Pengertian Hardware

pengertian hardware

Sebagai orang yang bekerja di depan komputer hampir setiap harinya, tentu kita mengenal sedikit perangkat apa saja yang kita gunakan, tetapi tahukah kita pengertian hardware komputer itu sendiri? dan termasuk jenis hardware apakah itu?

Poin yang tentunya kita harus kenali tentang perangkat keras ada 3, yaitu perangkat apa saja yang termasuk hardware komputer, apa fungsinya dan manfaat apa yang didapatkan dari perangkat tersebut.

Sebisa mungkin akan kita gunakan bahasa yang mudah dimengerti bahkan untuk teman-teman yang masih awam sekalipun agar pertanyaan-pertanyaan seputar hardware mudah untuk dijawab

 

Pengertian Hardware Software dan Brainware

hardware software brainware

Setelah membahas lebih jauh tentang pengertian hardware, perlu kalian ketahui ada 3 komponen utama dalam penggunaan komputer, yaitu hardware, software dan brainware, apa perbedaan dari ketiganya, berikut pengertiannya:

  • Hardware adalah piranti (perangkat) atau komponen fisik pada sebuah komputer yang bentuknya dapat dilihat dengan jelas, misalnya monitor, harddisk, vga card, ram , dll..
  • Software adalah nama lain dari perangkat lunak, Software bisa diserupakan data yang terdapat pada sebuah komputer. Berbeda dengan hardware, karena tampilan fisiknya tidak terlihat nyata. Software biasanya digunakan sebagai media untuk memproses data.
  • Brainware merupakan sebutan bagi pengguna yang mengoperasikan komputer atau biasa disebut user.

 

Contoh Hardware dan Software

Untuk memudahkan kita membedakan antara hardware dan software coba simak beberapa contoh hardware dan software berikut ini:

Contoh Hardware

contoh hardware komputer
gambar: pixabay.com

 

1. Input Device

Input device adalah perangkat yang menerima masukan berupa perintah/data. Nantinya dari setiap input device akan menghasilkan informasi (digital) yang bisa dilihat langsung oleh pengguna setelah melalui proses di process device.

Berikut ini contoh perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input device:

  • Keyboard, berfungsi untuk membantu pengguna komputer untuk memasukkan simbol dan angka ke dalam komputer.
  • Mouse, berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer. Mempermudah kalian memilih dan mencari menu agar kerja lebih cepat
  • Scanner, berfungsi mengubah dokumen hardcopy menjadi softcopy. Membantu kalian memproses dokumen yang awalnya sudah berbentuk cetak.
  • Webcam, berfungsi sebagai menangkap gambar dan mengubahnya menjadi digital. Selain itu juga berfungsi alat mentransfer sebuah media secara langsung

2. Process Device

Sesuai dengan namanya, proses device mempunyai fungsi sebagai pengolah data atau perintah yang masuk ke dalam komputer melalui proses input.

Berikut ini contoh beberapa hardware yang masuk dalam kategori proses device:

  • CPU, berfungsi untuk mengontrol semua kerja pada komputer. CPU berperan sebagai otak utama pada semua komponen komputer.
  • VGA, berfungsi memproses data yang tergolong grafis (gambar dan video) menjadi lebih cepat.
  • RAM, berfungsi sebagai media penyimpan (sementara) dan berperan menentukan akses data pada komputer
  • Power Supply, berfungsi sebagai pengubah arus AC ke DC dan menjadi energi yang dibutuhkan oleh komponen pada komputer, seperti motherboard, CD ROM dan lainnya.

3. Output Device

Proses output merupakan hasil dari informasi yang melalui input dan proses device sebelumnya. Perangkat output-lah yang menjadi media untuk menampilkan instruksi yang sudah komputer olah.

Berikut ini contoh beberapa contoh perangkat keras yang termasuk output device:

  • Monitor, berfungsi untuk menampilkan informasi dalam bentuk tampilan dalam layar. Monitor merupakan output device pertama yang bisa kalian lihat prosesnya saat menyalakan komputer
  • Proyektor, berfungsi untuk menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD
  • Printer, berfungsi sebagai pencetak dokumen yang kalian butuhkan.

4. Storage Device

  • Harddisk, berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas besar dan sifatnya permanen (kecuali dihapus)
  • Flashdisk, berfungsi alat penyimpanan data dari komputer dan sifatnya portable (mudah dibawa-bawa).
  • Optical Disk, berfungsi penyimpanan data yang prosesnya dibantu dengan laser. Contohnya CD dan DVD

5. Hardware Peripheral

  • Modem, berfungsi sebagai alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Modem biasanya menghubungkan komputer dengan jaringan internet

Contoh Software

  • Sistem Operasi, contoh dari sistem operasi adalah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
  • Software Aplikasi, contoh dari program aplikasi adalah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
  • Utillity Software, contoh dari utility adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, AntiVirus dan lain-lain.
  • Aplikasi Web, contoh dari bahasa pemrograman Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan lain sebagainya

Memang hardware, software dan brainware akan saling dan pasti berkaitan satu sama lain agar sebuah komputer dapat berjalan secara optimal.

Jika salah satu elemen tidak berjalan dengan baik dapat dipastikan ketiganya tidak akan berjalan dengan baik, karena fungsi utama dari perangkat komputer adalah membantu pekerjaan manusia agar lebih cepat dan efisien.

 

Fungsi Hardware Komputer

fungsi hardware komputer

Selain contoh, hardware juga memiliki fungsi dan peran yang tidak kalah penting. Fungsi dari sebuah hardware adalah menerima input, mengolah data, memberikan output dan sebagai media penyimpanan.

  • Input device seperti keyboard dan mouse berfungsi sebagai perangkat masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke komputer.
  • Perintah/data yang masuk kemudian diproses oleh process device, CPU berperan sebagai otak komputer yang mengontrol semua proses kerja hingga menghasilkan output.
  • Setelah data selesai diolah, tugas output device seperti monitor dan printer adalah menampilkan hasil yang bisa disimpan atau dicetak.

Hal yang membedakan masing-masing perangkat adalah fungsi mereka yang berbeda satu sama lainnya.

Pada sebuah HP / Handphone, perangkat hardware-nya terdiri dari:

  1. Komponen tenaga yang berisi:
  2. Baterray
  3. IC power
  4. IC charging
  5. Transistor
  6. Regulator
  7. Komponen penyimpan data yang berisi:
  8. IC flash
  9. IC ram
  10. MMC
  11. Komponen sinyal yang berisi:
  12. VCO
  13. IC PA
  14. Switch antenna
  15. Komponen Input
  16. Keypad
  17. Plugin
  18. Microphone
  19. Komponen Output yang berisi:
  20. LCD
  21. Speaker
  22. Buzzer

Oke, seharusnya sekarang kita sudah paham pengertian hardware komputer dan masing-masing fungsinya kan? sekarang pertanyaannya adalah apa hardware pada HP  dan komputer memiliki persamaan?

Jika dilihat dari fungsi kerjanya, sebuah handphone juga memiliki 2 komponen dasar yang sama yaitu hardware dan juga software.

Pada software HP komponennya terdiri dari:

  1. MCU, microcontroller berfungsi untuk menghidupkan HP dengan isi data program sistem. Bila MCU mengalami kerusakan biasanya HP akan hang dan berhenti beroperasi
  2. PPM berisi data menu program yang terdapat pada HP. Menu yang ditampilkan seperti pengaturan bahasa, tampilan atau tingkat pencahayaan.
  3. Content berisi data galeri yang biasa kalian gunakan dalam menyimpan gambar, game, ringtone dan lain sebagainya
  4. Permanent Memory berisi data kode informasi apapun yang ada di HP

Tidak berbeda jauh dengan komputer, hardware pada laptop juga mempunyai fungsi dan manfaat seperti hardware pada umumnya. Hal membedakan adalah beberapa jenis hardware yang mempunyai fungsi yang berbeda.

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

One Reply to “Pengertian Hardware”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *