Pengertian EBook

Kita hidup di zaman serba elektronik. Mulai dari eCommerce, eBanking, Tiket online, Gift Cards, dan segala sesuatu semuanya, termasuk juga buku.

Advertisement

Bahkan pada 19 Juli 2010, Amazon berkata bahwa mereka menjual lebih banyak ebook daripada buku hardcover atau buku fisik, mudahnya.

Di situs ini kalian akan membaca seputar pengertian apa itu ebook dan beberapa web gratis untuk mendapatkan legal dan ebook gratis.


Pengertian Apa itu EBook?

contoh ebook
contoh ebook | via: wikimediaImages

EBook adalah kependekan dari electronic book, jenis buku yang dibuat & dipublikasikan dengan format elektronik.

Penggunaannya memungkinkan pengguna Internet (pencari buku) mengakses buku lebih cepat dan mendownloadnya ke perangkat mereka di rumah.

Adapun perangkat yang mensupport untuk membuka file ebook seperti komputer, e-reader (adobe reader, foxit reader, dll.), smartphone dan tablet.

Perangkat mobile device ada banyak sekali istilahnya, dan mungkin kelak saat artikel ini kalian baca sudah ada istilah baru lagi.

Ebook dapat dibuat dengan format beragam, bisa berupa plain text, pdf, rich-text document, sebuah gambar (infografik), dll.

 

Bisakah Kita Mengedit Ebook?

Tentu file originalnya tidak, lagipula untuk apa. Ebook dibuat dengan hak paten dan tidak bisa diedit sesaat setelah dokumen tersebut disimpan.

Kecuali kalian memiliki editable version yang bisa disimpan dan dibuka menggunakan Microsoft Word atau editor dokumen lainnya.

Format Ebook meliputi: PDF, EPUB, AZW dan ODF. Kalian bisa mengedit ebook jika memang ada versi format PDF yang editable.

Situs eBook Legal & Gratis

Di bawah ini ada beberapa situs gratis yang bisa kalian gunakan untuk referensi.

Dari sudut pandang marketing, mempromosikan dan mendistribusikan ebook membutuhkan waktu dan beragam cara (media).

Salah satunya adalah dengan menggunakan media pemasaran terbesar dunia, yaitu Internet. Bagaimana menurut kalian?.


Baca juga: