Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Pengertian Linux

pengertian linux

Untuk menjalankan computer tentu diperlukan sebuah perangkat yang disebut sistem operasi (Operating System). Sistem operasi bertugas untuk mengatur (controller) fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya.

Fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras. Berbagai sistem operasi dapat digunakan pada komputer seperti  Linux, Windows, Unix, DOS, dan lain-lain. Namun, pada artikel ini kita akan lebih banyak membahas tentang Linux.

 

Apa itu Linux?

Pengertian Linux, Linux merupakan salah satu sistem operasi komputer mirip Unix. Linux merupakan turunan dari OS Unix dan dapat digunakan di berbagai komputer. Sistem operasi Linux dapat digunakan oleh bebagai pengguna ataupun disebarluaskan secara gratis.

Pengguna juga dapat memperoleh software yang lengkap dengan source code-nya. Bahkan mereka juga dapat  memodifikasi source code-nya secara legal di bawah lisensi GNU. Hal ini karena Linux adalah sistem operasi yang sifatnya open source. Contoh sistem operasi linux antara lain Red Hat, Debian, Ubuntu, Mint, dan lain-lain.

 

Sejarah Singkat Linux

sejarah singkat linux

Sejarah singkat Linux telah berlangsung sejak sekitar tahun 90-an. Linux diperkenalkan sejak tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia bernama Linus Torvalds. Software ini terinspirasi dari Minix, yaitu sistem operasi Unix kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanembaum.

Linus menjadikan source code pada Minix sebagai referensi untuk membuat sistem operasi baru yang gratis dan source code-nya dapat diakses secara umum.

Tool-tool yang ia gunakan untuk membangun Linux berasal dari Free Foundation Software yang berlisensi GNU. Kemudian ia juga memasukkan program-program yang berlisensi GNU. Versi linux yang pertama kali yaitu versi 0.01 yang diperkenalkan pada Agustus 1991. Kemudian pada 5 Oktober 1991, Linus memperkenalkan yang versi 0.02.

 

Penggunaan Linux

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang menjadi alternatif sistem operasi yang lebih murah dibandingkan sistem operasi komersial, misalnya saja windows.

Penggunaan Linux ini bahkan mulai terbiasa terpasang pada komputer kantor. Terlebih kantor atau perusahaan yang memanfaatkan spreadsheet, word processor, editor grafis maupun database.

Salah satu aplikasi linux yang mempunyai kemiripan dengan aplikasi microsoft office pada windows yakni star office.. Salah satu kelebihan linux yakni selain open source, sistem operasi ini juga lebih bebas dari serangan virus.

Contoh Linux

Pengertian Linux telah diuraikan pada sub bahasan yang pertama. Pada perkembangannya, Linux dapat diperoleh dalam berbagai distribusi atau sering disebut distro. Distro merupakan bundel dari kernel Linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan distro. Beberapa distro Linux antara lain sebagai berikut:

Linux Red Hat

Linux Red Hat memilki keunggulan dalam kemudahan pada saat instalasi. Red Hat Linux merupakan salah satu Linux yang tergolong tua. Selain itu, juga mudah dalam pengoperasiannya. Versi terakhir Red Hat adalah distribusi RedHat Linux 9.0 yang merupakan versi stabil dan telah mengalami peningkatan administrasi system.

Linux inilah yang dilengkapi dengan desktop manager terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2.  Selain itu dilengkapi juga dengan aplikasi terbaru seperti GIMP 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagram, dan lain-lain.

Linux Debian

Pengertian Linux Debian, merupakan salah satu sistem operasi Linux yang telah lama ada, yakni sejak sekitar tahun 1990. Dalam perkembangannya, Linux Debian saat ini sudah memasuki versi 8. Distribusi Debian ini lebih mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program.

Kelebihan linux debian adalah cocok digunakan untuk komputer server atau admin. Banyak orang merasa jenis linux ini  kurang cocok jika digunakan pada komputer personal. Hal ini karena memang fungsinya lebih diperuntukkan untuk sistem komputer server dan admin.

Linux Ubuntu

Pengertian Linux Ubuntu, merupakan hasil pengembangan dari Linux Debian. Berbeda dengan Linux Debian, Linux Ubuntu memiliki kemudahan untuk dapat digunakan pada komputer personal maupun komputer server atau admin. Linux jenis ini lebih banyak dipakai dari sekian banyak macam Linux.

Linux Slackware

Hal penting dari Slackware adalah semua isinya (kernel, library, atau aplikasinya) sudah teruji, sehingga meskipun agak tua namun tetap stabil. Hal penting lain yakni adanya anjuran  untuk menginstall dari source, sehingga program yang terinstall teroptimasi dengan sistem kita. Linux Slacware ini merupakan salah satu Linux yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun  berdasarkan Slackware.

 

Kelebihan dan Kekurangan Linux

macam macam linux

Berdasarkan pengertian Linux di atas, maka salah satu keuntungan menggunakan Linux yang dapat kita ketahui adalah kemudahan dalam penggunaannya tanpa berbayar. Namun, juga terdapat beberapa kelebihan lain yang dapat disediakan oleh Linux. Berikut adalah beberapa kelebihan linux:

  • Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
  • Program yang dijalankan akan berjalan dari harddisk ke dalam RAM (Random Access Memory).
  • Linux menyediakan layanan untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.
  • Linux mendukung struktur file yang bersifat hierarki.
  • Linux merupakan salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking, yaitu keadaan di mana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.
  • Linux mendukung multiuser, yaitu pada saat yang bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Linux juga mendukung multiconsole.

Kekurangan Linux

Selain memiliki beberapa kelebihan, Linux juga memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya. Berikut adalah kekurangan dalam menggunakan Linux:

  • Sulit mengatasi masalah pada saat terjadi masalah. Hal ini karena belum banyak teknisi yang mengerti atau mahir di bidang sistem operasi Linux.
  • Program atau aplikasi di Linux belum sebaik yang ada pada aplikasi Windows atau system operasi komersil lainnya
  • Belum banyak user yang menggunakan Linux.

 Tips Memilih Versi Linux

Linux memiliki beberapa macam versi, di mana masing-masing versi linux memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya ketepatan ketika memilih OS Linux. Berikut merupakan tips memilih versi linux yang sesuai untuk komputer kalian.

  • Linux Ubuntu merupakan versi standar Linux

Linux jenis ini kurang cocok jika digunakan untuk pemula. Hal ini karena fitur-fitur yang digunakan merupakan fitur standar Linux. Agar mampu menggunakan Linux Ubuntu secara mahir, diperlukan pemahaman penggunaan Linux dasar.

  • Linux Debian merupakan Linux yang lebih stabil

Apabila sudah semakin mahir dalam menggunakan Linux, bisa menggunakan Linux Debian. Linux Debian memiliki keunggulan lebih stabil dibandingkan Linux lain, namun komputernya juga harus memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Avatar for Nurus Syarifatul Aini
Nurus Syarifatul Aini Artikel ini berisi konten yang ditulis oleh writer. Seorang muslimah, yang membantu mengisi konten di KomputerTips.com

Topologi Ring

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Star

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Bus

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *