OS Android Untuk PC

Selain menggunakan emulator, ternyata di luar sana ada juga OS android untuk PC yang bisa kita install.

Ada banyak cara untuk menjalankan Android di PC, termasuk menggunakan emulator seperti Genymotion dan aplikasi BlueStacks.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari kebutuhan kalian.

 


6 OS Android Untuk PC

1. Android-x86

1. android x86

Official Android-x86

Proyek OS Android-x86 menawarkan kompatibilitas ISO mendukung baik untuk sistem komputer 64-bit ataupun 32-bit.

Note: Jika kalian ingin menggunakan OS Android di perangkat PC “jadul” sangat disarankan untuk menggunakan versi 32-bit.

Saat artikel ini dibuat, sistem operasi yang digunakan OS ini adalah Android 8.1.0 Oreo MR1 release (8.1.0_r33).

Salah satu kelebihannya adalah, kalian bisa menggunakannya dengan cara dijadikan bootable.

 

2. Bliss OS

2. bliss os

Official BlissOS

Bliss OS adalah OS yang digunakan untuk perangkat berbasis x86 seperti desktop, laptop, tablet, dan banyak lagi. OS ini juga mendukung BIOS / CSM dan UEFI boot.

Sistem operasi Android Bliss OS dikembangkan oleh tim dari berbagai pengembang seperti Chainfire, CM / LineageOS, Android-x86, Jide, dan lainnya.

Untuk memberikan kesan seperti desktop, para developer juga telah mengintegrasikan Taskbar seperti pada OS lainnya.

Khusus gamer, BlissOS juga sudah memiliki Octopus. Octopus adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol dengan menggunakan gamepad, mouse dan juga keyboard.

 

3. Phoenix OS

3. phoenix os

Official Phoenix OS

Phoenix OS adalah salah satu sistem operasi berbasis Android-PC terbaik yang dikenal dengan interfacenya yang friendly terutama pengguna Windows 10.

OS ini mendukung penggunaan keyboard & mouse dengan cara yang sama seperti yang kita gunakan pada Windows, MacOs, atau Linux.

Kita juga bisa memainkan game-game seperti PUBG, Mobile Legend, Asphalt, Fortnite langsung di PC dengan keyboard dan mouse sebagai alat kontrolnya.

 

4. OpenThos

4. openthos

OpenThos – Mirror

OpenThos adalah sistem operasi berbasis Android yang mirip dengan Android X86 lengkap, tetapi dengan aplikasi dan fungsi tambahan.

OpenThos merupakan pengembangan dari open source (Foss) Android yang bernama Android-X86.

Tapi, meskipun berbasis dari sistem android yang sama, tampilan dan interface yang diberikan terkesan berbeda.

OpenThos terlihat profesional dengan interface yang lebih mirip Windows 10 seperti adanya Taskbar, ikon My Computer dan Notification Panel sisi kanan.

 

5. Prime OS

5. prime os

Official PrimeOS

Prime OS adalah OS berbasis Android yang bisa digunakan untuk Laptop / PC. OS ini juga juga proyek pengembangan dari open-source Android x86.

OS android untuk PC ini juga mendukung seluruh fitur aplikasi Android termasuk fitur multi-window.

PrimeOS juga dilengkapi dengan key mapping tool yang membantu kita untuk mengatur kontrol game Android ke keyboard / mouse untuk bermain game.

 

6. Remix OS

6. remix os

Remix OS – Archive

Note: RemixOS tidak dilanjutkan dan tidak mendapatkan update lagi, tapi kita masih bisa mendapatkan OS ini dari Archive.

OS ini tersedia untuk komputer dengan struktural x86 dan ARM. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi android di PC mereka dengan berbasis Intel yang kompatibel.

RemixOS merupakan pengembangan Android-x86 dan bisa kita dapatkan secara gratis. OS ini mendukung sistem 32-bit & 64-bit, serta UEFI boot.


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment