Pengertian Internet

Kata internet memang tidak terdengar asing bagi manusia yang hidup pada masa kini. Internet memegang peranan penting majunya perkembangan umat manusia. Dari segi dan lini apapun sekarang tidak bisa lepas dengan keberadaan internet.

Tetapi, apakah Anda tahu hakikat dari internet? Internet sendiri mengandung definisi berbeda beda. Ada dua pengertian internet yang perlu Anda ketahui yaitu pengertian internet secara umum dan khusus.

  • Pengertian internet secara umum adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung menjadi satu dan beroperasi sebagai suatu sistem.
  • Pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini.

Jaringan memiliki andil yang besar terhadap keterhubungan antara komputer satu dengan komputer yang lain. Tanpa jaringan mustahil akan dapat terhubung satu sama lain. Terhubungnya komputer ini disebabkan oleh adanya kabel atau non kabel yang terhubung.

Apalagi setiap hari perkembangan dunia teknologi berkembang pesat sehingga fitur-fitur internet pun juga pasti mengalami kemajuan. Dampaknya tentu saja bermanfaat bagi kehidupan manusia.

 

Sejarah Internet

Setelah Anda mengetahui apa itu internet, sekarang kita akan membahas sejarah internet. Tetapi sebelum itu, akan dibahas tentang awal mula terjadinya internet terlebih dahulu. Tujuan awal dibangunnya jaringan komputer adalah untuk keperluan militer.

sejarah singkat internet

Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer dengan menghubungkan komputer di daerah yang dianggap vital. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. Selain itu digunakan sebagai pertukaran informasi dan komunikasi.

Setelah melalui perkembangan yang cukup signifikan melalui proyek lembaga ARPA Amerika Serikat mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Mereka menampilkan kinerja jaringan komputer dengan hardware dan software yang berbasis UNIX. Pada awal perkembangannya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu

  1. Stanford Research Institute
  2. University of California
  3. Santa Barbara
  4. University of Utah

Keberadaan ARPANET yang diterima dengan tangan terbuka oleh masyarakat, membuat kepopularitasan ARPANET semakin pesat. Hal ini membuat kinerja ARPANET menjadi terganggu dan tidak akhirnya tidak dapat beroperasi secara maksimal. Oleh sebab itu ARPANET mulai didesain dan dibentuk menjadi dua komponen.

  1. Sebagai keperluan kemiliteran
  2. Sebagai keperluan non kemiliteran seperti universitas atau hal-hal umum lainnya.

Perpaduan antara keduanya biasa di sebut DARPA atau internet sesuai sebutan masyarakat sekarang pada umumnya. Namun, seiring perkembangan zaman yang pesat pengguna komputer sempat merasa kebingungan menghubungkan komputer berbeda tipe dan merk.

Untuk mengantisipasi hal tersebut para ahli menciptakan TCP. Singkatan dari TCP adalah transmission control protocol dan IP atau internet protocol yang akan membantu komputer yang berbeda tipe tetap saling terhubung pada jaringan internet.

 

Pengertian Internet dan Intranet

Selain internet ada juga istilah intranet dalam dunia jaringan komputer. Apa itu intranet? Lalu apa hubungan dan perbedaan keduanya? Jika tadi Anda sudah tau apa itu internet, intranet sendiri adalah jaringan pribadi untuk saling bertukar informasi di dalam jaringan lokal. Bisa dikatakan intranet adalah bagian kecil dari internet.

Akses yang didapatkan pun terbatas meliputi daerah yang mencakup dalam jaringan intranet tersebut. Untuk perbedaan internet dan intranet sebenarnya tidak cukup banyak. Keduanya hampir sama karena proses kerja yang dihasilkan pun sama. Tetapi untuk lebih jelaskan akan diulas perbedaan antara internet dan intranet secara lebih rinci.

Internet

  • Dapat diakses siapapun, kapanpun, dimanapun.
  • Jangkauan jaringan komputer yang sangat besar mencakup seluruh dunia
  • Internet bersifat public source
  • Perkembangannya sangat cepat
  • Aksesnya lebih mudah
  • Berisi dengan hampir semua jenis konten yang beragam
  • Memiliki user di seluruh dunia yang saling terhubung
  • Keamanan kurang terjamin

Intranet

  • Hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu dan kurang fleksibel
  • Jangkauan jaringan komputer yang cenderung sempit karena hanya berada pada wilayah tertentu
  • Internet bersifat privat source
  • Perkembangannya terkesan lambat
  • Aksesnya mudah tetapi untuk kalangan terbatas
  • Konten bisa diisi sesuai keinginan
  • User hanya yang berada dalam wilayah
  • Keamanan sangat terjamin

Intranet ini biasanya digunakan untuk kepentingan suatu golongan atau kelompok tertentu. Seperti perusahaan, departemen, kantor, sekolah, dan universitas. Intranet termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

pengertian internet menurut para ahli

Berikut sedikit kutipan pengertian internet menurut 3 ahli di masing-masing bidangnya:

Menurut Strauss

  • Internet adalah seluruh jaringan yangsaling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

Menurut O`Brien

  • Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesatdari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

Menurut Allan

  • Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubungsecara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasitertentu yang disebut
    Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

 

Pengertian Internet of Things

Internet of Things atau IoT adalah sebuah istilah untuk sebuah konsep yang menjelasakan kelebihan internet. Melalui internet, banyak informasi yang bisa didapatkan karena memang dunia teknologi informasi terus berkembang. Banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan konsep ini.

 

Manfaat Internet

Manfaat yang didapat dari penggunaan internet masa kini memang sangat menguntungkan. Bisa dikatakan, internet adalah penemuan yang sangat berpengaruh di dunia saat ini. Anda bisa mencari hal apapun dan kapanpun melalui internet.

manfaat dari internet

Selain itu, akses internet semakin cepat dan mudah. Memudahkan mobilitas Anda dalam mencari bahan untuk pekerjaan atau informasi aktual akan lebih efisien. Sebenarnya ada 2 peranan pokok internet dalam kehidupan manusia, yaitu.

  1. Sebagai sumber informasi
  2. Sebagai pertukaran informasi

Internet yang tidak bisa dilepaskan dengan aktivitas manusia memang mengandung banyak manfaat lainnya yang tidak kalah penting. Apa saja manfaat menggunakan internet dalam kehidupan. Berikut ulasannya.

1. Memudahkan Komunikasi

Internet berfungsi memudahkan interaksi komunikasi antar manusia. Sekarang ini, jarak bukan kendala yang harus dipusingkan untuk tetap menjalin hubungan. Anda bisa berkirim surat melalui email dengan penghubung internet.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan panggilan suara dan video call. Internet melipat jarak menjadi dekat. Biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat.

2. Memudahkan Pekerjaan Manusia

Di era digital pekerjaan seperti saat ini, hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan bantuan komputer dan internet. Misalnya saja mengirim data atau sebaliknya. Tentu akan lebih mudah dan ringan bila memanfaatkan jaringan internet. Hal ini juga akan menambah efisiensi. Yang mana adanya internet ini akan berdampak pada produktivitas dalam bekerja.

3. Sebagai Media Belajar

Manfaat internet lainnya yang tidak kalah penting adalah sebagai wadah belajar hal apapun. Jika Anda kesulitan memahami pelajaran, Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media belajar yang tepat.

Banyak tips dan tutorial pelajaran yang bagus sehingga membantu Anda dalam memahami pelajaran lebih mendalam. Tentu saja, Anda juga bisa belajar otodidak dari internet. Misalnya saja belajar bahasa asing.

4. Menambah Penghasilan

Bisakah mendapatkan penghasilan dari internet? Jawabannya tentu sangat bisa. Anda bisa memanfaatkan berbagai situs untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari internet. Misalnya saja, dengan berjualan online atau membuat situs youtube.

Selain itu Anda juga bisa membuat akun blog yang berisi konten-konten yang menarik. Nantinya, uang yang Anda hasilkan tergantung dari traffic pengunjung Anda. menarik bukan?

5. Sebagai Sarana Hiburan

Hiburan bisa Anda dapat bukan hanya di dunia nyata saja tetapi juga di internet. Dengan mengunjungi youtube dan memilih channel-channel hiburan Anda sudah bisa merasakan hiburan yang menyenangkan. Jika Anda penyuka game juga cocok karena sekarang ini banyak game online yang bukan hanya menghibur tapi juga sekaligus belajar.

6. Memudahkan Aktivitas Online

Kemudahan internet saat ini juga merambah pada lini jual beli yang bisa dilakukan via online. Anda tidak perlu repot membeli dan menawar barang lagi. Apalagi adanya e-commerce yang saat ini menjamur, membuat barang apapun mudah Anda temukan hanya dengan sekali klik.

Itulah penjelasan mengenai apa itu internet, sejarah dan manfaatnya hingga kini. Semoga internet bisa dimanfaatkan secara positif dan bertanggung jawab. Karena jika internet digunakan untuk kepentingan yang negatif, bukan hanya Anda saja yang rugi tapi hal tersebut juga mempengaruhi banyak orang lain di sekitar Anda.

Leave a Comment