Kata “Internet” memang tidak lagi terdengar asing bagi kita yang hidup di era modern seperti sekarang ini, tetapi apa sebenarnya pengertian internet itu sendiri?. Memang jika kita lihat dari awal mula penemuannya, Internet memiliki pengaruh yang cukup besar.

Secara singkat, definisi dari “Internet” bisa dilihat dari 2 pengertian di bawah ini, yaitu:

  • Pengertian Internet secara umum: Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung menjadi satu dan beroperasi sebagai suatu sistem.
  • Pengertian Internet secara khusus: Internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini.

Saat ini, peran Internet sebagian besar adalah sebagai media penghubung antar individu yang satu dengan yang lainnya, terlepas dari aktivitas apapun yang mereka kerjakan, berbelanja online, Chatting, atau sekedar browsing.

Supaya ga ketinggalan, yuk kita simak sebetulnya apa itu Internet beserta penjelasan lainnya yang semoga nantinya menambah wawasan kalian supaya ga ketinggalan sama yang lain, tahu sendiri kan kalau perkembangan teknologi itu sangat cepat.

 

Sejarah Internet

sejarah singkat internet

Kita sudah sindir sedikit apa itu Internet di atas, sekarang kita telusuri dulu nih awal mula terciptanya Internet dan apa sih tujuan awal dari adanya jaringan ini?.

Berdasarkan situs ensiklopedia wiki, sejarah internet dimulai bersamaan dengan pengembangan komputer electronic di tahun 1950. Selain itu, tujuan dari penciptaan dan pengembangannya adalah untuk kepentingan militer

The history of the Internet begins with the development of electronic computers in the 1950s.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer dengan menghubungkan komputer di daerah yang dianggap vital. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. Selain itu digunakan sebagai pertukaran informasi dan komunikasi.

  • Tahun 1960 – awal 1970

Jaringan packet switching seperti jaringan NPL, ARPANET, Merit Network, CYCLADES, dan Telenet, dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai protokol komunikasi

  • Tahun 1967

Donald Davies (seorang ilmuwan komputer) pertama kali menunjukkan demo packet switching di Laboratorium Fisika Nasional (NPL) di Inggris, yang menjadi bahan uji bagi penelitian di Inggris selama hampir 2 dekade (20 tahun).

  • Tahun 1970

Internet Protocol  (TCP / IP) dikembangkan oleh Robert E. Kahn dan Vint Cerf dan menjadi standar protokol jaringan pada ARPANET, yang menggabungkan konsep-konsep dari proyek CYCLADES Prancis yang dikepalai oleh Louis Pouzin

  • Tahun 1980 awal

NSF (National Sanitation Foundation) mendanai pengembangan super komputer nasional di beberapa universitas, dan menyediakan interkonektivitas pada tahun 1986 dengan proyek NSFNET, juga menciptakan akses jaringan ke situs super komputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan

  • Tahun 1980 akhir Internet Service Provider (ISP) mulai menyediakan jasa layanan komersil.
  • Tahun 1990 – ARPANET dinonaktifkan.
  • Tahun 1995 – NSFNET dinonaktifkan.
  • Tahun 1990 pertengahan

Internet mulai berkembang pesat dan memiliki dampak yang cukup besar di segalang bidang, termasuk bidang komunikasi seperti Voice over Internet Protocol, Video Call, WWW, forum diskusi, blog, sosial media dan lainnya.

 

Pengertian Internet dan Intranet

Mulai masuk bagian yang paling sering ditanya pas masih sekolah, yaitu perbedaan Internet dan Intranet dan juga pengertian keduanya. Apa itu Intranet? Lalu apa hubungan dari keduanya?

Intranet, merupakan sebuah jaringan pribadi yang ditujukan untuk saling bertukar informasi di dalam jaringan yang masih bersifat lokal. Bisa dikatakan bahwa Intranet adalah bagian kecil dari Internet.

Akses yang didapat pun terbatas dan hanya meliputi daerah yang mencakup dalam jaringan Intranet saja. Perbedaan Internet dan Intranet sebenarnya tidak cukup banyak. Keduanya hampir sama karena proses kerja pun sama, misalnya:

Internet

  • Dapat diakses siapapun, kapanpun, di manapun.
  • Jangkauan jaringan komputer yang sangat besar mencakup seluruh dunia
  • Internet bersifat public source
  • Perkembangannya sangat cepat
  • Akses lebih mudah
  • Berisi konten yang beragam
  • User di seluruh dunia saling terhubung
  • Keamanan kurang / belum tentu terjamin

Intranet

  • Hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu
  • Jangkauan jaringan cenderung sempit karena hanya berada pada wilayah tertentu
  • Internet bersifat privat source
  • Perkembangannya terkesan lambat
  • Aksesnya mudah tetapi untuk kalangan terbatas
  • Konten bisa diisi sesuai keinginan
  • User hanya yang berada dalam wilayah
  • Keamanan terjamin

Jaringan Intranet biasanya digunakan untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu saja, misalnya perusahaan, departemen, kantor, sekolah, dan universitas. Jaringan LAN yang digunakan pada wilayah kecil juga bisa dibilang contoh Intranet.

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

pengertian internet menurut para ahli

Berikut sedikit kutipan pengertian internet menurut 3 ahli di masing-masing bidangnya:

Menurut Strauss

  • Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

Menurut O`Brien

  • Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

Menurut Allan

  • Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut
    Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

 

Pengertian Internet of Things

Internet of Things atau IoT adalah sebuah istilah untuk sebuah konsep yang menjelaskan kelebihan internet.

Melalui internet, banyak informasi yang bisa didapatkan karena memang dunia teknologi informasi terus berkembang. Banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan konsep ini.

 

Manfaat Internet

manfaat dari internet

Manfaat yang didapat dari penggunaan internet di era modern sangat banyak dan juga menguntungkan. Bisa dikatakan, Internet adalah salah satu penemuan yang sangat berpengaruh di dunia saat ini.

Akses dengan menggunakan jaringan Internet membuat kita semakin cepat dan mudah dalam mencari informasi. Ada 2 peranan pokok internet dalam kehidupan manusia, yaitu.

  1. Sebagai sumber informasi
  2. Sebagai pertukaran informasi

Sisi positif dari Internet juga banyak dan juga menopang aktivitas manusia yang biasanya ingin serba “instan”. Berikut beberapa sisi positif dan manfaat dari internet bagi kehidupan, yaitu:

1. Memudahkan Komunikasi

Internet berfungsi memudahkan interaksi komunikasi antar manusia. Sekarang ini, jarak bukan kendala yang harus dipusingkan untuk tetap menjalin hubungan. Kita bisa berkirim surat melalui email dengan penghubung internet.

Selain itu, kita juga bisa melakukan panggilan suara dan video call. Internet melipat jarak menjadi dekat biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih hemat.

2. Memudahkan Pekerjaan 

Di era digital, hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan bantuan komputer dan internet. Misalnya saja mengirim data, e-mail, menghubungi kolega atau sebaliknya.

Tentu pekerjaan akan lebih mudah dan efisien bila memanfaatkan jaringan internet sehingga waktu yang dihemat dengan bantuan Internet bisa membuat kita menjadi lebih produktif.

3. Sebagai Media Belajar

Manfaat internet lainnya yang tidak kalah penting adalah sebagai wadah belajar. Seringkali tugas yang diberikan di dunia pendidikan malah tidak diajarkan dan kita harus mencari sumber bacaan kita sendiri. Jika kita kesulitan memahami pelajaran, ujung-ujungnya pasti googling aja.

Banyak tips dan tutorial hingga kunji jawaban yang tersebar di berbagai resource di Internet. Tentu saja, ada beberapa hal yang mungkin agak sulit untuk dipelajari, misalnya bahasa asing.

4. Menambah Penghasilan

Bisakah mendapatkan penghasilan dari internet? Jawabannya tentu sangat bisa. Kita bisa memanfaatkan berbagai situs untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari internet. Misalnya  dengan berjualan online atau membuat website.

Selain itu kita juga bisa membuat blog yang berisi konten-konten yang menarik. Nantinya, uang yang kita hasilkan tergantung dari berapa jumlah pengunjung kita, menarik bukan?

5. Sebagai Sarana Hiburan

Hiburan bisa kita dapat bukan hanya di dunia nyata saja tetapi juga di internet. Situs besar seperti YouTube, Vimeo, 9gag dll. merupakan contoh kecil dari berbagai hiburan yang bisa kalian temukan di internet.

6. Memudahkan Aktivitas Online

  • Banyak contoh aktivitas online yang terbantu dengan adanya Internet. Misalnya, jika kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam di mall atau pergi dari satu tempat ke tempat yang lainnya, sekarang tidak lagi. Kalian bisa berbelanja tanpa bergerak sedikitpun.
  • E-Commerce adalah satu dari sekian banyak contoh nyata yang bisa kita rasakan saat ini. Dengan duduk, tiduran atau sambil ngobrol kita bisa berbelanja barang kesukaan kita dan barang itu akan dikirim sampai ke pintu rumah.

Itulah penjelasan mengenai apa itu internet, sejarah dan manfaatnya hingga kini. Semoga internet bisa dimanfaatkan secara positif dan bertanggung jawab.

Karena jika internet digunakan untuk kepentingan yang negatif, bukan hanya kita saja yang rugi tapi hal tersebut juga mempengaruhi banyak orang lain di sekitar kita.

 

Bahan bacaan:

  1. Wikipedia : History of the Internet
  2. Brief History of The Internet | Internet Society
  3. Donald Davies | Internet Hall of Fame