Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Pengertian Perangkat Lunak

pengertian perangkat lunak

Pengertian Perangkat Lunak – Dalam dunia teknologi, tentu saja kita sering mendengar kata perangkat lunak. Didalam sebuah komputer atau smartphone pasti ada yang perangkat lunak yang terpasang. Lalu apakah yang dimaksud dengan perangkat lunak?

 

Apa itu Perangkat Lunak?

Perangkat lunak atau dalam bahasa Inggris disebut dengan software ini adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh bahasa pemrograman untuk menjalankan sebuah istruksi atau perintah.

Perangkat lunak atau software ini juga sering disebut sebagai penerjemah dari bahasa pemrograman yang diolah menjadi sebuah program atau aplikasi sehingga mudah digunakan oleh user.

 

Jenis Perangkat Lunak

Setelah mengetahui apa itu software, selanjutnya adalah kita perlu mengetahui jenis-jenis software atau perangkat lunak yang ada. Tujuannya tentu untuk mengetahui ragam software dan cara kerjanya.

Berikut ini Jenis-jenis software yang perlu kalian ketahui.

Commercial software

Untuk software dibuat digunakan secara komersil alias berbayar. Contohnya banyak sekali mulai dari software grafis hingga editing video. Seperti adobe dan corel.

Freeware

Freeware ini dapat digunakan secara gratis. Dan dapat diakses oleh siapa saja. Contohnya aplikasi browser mozilla maupun chrome.

Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang masih melakukan uji coba sebelum dilakukan transaksi pembelian lisensi. Biasanya dilakukan oleh aplikasi yang menyediakan metode trial.

Firmware

Untuk software dengan jenis firmware ini mungkin agak sedikit asing bagi kita. Karena jarang sekali digunakan. Dan software atau aplikasi ini berhubungan langsung dengan memory.

Free software

Untuk free software sendiri, adalah perangkat lunak yang tersebar secara bebas dan gratis. Dapat diakses tanpa adanya uji coba maupun harus berbayar.

Opensource

Untuk software dengan jenis open source ini, dapat dikembangkan oleh siapapun. baik itu programmer perseorangan maupun komunitas. produk open source ini memiliki kode atau bahasa pemrograman yang terbuka. Alias bisa diakses untuk dimodifikasi maupun dikembangkan.

Malware

Jika mendengar kata ini, mungkin yang terlintas dibenak kita pertama kali adalah sebuah virus komputer. Ya, meskipun sebagai virus, malware adalah sebuah perangkat lunak. Software ini dapat merusak sistem dalam komputer inangnya. Selain virus, ada juga trojan, spyware dan lainnya.

 

Contoh Perangkat Lunak

Beberapa contoh perangkat lunak atau software yang sering kita gunakan salah satunya adalah Microsoft office. Microsoft office adalah salah satu contoh perangkat lunak yang memiliki beberapa perangkat bawaan yang memiliki banyak manfaat.

Beberapa contoh yang akan dibahas dalam fungsi  perangkat lunak berikut ini.

  1. Word biasa digunakan untuk mengolah dokumen.
  2. Excel digunakan untuk mengolah angka.
  3. Power Point digunakan untuk membantu presentasi
  4. Outlook digunakan untuk data atau pengiriman email.

Sebenarnya masih banyak program bawaan dari software ini, hanya beberapa diatas adalah yang sering digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Kemudian untuk membantu dalam bidang grafis ada beberapa software yang sering digunakan.

Contoh software tersebut adalah coreldraw, photoshop, adobe illustrator dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian, untuk fungsi secara umum dari perangkat lunak sendiri yaitu untuk memproses sebuah data atau instruksi sehingga menghasilkan sistem yang bekerja sesuai perintah. Kemudian sebagai sarana penghubung interaksi antara user dengan hardware atau perangkat keras.

Dari paparan diatas tentu sudah dapat di bayangkan ya, apa itu pengertian perangkat lunak atau software. Dan pasti sudah ada gambaran berbagai contoh perangkat lunak yang tersebar di internet.

 

Karakteristik Perangkat Lunak

Lalu adakah karakteristik dari software yang berkualitas? Tentu saja ada. Berikut beberapa karakteristik perangkat lunak atau software yang berkualitas.

  1. Pada umumnya sebuah perangkat keras dibuat atau diproduksi secara masal. Namun, software tidak karena dibuat satu lalu dikembangkan.
  2. Perangkat lunak tidak pernah usang. Tentu saja berbeda dengan perangkat keras yang memiliki penurunan nilai. Maksudnya, perangkat keras memiliki kurun waktu tertentu untuk rusak. Bahkan perangkat lunak akan mengalami pembaruan dari waktu ke waktu
  3. Sebuah software atau perangkat lunak yang dibuat bisa sesuai pesanan atau custom. Sedangkan hardware atau perangkat keras tidak. Karena sebuah hardware dibuat atau dikembangkan berdasarkan sistem based assembly.

 

Komponen Perangkat Lunak

komponen perangkat lunak

Itulah beberapa hal mengenai karakteristik sebuah software atau perangkat lunak. Selanjutnya adalah kita akan membahas mengenai komponen apa saja yang harus ada pada sebuah software? Nah berikut, komponen perangkat lunak utama yang wajib diketahui:

Sistem operasi

Sistem operasi merupakan komponen utama dalam pembuatan sebuah software. Sistem operasi atau sering disebut dengan platform ini terdiri dari dua program. Yaitu program utama dan program low level untuk mengatur operasi dasar pada komputer.

Baca lebih lengkap di artikel pengertian sistem operasi

Dimana perangkat lunak atau software dapat berinteraksi dengan komputer dan membantu komputer agar dapat mengelola sumber daya. Baik dari dalam maupun dari luar. Khususnya mengontrol penggunaan sumber daya dari perangkat keras seperti ruang disk, CPU time, dan perangkat peripheral lainnya.

Device Driver

Komponen selanjutnya yang tidak kalah penting dalam sebuah perangkat lunak atau software yaitu device driver. Komponen ini berfungsi untuk mengatur atau mengkontrol perangkat peripheral. Device disini artinya adalah sebagai pemacu. Maksudnya adalah ketika dipasangkannya sebuah device atau perangkat  pada sebuah komputer.

Sementara operasi sistem tidak mengenalinya maka driver inilah yang akan bekerja untuk mengenalkannya. Device driver ini berfungsi untuk mengawali jenis-jenis piranti yang akan di install pada sebuah komputer.

Device driver ini secara spesifik hanya bisa digunakan untuk piranti tertentu saja. Tidak bisa digunakan disetiap software. Misalnya driver printer tipe tertentu memiliki driver dengan tipe tertentu pula. Artinya satu jenis software memiliki satu driver.

Program Utilitas

Komponen terakhir yang harus ada pada sebuah perangkat lunak adalah program utilitas. Program ini berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas setiap program yang terpasang pada komputer.

Program utilitas merupakan sebuah perangkat lunak. Dimana perangkat lunak ini didesain untuk dapat membantu proses analisa, konfigurasi, optimasi dan membantu mengelola sumber daya pada komputer maupun sistem.

Namun, meskipun program utilitas adalah sebuah software tidak bisa disamakan dengan perangkat lunak aplikasi. Dimana sebuah perangkat lunak aplikasi dapat digunakan untuk membantu pekerjaan seperti mengetik, bermain game, desain grafis dan sebagainya.

Program utilitis ini dibuat lebih fokus untuk optimalisasi fungsi dari infrastruktur yang ada dalam komputer.

Secara spesifik program utilitas dapat digunakan untuk memformat harddisk, pengecekan konektifitas jaringan dan masih banyak lagi. Apalagi dalam perkembangannya beberapa perangkat lunak utilitas dibuat dalam satu paket untuk beragam kebutuhan sehingga lebih simpel dan efektif.

Avatar for Nurus Syarifatul Aini
Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Topologi Tree

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Ring

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Star

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *