Banyak diantara pengguna komputer yang pasti sudah tidak asing lagi tentang apa itu hardware. Apalagi orang yang berhubungan dengan perangkat komputer sebagai alat yang digunakan dalam bekerja.

Nah, tahukah kalian pengertian Hardware? Lalu apa saja fungsinya? Dan apa manfaat yang didapatkan dari penggunaan hardware? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu melintas pada pikiran kalian.

Memang bagi yang awam tentang teknologi komputer akan dibuat bingung oleh kata-kata asing yang belum familiar di telinga. Untuk mengatasi hal tersebut, akan dikupas tuntas tentang hardware dengan segala atributnya.

 

Pengertian Hardware Software dan Brainware

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu hardware, sebaiknya kalian mengetahui pengertian hardware dan fungsinya terlebih dahulu. Tapi, yang perlu kalian ketahui adalah di dalam sebuah komputer terdapat tiga komponen utama.

hardware software brainware

Tiga komponen penting tersebut adalah hardware, software, brainware. Sebagai bahan acuan, berikut pengertian dari ketika komponen tersebut

  • Hardware merupakan bagian dari komputer yang tidak bisa dipisahkan. Hardware adalah piranti atau komponen fisik pada sebuah komputer yang bentuknya dapat dilihat dengan jelas.
  • Software merupakan Perangkat Lunak dengan isi data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang sudah diformat. Software berkebalikan dengan hardware karena tampilan fisiknya tidak terlihat nyata. Software digunakan untuk memproses data.
  • Brainware merupakan sebutan bagi orang yang mengoperasikan komputer. Atau biasa disebut user.

 

Contoh Hardware dan Software

Jika kalian masih bingung dan belum ada bayangan tentang bentuk hardware dan software. kalian tidak perlu khawatir. Untuk membedakan perbedaan antara pengertian hardware dan software secara jelas dapat dengan mengamati contoh hardware dan software berikut ini:

Contoh Hardware

contoh hardware komputer

1. Input Device

Pengertian input device yakni perangkat masukan yang berupa perintah. Nantinya dari setiap input device akan menghasilkan informasi digital yang bisa dilihat langsug oleh pengguna. Berikut ini contoh perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input device.

  • Keyboard, berfungsi untuk membantu pengguna komputer untuk memasukkan simbol dan angka ke dalam komputer. Berikut ini beberapa contoh hardware
  • Mouse, berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer. Mempermudah kalian memilih dan mencari menu agar kerja lebih cepat
  • Scanner, berfungsi mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Membantu kalian memproses dokumen yang awalnya sudah berbentuk cetak.
  • Webcam, berfungsi sebagai pengolah pesan cepat seperti chat melalui video. Selain itu juga berfungsi alat mentransfer sebuah media secara langsung
Baca juga:  Pengertian Internet

2. Process Device

Contoh hardware komputer yang berfungsi sebagai umumnya tertanam dibagian dalam komputer atau PC. Sesuai dengan namanya, proses device ini mempunyai fungsi sebagai pengolah data atau perintah yang masuk ke dalam komputer melalui proses input. Berikut ini contoh beberapa hardware yang masuk dalam kategori proses device.

  • CPU berfungsi untuk mengontrol semua kerja pada komputer. CPU berperan sebagai otak utama pada semua komponen computer
  • VGA berfungsi memproses data grafis
  • RAM berfungsi sebagai media penyimpan dengan berperan menentukan akses utama pada computer
  • Power Supply berfungsi sebagai pengubah arus AC ke DC lalu diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh komponen pada komputer seperti motherboard, CD room dan lainnya.

3. Output Device

Proses output ini adalah hasil dari proses input dan proses sebelumnya. Inilah perangkat yang menjadi media untuk menampilkan intruksi yang sudah komputer olah. Berikut ini contohnya.

  • Monitor berfungsi sebagai penghubungan hasil data yang kalian buat. Berbentuk layar dan berperan sangat pokok karena merupakan hardware pertama yang biasa tampil ketika kalian bekerja menggunakan computer
  • Proyektor berfungsi membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD
  • Printer berfungsi sebagai pencetak dokumen yang kalian butuhkan.

Ada 2 komponen pada hardware komputer yang juga sebagai pelengkap suatu komputer, komponennya yaitu sebagai berikut:

4. Storage Device

  • Harddisk berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas besar
  • Flasdisk berfungsi alat penyimpanan data dari komputer.

Cara kerjanya adalah memindahkan data dari komputer lain untuk di simpan atau dipindah ke komputer lainnya. Menggunakan konektor USB untuk teknik penghubungnya

  • Optical Disk berfungsi penyimpanan data yang prosesnya dengan cahaya laser. Contohnya CD dan DVD
Baca juga:  Pengertian CPU Komputer

5. Hardware periferal

  • Modem berfungsi alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Modem biasanya menghubungkan komputer dengan jaringan internet

Contoh Software

  • Sistem operasi, contoh dari sistem operasi adalah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
  • Sistem aplikasi, contoh dari program aplikasi adalah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
  • Utillity, contoh dari utility adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, AntiVirus dan lain-lain.
  • Bahasa Pemrograman, contoh dari bahasa pemrograman Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan lain sebagainya

Memang ketiga elemen yaitu hardware, software dan brainware akan saling berkaitan satu sama lain yang menyebabkan fungsi sebuah komputer dapat berjalan secara optimal.

Jika salah satu elemen tidak berjalan dengan baik dapat dipastikan ketiganya tidak akan berjalan dengan baik pula. Karena fungsi utama dari perangkat komputer adalah membantu pekerjaan manusia dengan lebih cepat dan efisien.

 

Fungsi Hardware Komputer

Selain contoh hardware juga mempunyai fungsi yang tidak kalah penting karena fungsi hardware yang utama adalah menerima input, mengolah data dan memberikan output dan penyimpanan.

fungsi hardware komputer

Di dalam input device seperti keyboard dan mouse berfungsi sebagai perangkat masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke komputer. Kemudian setelah itu, CPU menjalankan sebagai otak komputer yang mengontrol semua proses kerja hingga menghasilkan output.

Setelah data selesai sesuai keinginan pengguna, tugas output seperti monitor dan printer adalah menampilkan hasil yang bisa disimpan atau dicetak.Hal yang membedakan dengan hardware komputer adalah fungsi perangkat pirantinya.

Pada hardware HP perangkat hardwarenya terdiri dari:

  1. Komponen tenaga yang berisi:
  2. Baterray
  3. IC power
  4. IC charging
  5. Transistor
  6. Regulator
  7. Komponen penyimpan data yang berisi:
  8. IC flash
  9. IC ram
  10. MMC
  11. Komponen sinyal yang berisi:
  12. VCO
  13. IC PA
  14. Switch antenna
  15. Komponen Input
  16. Keypad
  17. Plugin
  18. Microphone
  19. Komponen Output yang berisi:
  20. LCD
  21. Speaker
  22. Buzzer
Baca juga:  Perangkat Keras Komputer

Jika kalian sudah paham mengenai apa itu hardware, sekarang pertanyaannya adalah apa hardware pada HP memiliki persamaan? Apa itu hardware HP? Secara fungsi kerja, di dalam komponen HP juga memiliki 2 komponen dasar yang sama yaitu hardware dan juga software.

Sedangkan pada software HP komponennya terdiri dari:

  1. MCU berfungsi untuk menghidupkan HP dengan isian data program system. Bila MCU ini mengalami kerusakan biasanya HP akan hang dan berhenti beroperasi
  2. PPM berisi data menu program yang terdapat pada HP. Menu yang ditampilkan seperti pengaturan bahasa, tampilan atau tingkat pencahayaan.
  3. Content berisi data galeri yang biasa kalian gunakan dalam menyimpan gambar, game, nada dering dan lain sebagainya
  4. Permanen memory berisi data kode informasi apapun yang ada di HP

Tidak berbeda jauh dengan hardware HP, hardware laptop juga mempunyai fungsi dan manfaat seperti hardware pada umumnya. Seperti halnya hardware pada komputer. Mungkin yang membedakan adalah beberapa jenis hardware yang mempunyai fungsi yang berbeda.

Demikianlah kupas tuntas mengenai perangkat keras komputer yaitu hardware beserta fungsi dan contohnya. Semoga pembahasan ini membantu mengatasi kekurangpahaman kalian tentang apa itu hardware.

Karena pengetahuan dasar yang memadai tentang elemen-elemen komputer dan fungsinya akan mempermudah kalian menjalankan komputer dengan cara yang tepat.