Manfaat Jaringan Komputer

manfaat jaringan komputer

Internet, merupakan salah satu contoh jaringan yang memiliki banyak sisi positif, manfaat jaringan komputer ini juga masih bisa kita rasakan sampai saat ini.

Jaringan, merupakan sebutan untuk beberapa komputer yang dihubungkan bersama untuk membagikan resource yang dibutuhkan.

Dalam sebuah jaringan, umumnya ada sebuah server yang menyediakan layanan pusatnya, lalu apa saja manfaat jaringan komputer?.

manfaat komputer network

1. Komunikasi & Informasi

Jaringan komputer, terutama web access, memberikan penggunanya akses cara untuk saling berkomunikasi yang sebelumnya tidak mungkin bisa dilakukan.

Baca: Jenis Jenis Jaringan Komputer

Misalnya, fitur instant messaging yang saat ini bisa dikirim dalam waktu sepersekian detik, mulai dari text, gambar, video, atau rekaman lainnya.

Selain itu, sejumlah besar informasi juga bisa didapatkan sebagai referensi yang aktual dan terkini, informasi ini bisa dijadikan bahan referensi.

2. Kenyamanan Resource Sharing

Bagi perusahaan besar yang memerlukan resource dalam jumlah banyak, manfaat jaringan komputer sangat berpengaruh ketika diterapkan.

Karena hal ini merupakan pekerjaan berbasis komputer, pastinya resource yang ingin dibagikan sepenuhnya tinggal dibagikan melalui jaringan dan bisa digunakan client mereka.

3. Sharing Lebih Mudah

Salah satu, manfaat jaringan komputer juga membuat kegiatan file sharing lebih mudah untuk membagikan file mereka.

Manfaat ini sangat membantu para pengguna untuk menyimpan waktu dan tenaga, karena dengan adanya network, file sharing akan lebih efektif.

4. Akses Flexible

Teknologi, membuat segalanya lebih fleksibel dan memberikan kita kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai hal baru.

Misalnya, aplikasi yang tanpa memberikan efek dari segi kinerja komputer. Dan sekarang juga sudah banyak media yang memudahkan pengguna untuk mengakses informasi yang dibagikan di Internet.

5. Biaya Tidak Mahal

Mengimplementasikan sebuah jaringan atau network pada perangkat kita tidak memerlukan biaya pemasangan yang banyak, tetapi untuk perawatannya beda lagi.

Selain itu, software yang digunakan tak perlu diganti terlalu sering, coba sekarang kita buktikan, seberapa sering kalian mengganti firmware perangkat jaringan kalian? kapan terakhir?.

6. Efisiensi Pekerjaan

Dengan adanya jaringan komputer, kita bisa menggunakan banyak produk aplikasi yang tersedia di pasaran dan bisa digunakan untuk berbagai tempat kerja.

Server juga membantu para client-nya untuk menyimpan data atau sebagai media instalasi sistem kitam contohnya warnet yang menggunakan server untuk media bootingnya.

7. Penyimpanan Terjamin

Karena kita nantinya akan sharing informasi, file dan berbagai resource lainnya yang diambil orang lain dipastikan akan tersimpan secara aman di dalam sistem komputer.

Dengan teknologi ini kalian lebih terasa aman dan mungkin masih memiliki banyak sisa space, karena file tersebut tersimpan di sistem jaringan bukan di komputer pribadi.

Dan, apabila suatu saat kita mengalami masalah, file backup yang tersimpan di file server bisa kita kembalikan kapanpun, tapi beda cerita jika servernya yang bermasalah.

Manfaat jaringan komputer sangatlah penting, terutama jika kalian menjalankan sistem bisnis yang harus mengembangkan organisasi mereka.

Baca: Komputer dan Jaringan Dasar

Itulah kenapa sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi antar pihak yang terlibat.

Jaringan atau Network yang terbaik, pasti diawali dengan planning yang matak dan action yang pasti, tanpa 2 hal ini mungkin akan sulit untuk diteruskan.

External Link: 14 Main Advantages and Disadvantages of Computer Networking

DNSCrypt

Egan
1 min read

YouTube HTML5

Egan
1 min read

DNS Telkom

Egan
48 sec read

2 Replies to “Manfaat Jaringan Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published.