Pengertian Data

pengertian data

Data diukur, dikumpulkan dan dilaporkan, dan dianalisis, dimana data itu dapat divisualisasikan menggunakan grafik, gambar atau alat analisis lainnya, tetapi apakah pengertian data hanya sebatas itu?

Di benak kita, biasanya data semacam nilai yang mengandung nilai variabel kualitatif atau kuantitatif. Data juga sering dikaitkan dengan angka-angka yang rumit, tetapi data dan informasi sangatlah penting.

Di dunia komputer, pengertian data itu sendiri adalah informasi yang diproses atau disimpan oleh komputer. Informasi ini mungkin dalam bentuk dokumen teks, gambar, klip audio, program perangkat lunak, atau lainnya.

 

Sifat Data

data dalam komputer

Statistik bisa membantu kita mengubah data menjadi informasi yang berguna untuk membantu pengambilan keputusan. Kita dapat menggunakan statistik untuk meringkas data, menjelaskan pola, hubungan, dan koneksi data satu sama lainnya.

Data Kualitatif

Suatu data bersifat kualitatif muncul ketika pengamatan termasuk dalam kategori yang berbeda. Contohnya:

  • Warna mata: biru, hijau, coklat dll
  • Hasil ujian: lulus atau gagal
  • Status sosial ekonomi: rendah, menengah atau tinggi.

Untuk kepentingan analisis statistik, data kualitatif dapat dikonversi menjadi data numerik  dengan hanya menghitung nilai-nilai berbeda yang muncul.

Data Kuantitatif

Data kuantitatif atau numerik muncul ketika objek pengamatan adalah penghitungan atau pengukuran. Contohnya:

  • Jumlah perempuan
  • Usia rata-rata orang yang menganggur
  • Jumlah penduduk dalam kota

 

Pengertian Data Lainnya

Untuk menerjemahkan data ke informasi, harus ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Faktor-faktor yang terlibat ditentukan oleh pengumpul data dan informasi yang diinginkan.

Pengertian Data dan Informasi

pengertian data

Data adalah informasi yang tidak/belum diproses. Sedangkan informasi adalah data yang telah diproses

Data komputer dapat diproses oleh CPU komputer dan disimpan dalam file dan folder di harddisk komputer. Data dan Informasi mungkin terlihat mirip dan banyak orang menggunakan kata-kata ini, tetapi keduanya memiliki banyak perbedaan di antara mereka, kenapa:

Data: merupakan kata jamak jamak untuk “datum.” Ketika data diproses, diorganisir, terstruktur, atau disajikan dalam konteks tertentu sehingga menjadikannya berguna, data menjadi Informasi.

Informasi: adalah data yang telah diproses sedemikian rupa agar bermakna bagi orang yang menerimanya. Informasi adalah segala sesuatu yang dikomunikasikan.

Data adalah istilah, yang mungkin baru bagi pemula, tetapi sangat menarik dan mudah dipahami. Data bisa berbentuk apa saja seperti nama seseorang atau tempat atau nomor dll.

  • Contoh data adalah bobot, harga, biaya, jumlah barang yang dijual, nama karyawan, nama produk, alamat, kode pajak, tanda registrasi, dll.
  • Contoh informasi adalah tabel waktu, daftar prestasi, kartu laporan, tabel nama, dokumen cetak, slip gaji, kwitansi, laporan dll.

 

Perbedaan Data dan Informasi

Dari pengertian data dan informasi di atas, tentunya kita juga harus bisa membedakan dengan jeli. Untuk memudahkan, kata-katanya akan saya singkat menjadi tabel yang mudah dipahami

DataInformasi
Informasi yang belum diolahData yang telah disempurnakan
Berupa teks dan angkaSekumpulan data yang disempurnakan
Tidak terorganisirTerorganisir
Bisa berguna, bisa tidakPasti berguna
DibutuhkanTanpa data, tidak ada informasi

Contoh dari data lainnya, yaitu:

  1. Bilangan 1,2,3,4,5 dst
  2. Nama benda (uang, tas, charge, powerbank, kabel data dst)
  3. Nama orang
  4. Uang, tas, carger, powerbank, kabel data, camera.

Informasi ini sifatnya lengkap dan bisa penggunanya manfaatkan untuk mengambil keputusan. Sekarang kita jadikan satu keduanya, misal:

  • Suhu di seluruh dunia selama 100 tahun terakhir adalah data.
  • Jika data ini disusun dan dianalisis untuk menemukan bahwa suhu global meningkat, maka itu adalah informasi

Pengertian Data Roaming

Data Roaming adalah istilah yang digunakan ketika ponsel kita menggunakan data pada jaringan seluler, jauh dari jaringan lokal, seperti pada saat di luar negeri.

