Pengertian Defragment

cara defrag hardisk

Komputer lemot, kadang hang, suka restart sendiri, wah banyak, tahukah kalian bahwa melakukan defragment adalah salah satu cara merawat storage?

Apa pengertian defrag itu sendiri?

Defrag adalah singkatan pendek dari Defragment, adalah salah satu maintenance yang ditujukkan untuk perangkat keras penyimpanan atau hard drive (hard disk).

Tapi apa sebenarnya yang dilakukan defragging? apakah itu sesuatu yang harus kita lakukan setiap saat di komputer?

 


Cara Defrag Hardisk

Berbeda dengan SSD, sebagian besar hard drive berupa piringan hitam yang berputar, dengan data yang tersimpan di berbagai tempat di piringan itu.

Begini cara melakukan defrag pada hardisk di komputer / laptop:

  1. Buka Start Menu
  2. Cari defrag.
  3. Buka Defragment and Optimize Drives.
    1. buka defragment
  4. Pilih partisi yang ingin di-defrag.
  5. Klik Optimize.
    2. pilih driver dan optimize
  6. Tunggu proses defrag selesai.
  7. Lakukan cara yang sama lagi.

Oh ya temen-temen, seperti pada gambar di atas. Ada keterangan kapan terakhir kita melakukan defragging, selain itu kita juga bisa melakukan scheduling.

Jadi, ketika komputer kita menulis data ke drive, blok blok pada piringan itu akan terisi dengan pesan secara berurut dari sisi plat ke sisi yang lainnya.

Fragmentasi terjadi ketika file-file itu terpecah antara blok yang satu ke blog lainnya dan jadi menjauh dari satu sama lain.

Karena kebetulan saat ini OS yang admin gunakan adalah Win10 jadi mungkin ini baru cara defrag windows 10 ya, cara defrag windows 7 sih sebenarnya sama cuma beda lokasi aplikasinya saja.

 

Haruskah Defrag?

defragment

Hard drive yang tidak pernah di defragmentasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca file karena harus reading ulang beberapa ulang yang letaknya berjauhan

Defragmentasi juga bertujuan untuk menempatkan blok-blok itu kembali ke tempat yang berurutan, sehingga saat dibaca tidak perlu mencari plate-plate untuk membaca file.

Btw, jika kalian menggunakan SSD (Solid State Disk) sebenarnya hal ini ga wajib dilakukan.

Tetapi, walaupun cuma sekali, setidaknya kalian harus melakukan hal ini.

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar, ada 2 tipe penyimpanan yang satu SSD dan satu HDD. Se-pengalaman kita pribadi, mau di Optimize berkali-kali pun tetap 0% hasilnya.

Tapi untuk tipe penyimpanan HDD ya tetap baiknya sih dilakukan fragmentasi, meskipun cuma 1x, atau bisa manfaatkan scheduling.

 

Defrag Dengan Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi bawaan OS, ada beberapa aplikasi tambahan yang bisa kita gunakan fiturnya untuk melakukan hal ini, seperti:

  • Defraggler
  • MyDefrag
  • Auslogics Disk Defrag
  • Smart Defrag

Saat artikel ini dibuat, aplikasi di atas sifatnya masih free, tapi mungkin ada beberapa fitur extra untuk para pengguna yang berbayar.

Aplikasi 3rd sebenarnya useful dan mungkin lebih dari bawaan OS itu sendiri. Logikanya, kalau memang kualitasnya sama, mungkin aplikasi ini ga akan dibuat.

External Link: What Is “Defragging,” and Do I Need to Do It to My Computer?


komputertips.com

Baca juga:

Latest posts by Nugroho (see all)

Apa itu Torrent

Nugroho
1 min read

YOPmail

Nugroho
46 sec read

Apa itu Testimoni

Nugroho
49 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *