli.

Prosesor Intel merupakan salah satu jenis prosesor yang diproduksi oleh perusahaan yang bernama Intel Corporation. Perusahaan Intel Corporation itu sendiri sudah berdiri sejak tahun 1968.

Sedangkan untuk perkembangannya dan produksinya, Prosesor ini berpusat di Amerika Serikat. Sekarang ini, sudah banyak sekali produk dan jenis dari produk Prosesor Intel yang  beredar dipasaran, diantaranya adalah:

  •  Intel Atom
  • Intel Celeran
  • Intel Core i3
  • Intel Core i5
  • Intel Core i7

2) Prosessor AMD (Anvanced Micro Processor)

Salah satu prosesor yang popularitasnya menyaingi prosesor Intel diantaranya adalah Prosesor AMD atau Anvanced Micro Processor. AMD merupakan perusahaan produsen serta  pemasok terbesar kedua setelah Intel. Banyak yang bilang jika prosesor AMD ini merupakan saingan terberat dari prosesor Intel yang telah beredar di pasaran.

Produk-produk prosesor AMD telah banyak diproduksi dan mengalami perubahan serta perbaikan. Terutama dalam proses produksi serta kualitas, AMD mengalami banyak pengembangan yang sangat baik. Prosesor AMD ini biasanya banyak digemari, terutama oleh kalangan gamer.

Perusahaan AMD telah berdiri dan menghiasi  dunia prosesor sejak tahun 1967 dan pusat produksinya berada di Sunnyvale, California. Dengan kualitas dan kemampuan dari prosesor AMD ini lebih banyak digemari oleh mereka yang berprofesi sebagai desain grafis maupun gamers.

Hal ini dikarenakan prosesor AMD ini telah dilengkapi dengan Graphic Card. Jenis dan contoh prosesor AMD yang banyak kalian temui dipasaran diantaranya adalah AMD E2, AMD A4, AMD A9 dan masih banyak lagi lainnya.

3) Prosesor ARM

Prosesor ARM merupakan salah satu jenis prosesor yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan ARM Limited. Prosesor ARM  merupakan salah satu produk prosesor yang memiliki arsistektur prosesor 32 Bit.

Prosesor ARM ini biasanya banyak ditemui pada ponsel dan telephone pintar. Inilah mengapa prosesor ARM ini banyak ditemui pada berbagai jenis smartphone. Untuk pengembangan dari prosesor ini berpusat di Cambridge, Inggris.

Perusahaan ini telah berdiri semenjak tahun 1990 dengan nama Advanced RISC Machines. ARM processor ini diproduksi dan memang lebih difokuskan untuk membidik dan berfokus pada pasar mobile.

Bukan berfokus pada komputer seperti Intel maupun AMD. Itulah mengapa prosesor ini lebih banyak ditemui pada produk smartphone. Beberapa jenis prosesor yang masuk dalam keluarga ARM antara lain adalah Qualcomm, Snapdragon, dan lain sebagainya.

4) Prosesor Cyrix

Cyrix merupakan perusahaan pemroduksi prosesor yang lebih mengacu pada pengembangan komponen mikroprosesor. Dari segi kecepatan, prosesor ini memiliki kualitas yang bersaing dan memiliki kemampuan yang cukup optimal.

Namun dari segi popularitas, tentu masih jauh dibawah AMD amupun intel. Contoh penggunaan prosesor Cyrix antara lain Cyrix Fashmath, Cyrix 486SLC dan lainnya.

5) Prosesor Transmeta

Prosesor ini diproduksi oleh Transmeta Corporation, namun produk ini sudah tidak lagi beredar dipasaran karena perusahaan ini telah berhenti berproduksi. Sebelumnya, prosesor ini merupakan saingan berat dari prosesor Intel dan AMD.

Konon, prosesor ini hanya membutuhkan listrik yang banyak serta tidak cepat panas meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Itulah beberapa jenis prosesor yang banyak beredar dipasaran.

Meski sebetulnya masih banyak juga varian prosesor yang rilis dipasaran namun tidak setenar kompetitor lama. Beberapa jenis prosesor yang beredar yakni prosesor VIA, Apple, IBM, IDT dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Fungsi dan Komponen Prosesor

Fungsi prosesor adalah sebagai otak atau inti dari sebuah komputer. Sedangkan fungsi dari setiap  bagian dalam prosesor dibagi menjadi tiga. Berikut ulasan lengkapnya.

1) Control Unit (CU)

Semua bagian dan komponen didalam komputer diatur dan dikendalikan oleh komponen ini. Perpindahan menu utama dieksekusi oleh bagian CU, lalu kemudian dikirim kembali ke memori utama. Setelah itu komputer akan menampilkan hasil outputnya dan akan menyimpan hasil data olahan tersebut.

2) Aritchmatic And Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika dan aritmatika semuanya dikerjakan dibagian ALU ini. Selain itu,  apabila software yang kita gunakan mengalami masalah maka akan muncul peringatan kesalahan yang semuanya diberitahukan oleh ALU ini. ALU ini bisa dibilang juga merupakan bagian logika atau pengambilan keputusan dari sebuah prosesor.

3) Registery (Register)

Register merupakan bagian yang berfungsi untuk mengantri data-data yang akan diproses sebelum data itu masuk ke memori utama. Bagian register ini merupakan media penyimpanan. Meskipun media penyimpanan yang kecil, namun bagian ini memiliki akses kecepatan yang tinggi.

Fungsi prosesor sangatlah penting dan dominan dalam sebuah komputer. Sebab pada prosesor inilah letak pengendalian dan pemrosesan data terjadi. Pada umumnya, fungsi prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari input dan kemudian menghasilkan pengeluaran atau output.

Prosesor ini tidak dapat bekerja sendiri, namun tetap memerlukan dukungan dari komponen lain terutama hardisk dan RAM. Ketiganya akan terus berhubungan dalam memperoses suatu data. Jadi dengan kalian mengetahui apa itu processor komputer, jenis dan fungsinya tentu mudah bagi kalian memilih laptop baru sesuai kebutuhan kalian bukan?

YOPmail

Egan
41 sec read

MSVCR71.dll

Egan
1 min read

Apa itu Testimoni

Egan
34 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published.