Kalian pastinya menggunakan data untuk apa pun yang melibatkan koneksi ke internet, seperti memeriksa Email, mengirim Tweet, memperbarui Facebook atau menggunakan Google Maps.

Data Roaming hanya aktif ketika kalian keluar dari jangkauan provider yang kalian gunakan, misalnya ketika kalian ke Amerika dan mau menggunakan sinyal 4G di sana, ya otomatis data roaming akan aktif.

Pengertian Data Cache

Data yang di-cache tidak lain adalah file, gambar, skrip, dan file media lainnya yang disimpan di perangkat kalian oleh situs web atau aplikasi.

Data akan sementara disimpan di ruang yang perangkat kalian sediakan, jadi pada saat kita mengunjungi aplikasi atau situs web, informasi sudah tersedia tanpa harus menunggu lagi.

Data yang disimpan dalam cache merupakan hasil dari perhitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain, misalnya kalian mengunjungi situs A, secara langsung data seperti gambar dan script akan langsung tersimpan di cache. Ketika kalian mengunjungi situs yang sama, situs akan ditampilkan lebih cepat.

Pengertian Data Rollover

Data Rollover adalah sisa kuota utama yang telah terbawa ketika paket internet berhasil diperbarui atau dibeli kembali / ditingkatkan paket Internetnya. Di Indonesia, hal ini pasti banyak diminati, karena kebanyakan pengguna kadang hanya menggunakan kuota secukupnya.

Pengertian Data Mining

Data mining adalah bentuk proses menemukan anomali, pola dan korelasi dalam set data besar untuk memprediksi hasil.

Data mining menerapkan berbagai teknik, kalian dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan pendapatan, memotong biaya, meningkatkan hubungan pelanggan, mengurangi risiko dan banyak lagi.

Perusahaan besar yang bergerak dalam industri keuangan biasanya menggunakan alat data mining yang canggih untuk mengurangi risiko dan mendeteksi penipuan

 

Jenis – Jenis Data

jenis jenis data

Data yang diketahui sebenarnya adalah sebuah konsep yang belum dimatangkan, maka jika diklasifikasikan akan menjadi jenis data berdasarkan beberapa hal. Mulai dari jenis data dari cara mendapatkannya, berdasarkan sumbernya, berdasarkan jenisnya, sifat datanya, dan waktu pengumpulan datanya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Berdasarkan Cara Memperolehnya

  • Data Primer: Data yang dikumpulkan oleh pencari sendiri untuk tujuan tertentu.
    • Contoh Data Primer: Data dikumpulkan oleh seorang siswa untuk tesis atau proyek penelitiannya
  • Data sekunder: Data yang dikumpulkan oleh orang lain untuk tujuan lain (tetapi digunakan oleh pencari data).
    • Contoh Data Sekunder: Data sensus digunakan untuk menganalisis dampak pendidikan karir.

Berdasarkan Sumbernya

  • Data Internal: Data yang didapat secara Internal, misalnya data keuangan, pegawai, personil yang ada dalam sebuah perusahaan. Data ini diperlukan untuk menempatkan semuanya sesuai dengan posisi, agar perusahaan mampu berkembang lebih baik.
  • Data External: Data yang didapat secara External, misalnya harga pasar, kuesioner, survey, eksperimen dan feedback dari pembeli. Data ini membantu kita untuk mengembangkan usaha dan menentukan strategi selanjutnya.

Berdasarkan Sifatnya

  • Data Diskrit: data ini dapat dihitung. Data Diskrit hanya dapat mengambil nilai tertentu.
    • Contoh Data Diskrit: Nilai dadu yang hanya memiliki angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12
  • Data Kontinyu: data ini dapat diukur. Data Berkelanjutan dapat mengambil nilai apa pun (dalam kisaran)
    • Contoh Data Kontinyu: Tinggi pohon, panjang daun, berat kucing.

Berdasarkan Waktu Pengumpulan

  • Data Time Series: adalah sejumlah pengamatan yang dikumpulkan pada interval waktu yang biasanya terpisah namun berjarak yang sama.
  • Data Cross Section: adalah jenis data yang dikumpulkan dengan mengamati banyak subjek (seperti individu, perusahaan, negara, atau wilayah) pada waktu yang sama.

Data dapat digunakan dan diatur dalam berbagai jenis struktur data, termasuk array, grafik, dan objek.

Struktur data dapat menyimpan data dari berbagai jenis, termasuk angka, string, dan bahkan struktur data lainnya. Data masuk dan keluar dari komputer melalui perangkat periferal.

Sumber:

GUI

Egan
1 min read

Cara Kerja DNS

Egan
1 min read

Pengertian Routing

Egan
1 min read