Pengertian CorelDraw

Coreldraw, sebuah editor grafik vektor yang dibuat oleh perusahaan Corel untuk kebutuhan desain grafis untuk membuat visualisasi berbagai industri.

Apa itu CorelDraw? Kenapa sangat populer? Untuk seorang desain grafis, memahami pengertian dan kemampuan untuk mengoperasikan CorelDraw adalah hal yang mutlak.

Bukan hanya berlaku sebagai salah satu aplikasi “sakti” yang bisa melakukan hampir semua tugas desain, CorelDraw adalah aplikasi yang digunakan secara profesional oleh banyak perusahaan.

Sampai saat ini, Corel, perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada, masih selalu memperbaharui aplikasi CorelDraw untuk menunjang kebutuhan desain grafis profesional di seluruh dunia.

 


Sejarah Singkat CorelDraw

sejarah singkat coreldraw
via:peddle-art.com

Perjalanan CorelDraw dimulai pada tanggal 1 Januari 1989. 30 tahun kemudian, CorelDraw adalah salah satu aplikasi editor gambar yang digunakan banyak industri, terutama Periklanan, desain visual, bahkan kebutuhan film.

Cowpland Research Laboratory adalah perusahaan yang didirikan oleh Michael Cowpland, seorang pria yang lahir di Sussex, Inggris, dan pindah ke Kanada untuk mengejar gelar Ph.D.

Beliau adalah seorang engineer sekaligus pebisnis yang mendirikan perusahaan ini.

Cowpland Research Laboratory sangat asing di telinga orang awam, namun, kalau menyebutnya dengan “Corel”, banyak orang akan paham betul bahwa inilah perusahaan populer dengan perangkat lunak yang mendunia.

Dimulai pada tahun 1985, Corel Corporation berdiri dan memulai riset untuk membuat sebuah perangkat lunak. Riset ini selesai pada tahun 1987.

Di tahun yang sama, Michael Cowpland mulai merekrut beberapa Programmer untuk membuat sebuah software desain grafis.

Dibuat melalui program Desktop Publishing Corel miliknya, tercipta lah sebuah software yang sejak versi pertamanya, sudah mengguncang dunia.

Tahun 1989, aplikasi CorelDraw resmi diluncurkan oleh Corel Corporation. Awal peluncuran-nya, CorelDraw hanya bisa dijalankan oleh sistem operasi Windows 2.1.

 

Fungsi CorelDraw

fungsi coreldraw

Semenjak awal peluncuran nya (versi pertama sampai ketiga), CorelDraw menunjukkan berbagai macam potensial untuk menjadi software desain grafis yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan editing gambar.

Dengan kemampuan untuk mengubah objek, mengedit vektor dan bitmap, serta fleksibilitas untuk menambah estetika visualisasi.

CorelDraw terus melakukan pembaharuan dari tahun ke tahun dengan fungsi yang terus bertambah.

Seperti pada CorelDraw X4 (versi 14) yang diluncurkan pada 22 Januari 2008. Saat itu, CorelDraw mulai menambahkan fitur di mana kita bisa mengupload foto dari kamera langsung (RAW Camera Photo).

Membuat logo / simbol

Banyak profesional yang membuat logo perusahaan dengan menggunakan aplikasi CorelDraw saja.

Dengan banyaknya fungsi yang tersedia, membuat logo dan simbol dua bahkan tiga dimensi sangat memungkinkan hanya dengan menjalankan CorelDraw.

Kalau kita melihat logo perusahaan-perusahaan raksasa seperti Nike, Adidas, bahkan Tesla, logo tersebut bisa dibuat menggunakan CorelDraw, lho.

Membuat Undangan / Brosur

CorelDraw sangat mengoptimasi kebutuhan untuk desain gambar ataupun jenis visualisasi lainnya untuk kebutuhan cetak.

Dengan ketersediaan alat seperti font yang sudah ada, kita akan sangat dimudahkan untuk menggunakan satu aplikasi untuk kebutuhan mencetak undangan, brosur, dan lainnya.

Membuat sampul buku

Mulai dari sampul buku dua dimensi sampai sampul buku yang timbul (tiga dimensi) dapat kita buat menggunakan CorelDraw.

Bagaimana mungkin? Dengan adanya fitur mengedit vector, bitmap, dan JPEG, kita tidak terbatasi dengan jenis file apapun.

Bahkan, kita dapat mengimpor file dari software desain grafis lainnya ke CorelDraw.

Membuat ilustrasi

Ingin membuat ilustrasi abstrak? Dengan kemampuan membuat berbagai macam garis, sudut, dan lengkungan, CorelDraw memungkinkan kita untuk membuat berbagai jenis ilustrasi tanpa kesulitan apapun.

CorelDraw menyediakan lebih dari 60 alat yang siap kita gunakan untuk kebutuhan visualisasi apa saja.

Fungsi CorelDraw sangat luas, bahkan, empat yang penulis bahas di atas hanyalah permukaan saja, kalau kita menjelajah fungsinya secara luas, kita bisa takjub dengan dinamisme CorelDraw yang luar biasa.

Dari sini, terlihat juga bahwa pengertian CorelDraw yang dari awal merupakan software desain grafis biasa, mulai menjelma menjadi sebuah software yang potensinya dimaksimalkan, apalagi di dunia komputer.

 

Manfaat CorelDraw

kelebihan coreldraw
via:amazon.com

Dengan fleksibilitas dan penggunaannya yang sangat dinamis, banyak sekali manfaat CorelDraw.

Salah satu manfaat yang paling terasa saat menggunakan CorelDraw adalah kemudahannya untuk berinteraksi antara teks dan gambar.

Dengan kemudahan ini, tentunya sangat menghemat waktu dan memudahkan proses editing gambar apapun.

Untuk seorang profesional, bila sudah menguasai program CorelDraw dengan baik dan luwes, tentunya akan sangat membantu karirnya dalam dunia desain grafis.

Bahkan, kalau kita menguasai CorelDraw, kita tidak harus bekerja di perusahaan tertentu, kita bisa menjadi seorang freelancer desain grafis dengan penghasilan melebihi seorang karyawan kantoran.

 

Layaknya sebuah software pada umumnya, CorelDraw juga memiliki kelebihan dan kekurangan ketika dioperasikan.

Kelebihan CorelDraw

  1. Hasil gambar vektor punya kualitas yang sangat baik ketika dicetak.
  2. Sangat terintegrasi dengan software editing lainnya, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan AutoCAD.
  3. Pengoperasian sangat mudah dan gampang dipelajari asalkan konsisten.
  4. Tool dan fungsi sangat banyak untuk kebutuhan grafik (bahkan, terbilang sangat lengkap).
  5. Salah satu software yang bisa menunjang karir profesional di bidang desain grafis semua industri.
  6. Diterima di dunia profesional.

Dari kelebihan di atas, terlihat bahwa superioritas memang sangat terasa dan dapat kita langsung rasakan kalau menggunakannya dan menjadi ahli (bisa menjadi pekerjaan utama kita).

Kekurangan CorelDraw

  1. Memori yang dibutuhkan untuk menjalankan CorelDraw cukup besar.
  2. Hasil akhir file besar dan memakan tempat (memori).
  3. Ketika menggabungkan vektor dan foto, kualitas cetakan akan menurun.
  4. Sulit untuk membuat tabel.
  5. Kurang luwes untuk mengedit foto.
  6. Pada versi lama, masalah kompatibilitas dapat kita temukan.

Seperti yang kita lihat, kekurangan CorelDraw kebanyakan berada di sisi teknis.

Dengan kata lain, hal ini bisa kita akali dengan beberapa tweak yang bisa kita lakukan.

 

Kesimpulan

Dari artikel ini, semoga kita dapat memahami pengertian CorelDraw dan mengamati proses awal berdiri sampai fungsi dan manfaatnya dalam dunia desain grafis.

Tujuannya, tentu saja bila ada yang bertanya seputar pengertian aplikasi CorelDraw ini, kita dapat menjawabnya dengan berurutan tanpa kesulitan.

Tidak hanya itu, yang tidak kalah penting kita mungkin juga berencana mendalami cara pakai CorelDraw untuk belajar desain.


komputertips.com

Baca juga:

Latest posts by Nugroho (see all)

Leave a Comment