Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Pengertian Modem

pengertian modem

Jaringan internet digunakan untuk menjangkau berbagai macam informasi dan data. Internet sudah menjadi kebutuhan di era yang sudah semakin maju ini. Fungsinya sebagai media menyampaikan aspirasi, media bisnis, media komunikasi, dan lain-lain.

Terdapat berbagai jenis penyedia jaringan internet yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, seperti Wifi, modem, paket data, dan lain-lain. Modem adalah alat yang bisa kalian gunakan untuk bisa mengakses internet. Kali ini kita akan mengulas tuntas pengertian modem dan fungsinya.

 

Pengertian Modem

Modem diartikan sebagai alat komunikasi dua arah. Pengertian tersebut merujuk pada singkatan modem itu sendiri. Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator, sehingga pada modem terdapat dua proses yakni modulasi dan demodulasi.

Modulator adalah bagian yang menerjemahkan data dari data digital ke data analog, sehingga bisa ditransmisikan. Pada proses tersebut, modulator mengubah signal informasi menjadi signal pembawa yang siap dikirimkan.

Sedangkan demodulator bertugas sebaliknya, yaitu menerjemahkan data dari data analog ke data digital. Pada proses tersebut demodulator betugas memisahkan antara signal informasi dari signal pembawa yang diterima dengan baik.

 

Fungsi Modem

Modem diartikan sebagai alat komunikasi dua arah, karena modem menggabungkan dari kedua alat tersebut. Cara Kerja Modem pada umumnya dengan mengubah signal digital ke dalam bentuk signal analog, maupun sebaliknya. Pada umumnya, modem memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai alat untuk mengubah signal digital menjadi signal analog

Data yang berasal dari komputer yang berbentuk signal digital yang diberikan kepada modem akan diubah menjadi signal analog.

Ketika modem menerima data luar berupa signal analog, modem akan mengubahnya menjadi signal digital agar dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.

Signal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio dan telepon.

  • Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan

Adanya modem dapat memudahkan dalam menghubungkan komputer dengan jaringan internet, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dan sharing data.

 

Perbedaan Modem dan Router

perbedaan modem dan router

Modem berbeda dengan router, namun perbedaan keduanya masih belum banyak yang mengetahui.

Pengertian modem sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, sedangkan Pengertian router adalah sebuah komponen yang bertugas untuk menyaring lalu lintas data berdasarkan jenis protokol tertentu.

Penciptaan router karena perlunya membagi jaringan secara logical dengan cara membagi menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas dengan alamat IP tertentu yang dapat mengalir antar segmen satu dengan yang lain. Berikut perbedaan antara modem dan router.

  • Modem memiliki data link layer, 2 layer. Sedangkan router memiliki layer 3 yang sering disebut dengan networking layer.
  • Modem merupakan perangkat internet working yang mana menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan lainnya. Sedangkan router merupakan perangkat networking.
  • Modem memiliki port sebanyak dua buah yang mana satu port berfungsi untuk melakukan koneksi ke ISP dan port lainnya untuk koneksi ke router. Sedangkan router memiliki jumlah port yang bervariasi mulai dari 2, 4, dan 8.
  • Melalui software dan sistem operasi, modem dapat mengkoneksikan satu komputer atau beberapa komputer.
  • Untuk mengoperasikan modem harus menggunakan internet, sedangkan router tidak harus.
  • Modem dapat bekerja tanpa router, sedangkan router melakukan transmisi data antar perangkat namun tidak bisa berjalan atau terhubung ke jaringan internet tanpa bantuan modem.
  • Modem berfungsi sebagai media koneksi ke internet dengan mengirimkan dan menerima paket data melalui jaringan telepon. Sedangkan fungsi router hanya mengarahkan data dalam suatu jaringan baik antar komputer maupun komputer dengan modem.

 

Macam-Macam Modem

Langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalah instalasi modem. Secara fisik, jenis modem dibagi menjadi dua, yakni modem eksternal dan modem internal. Kemudian dibagi menjadi beberapa macam modem yang sering kita temukan di pasaran.

Masing-masing modem tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, namun tetap dengan fungsi utama yang sama. Modem ekternal diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk komputer agar dapat mengakses internet.

Dimana data yang berasal dari komputer yang berbentuk signal digital akan diubah menjadi signal analog yang dapat dikirimkan menggunakan media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Sedangkan pengertian modem internal merupakan alat akses internet, di mana saat signal digital sudah diubah menjadi signal analog, kemudian signal analog ini akan diubah kembali menjadi signal digital dan langsung dikirimkan ke komputer.

Berikut beberapa macam modem yang beredar di pasaran.

  • Modem ISDN

ISDN merupakan kependekan dari Integrated Services Digital Network, diartikan sebagai sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan.

Nantinya jaringan inilah yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Keuntungan menggunakan ISDN berupa fleksibilitas dan penghematan biaya.

Terdapat dua jenis pelayanan yang di sediakan oleh ISDN yaitu Basic Rate Interface (BRI) dan Primary Rate Interface (PRI). Di Indonesia, layanan ISDN disediakan oleh PT. Telkom.

  • Modem GSM

Modem GSM merupakan suatu alat jaringan komputer yang membantu untuk menghubungkan komputer clinet dan komputer server melalui koneksi jaringan internet. Adanya koneksi tersebut berguna dalam memudahkan bertukar data elektrik melalui signal jaringan yang dipancarkan oleh tower BTS provider setempat Modem GSM saat ini sudah ditanamkan teknologi 3G dan 4G.

  • Modem Analog

Modem analog merupakan jenis modem yang dapat menerima bentuk signal analog melalui sebuah jaringan transmisi data, kemudian data tersebut akan diubah menjadi suatu data digital yang akan dikirimkan pada suatu perangkat komputer. Penggunaan analog ini biasanya digunakan pada jenis koneksi Dial Up, sehingga juga dapat disebut sebagai modem Dial Up.

  • Modem ADSL

Modem ADSL merupakan salah satu perangkat komputer untuk menghubungkan komputer atau router dengan saluran telepon. Modem ini merupakan transceiver dan juga disebut sebagai DSL Transceiver atau ATU-R.

  • Modem Kabel

Model kabel (cable modem) merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC (personal computer) dengan sambungan  TV kabel. Jaringan pada TV kabel bisa digunakan sebagai konektor ke internet. Kecepatan jaringan TV maksimum mencapai 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna).

  • Wireless Modem

Wireless modem dikenal dengan sebutan nirkabel, merupakan teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Cara kerja modem ini yakni data dipertukarkan  melalui media gelombang cahaya tertentu  atau gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

  • Modem CDMA

CDMA (Code Division Multiple Acces) merupakan bentuk dari pemultipleksian dan sebuah metode akses bersama yang membagi kanal bukan berdasarkan atas waktu.

CDMA mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang tersosialisasi dengan tiap kanal yang digunakan untuk pemultipleksian. Modem CDMA merupakan modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA.

Untuk mengetahui berbagai bentuk modem di pasaran, kalian dapat mencari gambar modem di internet atau buku referensi. Semoga dengan mengetahui pengertian modem, jenis, dan fungsinya kalianbisa memaksimalkan penggunaannya sesuai kebutuhan.

Avatar for Nurus Syarifatul
Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *