Mengapa Komputer Terus Berkembang

mengapa komputer terus berkembang

Jika kalian seorang pelajar, pasti pas pelajaran TIK ada pertanyaan mengapa komputer terus berkembang, terus apa dampaknya plus apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan, ya kan? sebenarnya ini lebih ke pertanyaan logika.

Komputer yang terus di-upgrade membuat perhitungan dan pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu komputer semakin efisien dan akurat.

 

Kenapa Komputer Terus Berkembang?

dampak perkembangan komputer

Komputer terus berkembang perkembangan ilmu komputasi terutama perhitungan terus maju. Dikarenakan perhitungan semakin kompleks dan luas, tentunya processor yang diperlukan komputer harus terus di-upgrade. Ilustrasinya sederhana:

  • Banyak orang yang mengandalkan komputer untuk menyimpan berbagai data dan informasi di dalamnya.
  • Mereka juga menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan yang tentunya membutuhkan kecepatan dan storage yang memadai.
  • Selain itu perangkat lunak (software) juga membutuhkan kapasitas dan spesifikasi minimum yang terus bertambah.
  • Hardware semakin kecil dan semakin cepat, 1 GB, 2 GB, 3 GB dan seterusnya.
  • Banyak sistem operasi yang membutuhkan spesifikasi minimum PC yang harus memenuhi standar

Selain komputer, ada beberapa benda lain yang juga ikut terus berkembang seperti smartphone yang dulunya bahkan memiliki antena supaya bisa menangkap sinyal. Atau kamera yang sekarang kualitasnya mencapai 4K.

Ada 3 point penting yang menjadi perbedaan yang sangat signifikan dari komputer modern dengan komputer yang dulu, yaitu speed, memory capacity, dan performance.

Jika kita klasifikasikan komputer berdasarkan kapasitasnya makan komputer akan menjadi 5 buah grup, yaitu: super computerlarge computer, medium size, mini computer dan micro computer, semuanya bisa kalian cari di Internet.

 

Komputer Dalam Melakukan Perhitungan

Secara logika, komputer tidak akan pernah menguasai dunia karena seberapa cepat-pun komputer lebih pintar dalam kemampuan memproses dan memperhitungkan data, komputer tidak akan pernah berfikir.

mengapa komputer terus berkembang

Komputer juga tidak akan pernah lelah atau bosan dalam menghitung karena memang ia diciptakan untuk melakukan tugas secara berulang-ulang. Dibandingkan komputer yang dulu, komputer modern jauh lebih unggul, karena:

  • Lebih cepat dan lebih efisien.
  • Limbah yang lebih sedikit (angin buangan, dll).
  • Lebih dingin dan memiliki sensor panas yang baik.
  • Berukuran lebih kecil.
  • Memiliki kapasitas memori yang lebih besar.
  • Kinerja dan yang lebih baik dan akurat.
  • Lebih kenyamanan dan desain nya lebih baik.

Lalu bagaimana dengan AI? Artificial Intelligence tetaplah barisan program yang dibuat untuk membuat kecerdasan buatan. Komputer jauh lebih baik daripada manusia dalam perhitungan karena ia lebih cepat, akurat daripada otak manusia.

 

Apakah Kita Harus Memiliki Komputer

Ya. Jika dilihat dari segi apapun, komputer saat ini seakan menjadi kebutuhan optional yang setidaknya kita miliki. Suatu saat, komputer juga menjadi salah satu alat yang sangat diperlukan, baik itu untuk bekerja, mengerjakan tugas, hiburan, komunikasi, dll..

Jika teman-teman belum memiliki komputer dan ingin memilikinya, admin do’akan semoga keinginannya terwujud dan memiliki komputer yang baik. Tapi jika kalian sudah memilikinya, rawatlah baik-baik dan jangan tergesa-gesa dalam membeli.

Ingat, spesifikasi komputer akan terus berkembang dengan majunya teknologi. Buat apa kalian punya komputer bagus di tahun 2019 tetapi ketinggalan jauh di 2021? belilah secukupnya dan upgrade seperlunya.

Jadi itulah beberapa alasan mengapa komputer terus berkembang dan tidak akan pernah berhenti. Mari mulai menabung untuk membeli perangkat komputer, semoga pertanyaan kalian terjawab ya!.

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

One Reply to “Mengapa Komputer Terus Berkembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *