Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

OEM

oem

Sebagian besar hardware atau komponen komputer yang kita gunakan sekarang juga bisa kita temukan tulisan OEM. Cirinya Produk ini memiliki harga lebih murah dibandingkan harga normalnya.

Apa itu OEM? Original Equipment Manufacturer (dari kepanjangan OEM), adalah perusahaan yang memproduksi spare parts dan peralatan lain yang dapat dipasarkan oleh produsen lain.

Misalnya perusahaan Foxconn, yang melakukan kontrak dan memproduksi berbagai suku cadang dan peralatan lain untuk perusahaan besar seperti Apple Inc., Google, Huawei, Dell, dll. Foxconn adalah salah satu perusahaan OEM besar di dunia.

 

Hardware OEM

barang oem
gambar: pixabay

pHardware yang sifatnya OEM seharusnya memiliki kemampuan dan kinerja yang sama dengan Mitra perusahaannya (Retail asli). Entah itu HDD, PCI, ataupun komponen lainnya, kualitas yang ditawarkan tetaplah sama.

Salah satu contoh barangnya adalah processor yang kita beli, tapi tidak dengan FAN (kipas) nya. Atau mungkin, HDD yang biasanya tidak dilengkapi dengan kabel / adaptor, atau bisa  juga VGA yang kekurangan kabel.

Jika dibandingkan barang Retail, garansi yang ditawarkan juga biasanya berbeda, selain itu barang yang kita beli biasanya tidak dibantu dengan support (di Indonesia mungkin jarang yang membutuhkan ini).

 

Software OEM

pengertian oem
gambar: pixabay

Ada banyak software jenis ini yang bisa kita temukan di mana-mana, contohya? Windows. Windows adalah salah satu perangkat lunak yang sering diambil orang untuk dimanfaatkan. Selain Windows, masih banyak software yang bisa dijadikan contoh.

Biasanya, ketika kita membeli jenis software ini hanya diberikan license key tanpa dokumen dokumen lain. Ciri yang lainnya adalah kalian hanya bisa menginstall-nya di 1 perangkat. Kekurangannya yang paling fatal adalah tidak adanya fitur support.

Kebanyakan software yang dibuat (bukan retail) memang harganya lebih miring, tapi tak semuanya nyaman untuk digunakan. Tapi tak semua aplikasi dari OEM negatif, jadi jangan langsung takut.

 

Kualitas Barang OEM

Sebenarnya, kata-kata ini bukanlah ditujukan kepada siapa yang menjual produk, tapi lebih menitik beratkan ke untuk siapa produk ini dijual. Penjual barang yang biasanya mencari untung, terutama online shop, sering kali menggunakan barang ini.

OEM bukanlah barang KW atau BM atau pun bajakan atau istilah lain yang kalian dengar. Itulah sebabnya barang jenis ini dibungkus dengan kotak atau kardus biasa, bukan box asli yang biasa kita lihat di toko-toko.

Berbeda kasusnya dengan penjual online dan pembeli online. Biasanya kita (sebagai pembeli online) ga perduli dengan bungkusan, selama barang bagus dan kualitas terjamin, ditambah garansi yang bisa dibantu otomatis online store lebih suka untuk stock produk ini

Sudah jadi rahasia umumnya juga kalau orang suka mencari barang yang paling murah. Para pengecer ini pintar dan kita semua tau di luar sana banyak orang yang ingin menjual barang serendah mungkin tapi tetap untung.

Tenang aja karena sifat barang original equipment manufacturer yang kita beli legal. Tapi ingat ya, ada beberapa ketentuan dan indikator yang tetap harus kita perhatikan.

 

Apakah Worth?

Membeli barang OEM tentunya aman dan sangat legal dan bisa menghemat budget kalian. Tetapi, ketika barangnya bermasalah akan sulit untuk mencari jalan keluar. Sebelum kalian membeli, tanyakan dulu hal penting ini.

Mungkin memang jarang ditemukan, tapi terkadang barang OEM bisa lebih mahal dibanding barang retail.

Manfaat utama yang kita dapatkan dari produk-produk OEM adalah menghemat budget. Dari segi ekonomi, produk OEM secara signifikan mengurangi biaya produksi. Skarang udah paham dong arti OEM itu apa?

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *