Pengertian ICMP

Advertisement

Apa itu ICMP (Internet Control Message Protocol)?

Seperti namanya, ICMP lebih banyak digunakan oleh Administrator jaringan dibanding para end-user yang hanya sebagai pengguna aplikasi.

Advertisement

Penggunaannya lebih tentang troubleshooting masalah, koneksi Internet bermasalah, ping, trace-route, diagnosa aplikasi, dll. yang membutuhkan Internet

 


Pengertian ICMP

cara kerja icmp
via: blog.securityevaluators.com

ICMP adalah sebuah protokol jaringan yang bertugas untuk pelaporan kesalahan seperti router yang digunakan untuk menghasilkan pesan kesalahan ke alamat IP sumber ketika masalah menghalangi pengiriman paket IP.

Internet Control Message Protocol membuat dan mengirim laporan tersebut ke alamat IP sumber yang menunjukkan bahwa gateway ke Internet baik itu router, service tertentu atau host tidak dapat dicapai untuk pengiriman paket (cannot be reached).

Pesan dari protokol ditransmisikan dalam bentuk datagram dengan beberapa header IP yang mencakup data di dalamnya. Isi laporan yang dikirim berisi dengan data-data, sehingga sistem akhir pasti mengetahui paket mana yang gagal untuk dikirim.

Saat artikel ini dibuat, IPv4 yang banyak digunakan di dunia Internet dan IPv6 yang lebih baru, masih menggunakan ICMP dengan versi yang sama.

Internet Control Message Protocol juga merupakan salah satu sistem dasar yang membuat Internet berfungsi dengan baik, meskipun banyak dari kita yang belum banyak mendengar namanya, beberapa istilah seperti ping misalnya, pernah kalian dengar.

 

Fungsi Protocol ICMP

fungsi icmp
cara kerja icmp | via:cloudflare.com

Ketika kita mengakses Internet, kenyataannya jaminan keamanan dari koneksi tidaklah terjamin, tetapi protokol ini tetap memberikan feedback apabila ada masalah pada komunikasi.

Advertisement

Jadi, katakanlah kita menggunakan jaringan UDP. UDP adalah singkatan dari User Datagram Protocol.

Tetap saja, masih ada kemungkinan transmisi gagal, dan masih ada kemungkinan untuk mengetahui penyebab kegagalannya.

Dalam jaringan komputer, User Datagram Protocol adalah salah satu anggota inti dari paket protokol Internet

Semua perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan, dapat memproses pesan/laporan ICMP, sehingga ICMP bisa beradaptasi dan tetap bekerja dengan IPv6 dengan kualitas yang sama dengan IPv4

Advertisement

 

Penggunaan Protocol ICMP

Laporan / Pesan dari protokol hanya di-generate berdasarkan respon terhadap paket data yang masuk saja, itupun ketika pengiriman pesan tersebut gagal dikirim.

Ketika kita menjalankan sebuah jaringan (network) terutama ketika kalian yang memiliki router sebagai lalu lintas Internet, pastikan untuk menggunakan firewall dengan tujuan pendeteksian. Agar protokol tidak disalahgunakan para peretas. 

ICMP, bisa digunakan untuk kepentingan negatif seperti pengertian dari ICMP itu sendiri.

Salah satunya untuk melakukan serangan yang disebut ping of death. Serangan ini dilakukan dengan cara mengirim paket IP yang lebih besar dari ukuran byte yang diizinkan oleh protokol IP.

Perangkat jaringan IP apapun memiliki kemampuan untuk mengirim, menerima, atau memproses pesan dari ICMP.

Tetapi, ICMP bukanlah protokol yang men-transport atau mengirim data antar sistem.

Referensi: comparitech | techtarget


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment