Pengertian Aplikasi

pengertian aplikasi

Apa itu Aplikasi? aplikasi adalah sebuah program berbentuk perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Selain pengertian tersebut, juga banyak pengertian aplikasi menurut para ahli.

Namun, pengertian aplikasi secara umum merupakan perangkat lunak yang digunakan pada sebuah sistem operasi dan bertujuan untuk memudahkan pekerjaan pengguna. Aplikasi berjalan pada sebuah sistem operasi, seperti Windows, Linux, Android, dan lain-lain.

 

Jenis dan Contoh Aplikasi

Ada banyak jenis dan contoh aplikasi yang sudah dikembangkan. Beberapa aplikasi biasanya digabung menjadi suatu paket aplikasi yang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite).

Contoh dari paket aplikasi ini seperti Microsoft Office, Open Office yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.

Paket aplikasi tersebut terdiri atas beberapa aplikasi yang biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga pengguna akan dengan mudah mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Aplikasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelas. Berikut merupakan pengklasifikasian aplikasi beserta penjelasannya.

Perangkat Lunak Perusahaan (Enterprise)

Perangkat lunak perusahaan (Enterprise software) merupakan aplikasi yang digunakan perusahaan untuk melakukan pengorganisasian kegiatan perusahaan.

 

Perangkat Lunak Insfrastruktur Perusahaan (Enterprise insfrastructure software)

Aplikasi ini dibuat untuk menyediakan kemampuan-kemampuan umum yang dibutuhkan untuk membantu perangkat lunak perusahaan.

  • Contohnya seperti perangkat lunak alir kerja bisnis, sistem manajemen basis data, manajemen asset digital, dan manajemen dokumen.

 

Perangkat Lunak Informasi Kerja (Information Worker Software)

Perangkat lunak yang digunakan sebagai informasi kerja ini umumnya dipakai untuk menunjukan kebutuah pengguna meliputi pembuatan hingga pengolahan sebuah informasi.

  • Contohnya seperti perangkat lunak analitik, perangkat lunak kolaborasi, dokumentasi, manajemen data, manajemen waktu dan sumber daya.

 

Perangkat Lunak Media dan Hiburan (Content Acces Software)

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses sebuah konten tanpa editing, namun juga bisa termasuk software yang memungkinkan untuk mengedit konten. Software – software yang digunakan untuk konsumsi hiburan atau publikasi konten digital termasuk dalam kategori ini.

  • Contohnya seperti Media Players, Web Browser, Help Browser, dan Games.

 

Perangkat Lunak Pendidikan (Educational software)

Aplikasi ini hampir sama dengan perangkat lunak media dan hiburan, hanya saja konten yang ditampilkan berbeda. Pada perangkat lunak ini akan lebih disajikan konten-konten yang mengandung unsur pendidikan, sehingga lebih sering digunakan sebagai media belajar bagi pelajar atau pendidik.

  • Contohnya aplikasi manajemen ruang kelas, manajemen survei, manajemen pelatihan.

 

Perangkat Lunak Pengembangan Media (Media Development Software)

Perangkat lunak pengembangan media adalah aplikasi yang digunakan untuk menunjukkan kebutuhan pengguna untuk menghasilkan media cetak atau elektronik. umumnya jenis ini dimanfaatkan pada bidang komersial atau pendidikan.

  • Contohnya adalah Graphic art software, Desktop publishing software, HTML editor, pengolah digital audio dan video, dan masih banyak lagi.

 

Perangkat Lunak Pengembangan Produk (Product Engineering Software)

Perangkat lunak pengembangan produk adalah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dan rekayasa produk hardware dan software.

  • Contohnya adalah Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Engineering (CAE), Computer Language Editing and Compiling Tools, dan Application Programmer Interfaces.

 

Fungsi Aplikasi

 

Pada dasarnya, pembuatan aplikasi ditujukan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ada berbagai bidang yang hampir seluruh pekerjaan dipermudah oleh adanya aplikasi. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui apa saja fungsi-fungsi aplikasi pada berbagai bidang kehidupan.

fungsi aplikasi

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, fungsi aplikasi dapat dijadikan media untuk mempermudah dalam melakukan pengajaran oleh guru atau pembelajaran oleh pelajar.

Misal, aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi oleh guru agar situasi ruang belajar menjadi lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Office Power Point. Saat ini, sudah banyak dikembangkan aplikasi sebagai media belajar bagi para siswa.

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Kedokteran

Beberapa aplikasi telah dikembangkan di bidang kedokteran, seperti aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit, perawatan rutin, bahkan mencampur obat-obatan.

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Bisnis

Seiring berkembangnya zaman transaksi bisnis tidak hanya dilakukan di kehidupan nyata, melainkan juga di dunia maya. Hal tersebut juga terfasilitasi dengan adanya aplikasi e-commerce yang marak di kalangan masyarakat.

Dengan menggunakan aplikasi, penjual tidak harus bertemu dengan pembeli. Begitupun sebaliknya, pembeli cukup dengan ponsel pintar (smartphone) mereka sudah dapat memesan produk yang diinginkan.

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Sains

Dengan aplikasi ini akan membantu kalian untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan pengetahuan. Contoh aplikasinya adalah Insect Order, yang dapat memberikan informasi tentang segala jenis serangga yang ada di bumi.

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Militer

Sudah banyak aplikasi yang dikembangkan di bidang pertahanan. Hal ini tentu untuk memudahkan dalam berkomunikasi jarak jauh. Misalnya, untuk mengendalikan pesawat tidak lagi dilakukan secara manual tetapi menggunakan aplikasi.

Fungsi Aplikasi dalam Bidang Transportasi

Aplikasi di bidang transportasi memudahkan pengguna untuk menemukan jasa antar dengan mudah dan cepat. Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang dikembangkan di bidang transportasi. Beberapa aplikasi tersebut seperti aplikasi ojek online dan taksi online.

Selain memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan, dengan aplikasi ini masyarakat dapat memperoleh pekerjaan sampingan sebagai tukang ojek online. Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

 

Sejarah Singkat Aplikasi

Pengertian aplikasi pada umumnya menyangkut tentang upaya-upaya untuk memudahkan pekerjaan manusia. Kemudian mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan berakhir pada kemajuan teknologi yang digunakan pada saat ini. Pengembangan aplikasi pun tak terlepas dari permasalahan-permasalahan yang kian bertambah seiring dengan berkembangnya era.

Perkembangan aplikasi sudah melalui perjalanan panjang, dimana sebelum aplikasi komputer dapat berjalan secanggih sekarang ini. semua perangkat lunak selalu bergantung pada aljabar Boolan. Aljabar ini menggunakan kode digit biner (bit) yang terdiri dari dua angka, yaitu 1 (true/ on) dan 0 (false/ off).

 

Perkembangan Aplikasi

Kompleksitas menggunakan kode digit biner ini membuat orang pada saat itu mulai membuat kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 bit), dan double word (32 bit). Adanya kelompok-kelompok bit ini cukup membantu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan dalam perangkat lunak komputer.

Seiring berkembangnya era, para programmer mulai menyusun kode ke berbagai struktur instruksional seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, hingga muncul kode baru yang dikenal dengan nama assembler. Kode ini nantinya akan menjadi pelopor berbagai macam aplikasi yang dapat membantu pekerjaan manusia.

 

Apa Itu Aplikasi Mobile?

Saat ini sudah banyak aplikasi yang dikembangkan untuk dioperasikan di smartphone atau disebut sebagai  aplikasi mobile. Pengertian aplikasi mobile merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk berjalan pada piranti bergerak seperti ponsel/tablet. Aplikasi mobile dapat diperoleh melalui Play store dari berbagai platform sistem informasi.

Aplikasi mobile biasanya dijalankan di OS Android, karena sebagian besar sistem operasi pada ponsel menggunakan sistem operasi tersebut. Aplikasi mobile ini berbasis android, jadi tidak heran jika beberapa orang juga menyebut sebagai aplikasi android.

Demikian sudah penjelasan yang kami paparkan mengenai pengertian aplikasi, dengan membaca penjelasan di atas, semoga dapat menambah wawasan kalian tentang aplikasi. Tidak berhenti sampai titik mengerti atau memahami saja, kalian juga bisa memperluas ide untuk menciptakan atau mengembangkan sebuah aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *