Pengertian LAN MAN WAN

Pengertian LAN MAN WAN – Di era modern seperti sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih dan peralatan sejenis gadget juga turut berkembang dan ber-evolusi. Meskipun begitu, terkadang kita juga menemukan permasalahan yang bingung untuk dijelaskan

Dikarenakan teknologi yang terus maju, penggunaan jaringan komputer yang tradisional juga semakin tersingkir, sehingga kita sulit untuk mencari contoh ketika datang pertanyaan seperti perbedaan LAN MAN dan WAN atau sejenisnya.

Pengertian LAN MAN WAN
Ilustrasi pengertian LAN MAN WAN | Gambar: Right InfoService

Agar tidak ketinggalan jaman tentang komputer, berikut penjelasan tentang pengertian LAN MAN WAN beserta gambarnya.

 

Pengertian LAN

Apa itu LAN? LAN adalah singkatan dari Local Area Network. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia, maksudnya adalah Jaringan yang masih mencakup wilayah local atau jaringan yang mencakup wilayah yang kecil.

pengertian LAN
Ilustrasi penerapan jaringan LAN

Mengapa sebuah network menggunakan jaringan LAN? kenapa tidak menggunakan WAN yang jelas lebih jauh jangkauannya? pertanyaan seperti inilah yang sebenarnya mudah untuk dijawab tetapi sulit untuk diungkapkan, teknisi pasti tau betul maksudnya.

1. Karakteristik Jaringan LAN

Hingga saat artikel ini dibuat, terdapat 3 macam jaringan yang hingga saat ini dikenal oleh masyarakat pengguna komputer, yaitu LAN MAN dan WAN. Ada juga yang mengkategorikan Internet berbeda, tetapi di artikel ini kita hanya terfokus di 3 poin ini saja.

Berikut beberapa karakteristik yang membedakan LAN dengan jaringan lainnya, seperti:

  1. Jaringan area yang terjangkau paling kecil dibandingkan MAN dan WAN.
  2. Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  3. Biasanya digunakan untuk penggunaan pribadi.
  4. Administrasi dilakukan melalui administrator lokal

Di dalam sebuah jaringan LAN, biasanya terdapat setidaknya 1 komputer yang digunakan sebagai Server yang mengatur sistem LAN tersebut agar berjalan normal.

2. Perangkat pada Jaringan LAN

Dalam kehidupan sehari-hari, jaringan LAN dapat dibuat menggunakan beberapa perangkat tambahan, seperti:

  1. Router
  2. Switch
  3. Hub
  4. Bridge
  5. Repeater
  6. Network Interface Card atau NIC
  7. Kabel UTP atau Kabel RJ-45

Adapun beberapa contoh jaringan LAN seperti jaringan komputer pada sekolah, kantor, kampus, rumah atau bahkan bisa lebih kecil lagi. Saat artikel ini ditulis, LAN masih menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan menggunakan perangkat switch.

Dikarenakan kali ini kita hanya membahas pengertiannya, berikut ini hanya sekilas tentang penggunaan perangkat dalam penerapan jaringan LAN-nya:

a. Switch

Dalam sebuah jaringan LAN setiap komputer ini disebut node. Tiap-tiap node memiliki daya transfer dan penggunaan sumber daya yang berbeda-beda dan telah diatur.

Switch pada jaringan LAN
Switch
  • Dalam sebuah jaringan LAN, switch yang digunakan untuk men-transfer data memiliki kecepatan transfer berkisar 10 hingga 1000 Mb/s, betul bukan 1024 seperti yang kalian kira bisa cek sendiri.
  • Selain menggunakan perangkat switch, saat ini juga berkembang teknologi 802.11b atau yang dikenal dengan sebutan Wi-Fi dalam pembuatan jaringan LAN itu sendiri. Beberapa tempat yang menyediakan koneksi ini biasa disebut hotspot

Misalnya, ada komputer yang bisa menggunakan alat cetak (printer) dan ada yang tidak. Selain itu, dalam sebuah jaringan LAN antara komputer yang satu dengan lainnya bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan software/aplikasi yang sesuai.

b. Router

Router adalah perangkat keras tambahan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan yang sama. Ketika kalian berlangganan Internet ke salah satu ISP sebut saja IndoHame, kalian akan mendapat benda dengan banyak port LAN, itulah Router.

Router pada jaringan LAN
Router

Apa fungsi router pada jaringan LAN? fungsi utama Router sebenarnya adalah membagikan IP Address (Static dan atau DHCP) pada setiap komputer yang terhubung ke Router tersebut. IP Address unique inilah yang memungkinkan tiap perangkat saling berkomunikasi dan terhubung baik itu sekedar LAN atau Internet.

Saat artikel ini ditulis, fungsi Router juga semakin bertambah. Bahkan ada router yang juga sudah bisa mengeluarkan gelombang radio atau yang kita kenal dengan teknologi Wireless, begitulah sedikit gambaran fungsi router pada sebuah jaringan.

c. Kabel RJ-45

Pertama, kita harus tau bahwa RJ merupakan singkatan dari Registered Jack, penasaran dengan namanya? silahkan baca Wiki mengenai apa itu Registered Jack. Untuk kalian yang punya pelajaran TIK / TKJ biasanya belajar untuk memasang urutan kabel berwarna

RJ45 pada jaringan LAN
Kabel RJ45

Lebih mudahnya, RJ-45 adalah standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel. Lebih mudahnya lagi, kabel ini sering kalian sebut dengan nama “Kabel LAN”.

Kabel ini juga yang digunakan untuk menghubungkan antara 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) atau peralatan jaringan (Computer Networking).

3. Contoh penggunaan jaringan LAN

Contoh pertama, LAN tanpa koneksi internet dikenal baik, biasanya LAN digunakan dalam sebuah jaringan perkantoran yang dikelola oleh pemilik jaringan. Selain itu penggunanya juga tidak terlalu banyak, sehingga cocok diterapkan dalam lingkungan perkantoran.

Contoh kedua yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah penerapan jaringan LAN pada warnet. Dengan memanfaatkan Topologi Star, komputer client dapat terhubung dengan server.

Contoh terakhir ada dalam lingkungan kampus / perkuliahan, mungkin lebih sering digunakan oleh penjaga perpustakaan yang sudah modern untuk mencari buku. Dikarenakan gedung yang banyak, kombinasi antara Topologi Tree dan bridge sangat membantu urusan perkuliahan.

 

Pengertian MAN

MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network, dimana jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi jaringan wilayah metropolitan. MAN adalah sebuah jaringan yang dibuat dalam suatu kota dengan transfer data tinggi.

pengertian MAN
Ilustrasi penerapan jaringan MAN

Seperti LAN, MAN juga bisa digunakan dalam lingkungan kampus, perkantoran, sekolah dan lainnya. MAN sendiri digunakan karena kecepatan transfer datanya yang dikenal cepat dan juga instalasi yang tanpa memerlukan kabel.

1. Penerapan Jaringan MAN

Dalam sebuah jaringan MAN, diperlukan operator yang dapat menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan lainnya. Misalnya jaringan yang menghubungkan pemerintahan kota Jakarta Selatan dengan Jakarta Pusat.

MAN sendiri juga dikenal sebagai jaringan yang terbuat dari kumpulan jaringan LAN yang saling terhubung sehingga membentuk sebuah jaringan baru yang mencakup daerah lebih luas. MAN mampu menjangkau jarak hingga 50 km.

Min, 50 km tau dari mana? copy paste ya?. Silahkan baca PDF ini:

IEEE Standard for Local and Metropolitan Area Networks: Overview and Architecture

Halaman 16, pada point 7.2 Size and extent, potongan tulisan “at least 2 km for LAN’s (using Physical-layer repeaters if necessary) and 50 km for MANs“. Ingat ini hanya potongan, silahkan lihat lebih lengkapnya di PDF tersebut.

2. Fungsi Jaringan MAN

Kenapa dalam sebuah jaringan menggunakan MAN? kenapa tidak LAN yang lebih murah? Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan yang menggabungkan antar server dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pengguna jaringan.

Mudahnya begini, jika kalian bekerja di pemerintahan tentunya akan banyak berkas yang diperlukan dan tentunya sangatlah tidak efisien jika menggunakan LAN yang memang basisnya hanya mencakup wilayah tertentu saja.

Dengan memanfaatkan komunikasi yang memanfaatkan jaringan MAN kita bisa menggunakan aplikasi chat/messenger, dll. adalah salah satu langkah yang pastinya lebih bijak & efisien. Meski begitu, tetap saja ada kekurangan dan kelebihan dari jaringan MAN.

3. Contoh penggunaan Jaringan MAN

Dikarenakan cakupan wilayahnya yang luas dan juga update yang sudah real-time. Penggunaan jaringan MAN ini sering digunakan pada sekolah, pabrik, kantor dan lainnya. Misalnya pada jaringan Bank di wilayah Jabotabek.

Dengan memahami perbedaan antara MAN dan LAN, setidaknya kita telah mendapatkan salah satu poin penting dari mempelajari pengertian LAN MAN WAN.

 

Pengertian WAN

WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki jangkauan paling luas dibandingkan MAN dan LAN. Seperti namanya, WAN juga mencakup jarak antar Negara dan Benua.

pengertian WAN
Ilustrasi penerapan jaringan WAN

Jaringan WAN menggunakan sarana yang berbagai macam, bisa melalui transmisi layaknya telefon, kabel bawah laut atau bahkan satelit (tidak ada hubungan dengan konspirasi apapun).

1. Penerapan Jaringan WAN

Meskipun dikenal cakupan yang luas, WAN juga memiliki kecepatan transmisi yang beragam seperti jaringan LAN atau-pun MAN, banyak teknologi yang tersedia dan bisa diterapkan di jaringan WAN.

Untuk mengetahui sejarah jaringan WAN dan perkembangan kecepatannya kalian bisa membaca artikel di wikipedia tentang Wide Area Network atau dalam PDF The Three Components of Optimizing WAN Bandwidth ini.

2. Komponen Jaringan WAN

Banyak karakteristik koneksi WAN yang signifikan dapat dikelompokkan ke dalam kategori seperti yang ada dalam dokumen WAN Technologies and Components ini.

Tetapi biasanya komponen yang digunakan pada jaringan WAN terdiri dari 2 jenis komponen yaitu kabel transmisi dan juga elemen switching.

  • Kabel transmisi, digunakan untuk men-transfer bit-bit dari komputer ke komputer lainnya
  • Elemen Switching, sebutan untuk komputer khusus yang digunakan sebagai penghubung kabel-kabel transmisi

Ketika data dikirimkan ke kabel receiver/client (penerima), element switching inilah yang bertugas untuk memilih kabel yang digunakan dalam proses pengiriman bit tersebut.

3. Fungsi Jaringan WAN

Secara garis besar, di dalam artikel pengertian LAN MAN WAN ini, ketiganya berfungsi sebagai penghubung antar komputer, tetapi WAN merupakan kumpulan dari LAN dan MAN dari berbagai lokasi di dunia.

Dengan adanya WAN ini juga membantu pengguna untuk membagikan informasi / file dengan mencakup daerah yang lebih besar. Begitulah sekilas penjabaran mengenai pengertian LAN MAN WAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *