Pengertian Array

pengertian array

Ketika membahas tentang variabel dan tipe data, ada lagi satu bahasan yang tidak bisa ditinggalkan. Kenapa? Karena sangat berhubungan dan saling berkaitan. Hal itu adalah Array. Apa pengertiannya?

Sederhananya, Array adalah tempat untuk menyimpan data pada program yang kalian jalankan. Dengan kata lain, Array adalah kumpulan variabel dengan tipe data sama dengan pernyataan berupa nama yang sama.

Dari pengertian ini, terlihat betul bahwa Array adalah salah satu konsep penting dalam sebuah pemrograman. Kenapa begitu? Karena fungsinya menyimpan data dan seluruh referensi objek dalam jumlah yang tak terhingga dan ter-indeks.

 

Memahami Array

Kalau kalian melihat pada halaman Wikipedia, kalian tidak akan menemukan kata Array. Kenapa? Karena kalau diserap dalam bahasa Indonesia yang disempurnakan, Larik adalah istilah populer-nya. Walaupun begitu, dalam dunia pemrograman, tetap saja banyak yang menggunakan kata Array dibandingkan Larik.

Coba bayangkan sebuah lemari pakaian besar dan memiliki banyak laci-laci kecil. Laci tersebut ditandai nomor yang berurutan untuk memudahkan pemilik menaruh dan mengambil barang.

Nah, dari analogi di atas, lemari itu bisa dibilang sebagai nama variabel Array. Pakaian adalah tipe data Array. Label (nomor) yang ada di laci adalah indeks Array. Dan isi pada laci adalah elemen Array. Sederhana dan mudah dipahami, bukan?

 

Jenis Array

jenis array

Dengan definisi yang sebelumnya sudah penulis jabarkan, Array kemudian terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain array satu dimensi dan array 2 dimensi. Pengertian masing-masing jenis Array, penjelasannya dan poin penting yang berkaitan bisa kalian baca di bawah ini.

Array 1 Dimensi

Pengertian Array 1 dimensi, Array 1 dimensi adalah kumpulan (sekelompok) data yang memiliki nama variabel dan tipe data yang sama. Karena sama, Array 1 dimensi hanya bisa diakses dengan satu buah indeks. Yuk kita coba praktek sederhana sekaligus menerapkannya.

  • var nama_variable: array[range_index] of tipe_data

Misalkan, coba buat sebuah deklarasi Array yang memiliki nama variabel deret dengan kapasitas 10 dan tipe data integer. Dari sini, terlihat deklarasi variabel untuk contoh di atas adalah:

  • var deret: array[10] of integer

Definisi dari deklarasi di atas adalah: untuk membuat variabel Array dengan nama deret yang bisa menyimpan angka dalam bentuk integer (bilangan bulat) sebesar 10 buah. Ini format untuk menulis atau mengisi elemen Array 1 dimensi:

  • nama_aray[index_array]<- nilai

Praktek sederhananya, kalau kalian ingin mengisi variabel Array dengan nilai 12 di indeks pertama, untuk nama Array deret, penulisan yang bisa diisi adalah sebagai berikut:

  • deret[1]<-12

Bila kalian menulis seperti di atas, maka indeks pertama Array deret akan berisi 12.

Cara Membaca Array 1 Dimensi

Ini format untuk membaca Array 1 dimensi:

  • nama_aray[index_aray]

Sebagai contoh, kalau kalian ingin membaca elemen Array yang ada di indeks ketiga pada Array yang isinya nama deret, penulisannya sebagai berikut:

  • deret[3]

 

Array 2 Dimensi

Pengertian array 2 dimensi, Array 2 dimensi ialah kumpulan (sekelompok) data yang memiliki nama variabel dan tipe data yang sama yang mana elemen-nya bisa diakses dengan 2 buah indeks yang biasa disebut dengan indeks baris dan indeks kolom.

Penggambaran sederhana Array 2 dimensi adalah tabel yang memiliki indeks baris dan kolom. Indeks inilah yang digunakan untuk mengakses elemen Array dalam pemrograman. Mari kita coba praktek dalam langkah yang sederhana.

Ini adalah format deklarasi variabel Array dua dimensi dalam sebuah algoritma:

  • var nama_variable:array[index_baris][index_kolom] of tipe_data

Contoh array 2 dimensi: Deklarasi variabel Array yang punya indeks baris 10 dan index kolom 5 dengan nama data yang memiliki tipe data integer (bilangan bulat):

  • var data:array[10][5] of integer

Cara Membaca Array 2 Dimensi

Kurang lebihnya, praktek membaca variabel Array 2 dimensi sama ketika membaca Array 1 dimensi. Perbedaannya, ketika membaca variabel Array 2 dimensi, kalian wajib melihat indeks baris dan indeks kolom. Semisal, ketika membaca indeks kolom 1 dan baris 2:

  • data[2][1]

Dari Array 1 dimensi dan Array 2 dimensi, kalian dapat melihat bentuk umum Array yang penulis cantumkan di atas.

 

Penerapan Array

Karena fungsinya yang sangat berguna, Array digunakan dalam banyak bahasa pemrograman seperti Bahasa C, Java, dan PHP pada komputer. Nah, pada masing-masing industri, Array berfungsi sebagai salah satu metodologi yang sering kali dipakai. Dengan kata lain, sangat berguna dan wajib kalian pelajari.

Apa itu Array berarti berbeda-beda artinya? Bisa iya, bisa juga tidak. Hanya saja, yang pasti praktek penggunaannya akan berbeda pada masing-masing pemrograman dan mempunyai ciri yang berbeda juga.

Array Pada Bahasa C

contoh array c++

Pada penerapan dan pengertian array c++, praktek penggunaan Array bisa digunakan membuat string (Array of Char). Sesuai dengan definisi-nya, Array adalah data yang memiliki tipe sama.

Nah, jika beberapa huruf dikumpulkan dalam suatu wadah (Array), maka hal tersebut disebut string dalam bahasa C. Setiap nilai Array bisa diakses melalui indeks. Perlu kalian ingat, dalam Array, indeks selalu dimulai dari angka 0.

Contoh Array Bahasa C Sederhana

Contoh array bahasa C yang sederhana berikut ini tentu masih sangat bisa kalian kembangkan lagi. Kurang lebih susunan bahasa pemrogramannya seperti ini. Setelah kalian selesai menulis, coba jalankan program dan pastikan tampilan-nya sesuai.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int nilai[4]={3,5,7,8};
cout<<nilai[0]<<endl;
cout<<nilai[1]<<endl;
cout<<nilai[2]<<endl;
cout<<nilai[3]<<endl;
}

 

Array Pada Java

contoh array java

Array pada Java berfungsi sebagai penampung (container) yang memungkinkan kalian menyimpan data yang bertipe sama. Dalam pemrograman Java, penggunaan Array dapat dibilang sebagai kumpulan dari variabel tipe data yang sama.

Semisal, ada beberapa variabel, seperti: nilai1, nilai2, nilai3, …, nilai10, dari variabel tersebut dapat dideklarasikan ke variabel Array dan menambahkan indeks, seperti: nilai[0], nilai[1], nilai[2], …, nilai[10].

Contoh Array Java Sederhana

Kumpulan variabel yang mempunyai kesamaan tipe data inilah yang disebut Array dalam bahasa pemprograman java. Berikut ini kami cantumkan contoh array untuk membuat kelas matrik.

public class Matriks {
public static void main(String[] args){
int[][] nilai = {{10,12},{11,14}};
for (int i = 0; i < nilai.length; i++) {
for (int j = 0; j < nilai[i].length; j++) {
System.out.print(nilai[i][j]+"\t");
}
System.out.println();
}
}
}

 

Array pada PHP

contoh array php

Pada PHP, Array dapat dideklarasikan dengan 2 cara: menggunakan fungsi Array () dan menggunakan kurung siku []. Pada PHP, kalian tidak dibatasi mengisi Array dengan data, kalian dapat mencampurnya dengan apa saja.

Contoh Array PHP Sederhana

<?php
echo "<b>Menampilkan nilai variabel Looping</b>";
for ($i=1; $i <= 10; $i++) {
echo "<br/> nilai variabel \$i sekarang : ".$i;
}
?>

 

Kesimpulan

Dari artikel ini, penulis sangat berharap kalian dapat mengerti betul apa itu Array dengan beberapa penjabaran dan pengertian Array dari berbagai bahasa pemrograman yang berbeda. Di artikel ini, fokus penulis memang tidak membahas contoh Array dan prakteknya.

Artikel ini lebih fokus pada pengertian agar kalian mengerti betul informasi mendasar tentang Array dan konsepnya dengan matang. Untuk contoh array pada setiap bahasa pemrograman bisa kalian coba praktekan dan lihat hasilnya.

 

Bacaan tambahan:

  • ^ Contoh Program Array C Sederhana
  • ^ Array 1 Dimensi dan Pengertian Array Multidimensi

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *