Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Pengertian CPU Komputer

pengertian cpu komputer

Central Processing Unit (CPU) merupakan komponen utama dari sebuah perangkat komputer dan CPU jugalah yang menjadi “otak” dari sebuah perangkat komputer, tapi apa sebenarnya pengertian cpu komputer itu sendiri?.

Sebagian besar tugas CPU adalah untuk menangani semua instruksi yang diberikan pengguna kepada komputer, artinya semakin cepat operasi ini dilakukan maka semakin bagus. Jadi kalian sekarang paham kan, kenapa sebuah processor bisa jadi mahal?.

Sedangkan berdasarkan teori, pengertian cpu itu sendiri adalah komponen atau perangkat keras yang menjadi pusat utama dalam sebuah komputer. CPU merupakan otak utama dari pengaturan semua aktivitas dan jalannya semua software dalam sebuah perangkat komputer.

 

Apa itu CPU Komputer

pengertian cpu komputer

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, jika diartikan atau diartikan dalam bahasa Indonesia kan maka akan bermakna Pusat pengelolaan.

Prosesor adalah bagian dari CPU yang terdapat dalam sebuah komputer dan di dalam prosesor inilah semua perintah input maupun output diproses sehingga menghasilkan seperti apa yang diharapkan.

Saat artikel ini ditulis, ada 2 brand prosesor yang cukup terkenal, yaitu Intel dan AMD. Masing-masing punya kelebihan, kekurangan, dan peminatnya masing-masing, jadi agak sulit jika kita membandingkan lebih bagus yang mana.

Semua hal yang berkaitan dengan proses komputer, baik sederhana maupun yang rumit diatur dalam CPU komputer. Singkatnya pengertian CPU dan fungsinya pada komputer adalah sebagai pusat kontrol pintar yang bekerja dengan cepat.

Secara umum, CPU komputer secara hanyalah perangkat keras (hardware) yang bertugas menerjemahkan fungsi aritmatika, logic, bahkan proses input dan output dari sebuah kinerja komputer.

 

Cara Kerja CPU Komputer

cara kerja komputer

Pertama. Alur kerja sebuah CPU dimulai ketika sebuah data atau instruksi masuk.

  • Apabila berbentuk instruksi maka disimpan sementara oleh Control Unit di Program-Storage.
  • Tetapi jika berbentuk data maka akan disimpan sementara di Working-Storage.

Kedua. Control Unit bertugas mengambil instruksi dari Program-Storage, lalu:

  • Tugas ini akan otomatis terlaksana ketika register telah siap melakukan eksekusi.
  • instruksi akan ditampung di Intruction Register.
  • Sedangkan jika alamat memori yang berisikan instruksi ditampung dalam Program Counter.

Ketiga. Jika instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan instruksi tertentu. Hasil dari proses tadi akan ditampung di Akumulator.

Keempat. Apabila hasil pengolahan instruksi sudah selesai, maka:

  • Control Unit mengambil hasil pengolahan di Akumulator untuk disimpan kembali dalam Working-Storage.
  • Jika pengerjaan keseluruhan selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-Storage kemudian ditampung ke Output-Storage.

Terakhir hasil pengolahan akan ditampilkan ke Output-Devices.

 

Komponen CPU Komputer

komponen cpu komputer
gambar: pixabay.com

Sebuah CPU memiliki prosesor atau chip yang tertanam di dalamnya, chip ini berfungsi untuk memproses kalkulasi komputer nantinya. Ada juga komponen lain yang namanya microprocessor dalam sebuah CPU.

Setiap CPU komputer umumnya memiliki beberapa komponen, seperti ALU, Register dan unit kontrol. Masing-masing dari komponen ini juga memiliki peranan tersendiri. Berikut juga akan kita coba bahas sedikit tentang fungsi dari masing-masing komponennya

Berikut ini adalah beberapa komponen utama dari sebuah CPU komputer yang perlu anda ketahui.

1. Control Unit / Unit Kontrol

Control unit merupakan komponen utama dari sebuah prosesor atau CPU komputer.

Fungsinya adalah mengatur jalannya sebuah program, mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis dari instruksi tersebut.

Hasil olahan kemudian akan dibawa lagi ke memori utama untuk kemudian disimpan hingga data siap untuk ditampilkan pada output.

2. Register

Register merupakan alat penyimpanan berukuran kecil dengan kecepatan akses yang cukup tinggi, register berfungsi sebagai penyimpan data atau instruksi yang sedang diproses dalam CPU.

Memori dari register bersifat tidak permanen, bisa dikatakan sebagai memori sementara. Register banyak digunakan untuk menyimpan data yang sedang diolah ataupun data yang nantinya akan diolah.

3. Aritmathic Logic Unit / ALU

Aritmathic Logic Unit atau ALU adalah salah satu bagian dari CPU komputer yang juga banyak dikenal dengan istilah “bahasa mesin”, karena ALU terdiri atas 2 unsur penting yaitu aritmatic dan logic.

ALU bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi dari program. Operasi aritmatika sendiri dilakukan dengan dasar penjumlahan dan sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

 

Struktur CPU Komputer

struktur komputer
gambar: pixabay.com

Pada umumnya struktur dari sebuah CPU adalah Control Unit, Register, hingga Aritmathic logic unit (ALU). Dikarenakan perkembangan teknologi yang pesat, sebuah CPU bisa memiliki lebih dari 1 prosesor atau lebih dikenal dengan nama core.

Sering sekali kita dengar prosesor dual core, hexa core, octa core dan seterusnya padahal belum tentu tahu artinya apa, fungsi CPU dalam melakukan di antaranya adalah:

1. Fungsi Fetching

Fetching adalah istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan bisa diartikan sebagai proses pengambilan atau memanggil data.

Data disimpan dalam storage dengan alamat tertentu, dalam proses pengolahan ataupun transfer data, CPU berfungsi untuk memanggil data tersebut.

2. Fungsi Decoding

Ketika sebuah program akan atau sedang dijalankan, haruslah sesuai dengan kode instruksi. Nantinya, kode ini akan diterjemahkan agar CPU bisa mengenalinya, kode instruksi ini lebih mudah dikenali dengan istilah Binary / Biner

Bisa dikatakan bahwa decoding adalah proses penerjemahan sebuah program dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh CPU.

Semua proses input maupun output haruslah melalui tahap decoding dahulu untuk kemudian bisa dieksekusi oleh CPU sehingga bisa bekerja dengan baik.

3. Executing

Ketika sebuah program berjalan ataupun sedang berproses, CPU akan mengeksekusi program tersebut untuk bisa menghasilkan output.

CPU akan melakukan eksekusi berupa kalkulasi ataupun perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut sebagai Arithmetical Logical Unit.

Komponen ini bertanggung jawab dalam prose perhitungan matematikan maupun logika dalam sebuah perangkat komputer.

4. Storing

Storing adalah fungsi untuk melakukan penyimpanan data. Misal, ketika seorang menggunakan komputer, ia pasti membutuhkan media untuk menyimpan data yang diolahnya baik secara sementara ataupun permanen.

Data yang disimpan dengan sifat sementara dan dibutuhkan cepat akan disimpan di RAM, sedangkan yang permanen disimpan di harddisk atau hdd.

Fungsi ini juga yang dikenal sebagai fungsi CPU sebagai storing atau media penyimpanan data / informasi dalam sebuah perangkat komputer.

Untuk menjalankan semua fungsi tersebut CPU juga mengandalkan perangkat lain yang ada didalamnya sebagai penunjang seperti

  • Hard Disk
  • Motherboard.
  • RAM.
  • Floppy Drive.
  • Sound Card.
  • USB Port.
  • VGA Card, dll.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian CPU, komponen dan fungsinya. Semoga bisa dijadikan referensi yang membantu tugas ataupun penelitian kalian.

Avatar for Nurus Syarifatul
Nurus Syarifatul 'Aini Calon penulis yang jatuh hati pada instrumen piano dan kertas klasik

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *