Pengertian CGI

cgi adalah

Apa itu CGI? apakah pengertian CGI sama seperti animasi-animasi lainnya? Apakah sebenarnya kita memang membutuhkan teknologi semacam ini, dan kenapa CGI harus diciptakan? Apa saja yang bisa dilakukan CGI?

Tidak hanya membuat komunikasi jauh lebih mudah, teknologi juga memberikan hal yang luar biasa dalam dunia grafis. Inovasi antara dunia teknologi dan Perfilman pasti terbantu dengan adanya CGI.

 

Pengertian CGI Singkat

CGI adalah sebuah teknologi modern yang diterapkan dalam dunia komputer khususnya grafis, yang mengedepankan teknologi 3D atau lebih tinggi. CGI  biasanya dimanfaatkan dalam film atau jenis media video seperti simulator.

Sama seperti CGI film, CGI merupakan singkatan dari Computer Generated Imager. Sebuah teknologi modern yang seakan memanipulasi gambar/video sehingga tampak lebih nyata dan bagus.

 

Cara Kerja CGI

cara kerja cgi
gambar: Piro4D | Pixabay

Berdasarkan pengertian CGI itu sendiri, maka bisa dikatakan bahwa cara kerja CGI mirip dengan teknik animasi tradisional.

  • Langkah pertama saat membuat animasi CGI adalah membuat skrip adegan (scene), semacam daftar tertulis dari semua latar belakang, karakter, dialog, dan pose yang akan digunakan dalam sebuah adegan
  • Langkah selanjutnya dalam CGI Animation adalah fase Storyboard, sebuah adegan dibuat dalam beberapa gambar 2D, menunjukkan gambaran kasar (RAW) tentang lingkungan, karakter, dan sudut kamera yang nanti kita lihat setelah proses selesai.
  • Langkah ketiga animasi CGI adalah langkah Layout. Di sini, karakter dan latar belakang adegan ditampilkan dalam tampilan 3D. Si Animator menggunakan komputer untuk membangun model dasar dari setiap karakter 3D dalam adegan.
  • Langkah selanjutnya adalah langkah Animasi. Model karakter dasar sekarang ditutup dan dipindahkan ke gerakan final mereka. Segala sesuatu dari gerakan mulut hingga langkah kaki diciptakan pada tahap ini.
  • Setelah selesai, sekarang saatnya ke langkah Final. Di sini, bagian-bagian CGI yang lebih rumit, seperti rambut, pencahayaan, dan tekstur, ditempatkan pada animasi.
  • Proses final juga masih termasuk dalam pencahayaan di setiap adegan yang membuatnya lebih realistis. Bayangan untuk setiap karakter dan objek dalam adegan juga harus diperhatikan secara detail.

Dalam pembuatannya, CGI biasanya menggunakan software tertentu. Dibantu dengan memanfaatkan aksi dari aktor dan juga hasil olahan dari gambar para cameraman yang akan diolah kembali oleh animator dengan basis desain grafis.

  • Dalam proses pembuatan watak – watak atau miniatur untuk sebuah animasi 3D belum tentu berjalan dengan mulus.
  • Menggunakan aplikasi editing film, video atau animasi dengan aplikasi CGI bukanlah hal yang mudah.
  • Belum lagi kita juga harus mengikuti poin-poin yang ditentukan dalam film, ada miss sedikit juga bisa bermasalah kedepannya.
  • Dalam proses pembuatannya, aktor akan dibantu oleh desainer untuk menunjukkan lokasi yang tepat dalam proses pembuatan film, hal ini juga memerlukan waktu.
  • Kemudian akan diambil ekspresi sebagai objek peraga peran yang sedang dilakoni.

 

Aplikasi untuk CGI

aplikasi untuk CGI

Mudahnya, Pengertian CGI secara umum adalah teknik editing video yang umumnya digunakan di dunia perfilman dan memaksimalkan hasilnya dengan bantuan aplikasi tertentu

Berikut ini beberapa software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis dengan teknik CGI.

  1. Adobe Illustrator
  2. GNU Image Manipulation Program
  3. Adobe Photoshop
  4. CorelPaint
  5. CorelDraw
  6. AutoCAD

Faktanya, di lapangan hampir setiap industri film memiliki standar software atau aplikasi sendiri untuk melakukan editing. Misalnya dengan menggunakan aplikasi yang  seperti Adobe After Effect, 3D Max, Blender, C4D.

 

Apakah CGI biasa berbeda dengan CGI Animation?

CGI Animation adalah penerapan teknik CGI dalam pembuatan sebuah film animasi ataupun video animasi.

Pembuatan video atau film animasi pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa terlebih dahulu hingga akhirnya setelah melalui proses panjang, gambar tersebut bisa bergerak. Seperti dalam pembuatan animasi gambar atau ilustrasi jaman dahulu.

Perkembangan dunia animasi pada perangkat komputer bisa dikatakan sangat cepat. Apalagi setelah munculnya inovasi pembuatan animasi 3D yang menyerupai bentuk aslinya, atau lebih dari sekadar sketsa.

Cepat atau lambat, semua pekerjaan manusia dalam dunia editing video dan menampilkan manipulasi gambar akan menjadi semakin modern, sudah saatnya kita maju agar lebih dari sekedar “penikmat” saja.

 

CGI Film

apa itu cgi film

CGI di dunia perfilman adalah bentuk output yang dihasilkan dengan bantuan software editing sebagai contoh penerapan teknologi dalam bidang desain grafis, itulah gambaran singkat dari pengertian CGI film.

Di era modern ini, ilmu Computer-Generated Imagery merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perfilman. Hal ini karena proses editing dari film tersebut akan melewati banyak proses hingga akhirnya menjadi lebih baik.

CGI sudah digunakan sejak lama dalam dunia perfilman. Contoh film yang bisa kita lihat penggunaan CGI-nya ada pada film westworld dan future world yang di produksi tahun 1970-an.

Kedua film ini tercatat sebagai film yang pertama kali menerapkan teknik CGI 2 dan 3 dimensi. Sedangkan film dengan durasi utuh (full-length) pertama kali adalah Toy Story tahun 1995.

CGI berperan penting dalam dunia perfilman, namun sayangnya teknologi ini bukanlah teknologi yang murah. Karena menurut eksekutif Sony Picture saja, butuh 400 pekerja visual selama empat tahun untuk membawa film 2D ke ranah bioskop

Jika menerapkan teknologi CGI maka akan terpotong satu tahun artinya sekitar 3 tahun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu film. Poin yang membuat CGI dalam dunia perfilman mahal adalah biaya untuk pekerja visualnya serta lamanya proses produksi yang diperlukan.

 

Hal yang Dibutuhkan

Dalam penerapan CGI dalam dunia perfilman, ada beberapa hal penting yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sebuah proyek. Baik berupa alat fisik maupun berbentuk aplikasi, berikut 4 hal yang dibutuhkan dalam teknologi CGI.

1. Software atau Aplikasi

  • Karena CGI adalah teknologi berbasis grafis dalam sebuah perangkat komputer, maka akan selalu dibutuhkan software. Kegunaan software adalah alat untuk mengolah hasil sketsa ataupun untuk menerapkan ide-ide dalam sebuah projek film.
  • Adapun software tambahan yang digunakan diantaranya seperti Adobe Ilustrastrator, Adobe Photoshop, Corel, Autocad, hingga beberapa aplikasi atau software yang berbasis desain grafis.
  • Setelah projek tersebut diolah dalam desain grafis, maka tinggal dimasukkan dalam teknologi CGI  seperti diolah dengan After Effect, 3D MAX atau aplikasi sejenisnya.

2. Kamera

  • Camera dibutuhkan dalam proses pengambilan gambar atau objek video. Hasil dari shoot kamera ini kemudian akan digunakan sebagai frame dan tentunya hasil yang bagus didapatkan dari kamera yang memiliki resolusi tinggi juga.
  • Kebutuhan kamera dengan spesifikasi yang bagus ini juga menjadi salah satu alasan mengapa biaya produksi film membutuhkan banyak dana.

3. Green Screen

  • Green Screen berguna untuk mengubah sesuatu seperti latar atau lingkungan yang ada dalam frame tersebut.
  • Tentu dengan adanya green screen akan memudahkan proses pengambilan gambar karena bisa dilakukan tanpa mendatangi lokasi aslinya.

4. Lightning atau Pencahayaan

  • Lightning berguna sebagai alat bantu pencahayaan ketika greenscreen kekurangan cahaya atau dibutuhkan cahaya dengan intensitas tertentu.
  • Apabila dalam pengambilan gambar atau video objek dengan green screen yang menerima cukup cahaya, maka lightning tidak digunakan.
  • Lightning akan digunakan ketika cahaya yang diterima oleh green screen kurang, otomatis lightning digunakan sebagai sumber cahaya agar gambar ataupun video lebih bagus.
  • Untuk membuat film dengan teknologi CGI, maka kita harus mengambil shoot-shoot untuk adegan yang diinginkan. Kemudian berikan sentuhan dari software yang ada di komputer agar hasilnya lebih maksimal.

Dalam dunia perfilman untuk menghasilkan tayangan yang epik tergantung dari kemampuan animator dan alat yang mumpuni. Tentu hasil yang kita buat belum tentu sebagus yang ada di film.

 

Pembuatan CGI

CGI adalah salah satu ilmu teknologi yang bisa dilakukan oleh komputer pada media tertentu atau bisa dibilang juga sebagai spesial efek.

Jika CGI dibandingkan dengan teknik animasi tradisional, maka bisa dikatakan adalah dua hal yang serupa. Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat dengan merangkai gambar yang saling bertautan.

Umumnya, gambar yang bergerak disesuaikan dengan ritme 24 fps (frame per second). Dalam hal ini, CGI digunakan untuk visual efek komputer karena efek yang dihasilkan lebih terkontrol apabila dibandingkan dengan proses fisik yang lainnya. Misalkan dalam membangun miniatur untuk keperluan efek gambar.

CGI biasanya digunakan dalam bidang komputer yang berkaitan dengan grafis 3D khususnya dalam pembuatan film, acara televisi, simulator, hingga iklan dan game. Siapa tau kalian salah satunya ya kan?

YOPmail

Egan
41 sec read

MSVCR71.dll

Egan
1 min read

Apa itu Testimoni

Egan
34 sec read

One Reply to “Pengertian CGI”

Leave a Reply

Your email address will not be published.