Kabel UTP

Kabel UTP

Anak TKJ dan anak kuliah jurusan IT, pasti tak akan lepas dari yang namanya kabel UTP. Kepanjangan UTP adalah Unshielded Twisted Pair, oke tapi bukan itu yang akan admin bahas di sini, berikut penjelasannya.

Baik jenis Shielded ataupun Unshielded, keduanya memiliki karakteristik dalam menghantarkan listrik yang berbeda, bervariasi dan kemampuannya untuk melindungi sinyal juga berbeda, sesuai dengan lingkungan dan pelindungnya

 

Fungsi Kabel UTP

UTP cable adalah jenis kabel yang masih banyak digunakan dalam industri komputer dan telekomunikasi sebagai kabel Ethernet dan kabel telepon, tapi kenapa harus kabel ini?

Dalam penerapan nya, konduktor akan dibentuk menjadi satu Sirkuit dan sengaja di-pelintir satu sama lainnya untuk menghalangi adanya interferensi elektromagnetik dari sumber eksternal (luar).

Kabel UTP adalah jenis kabel yang tak dilindungi (Unshielded). Unshielded artinya tidak memiliki pelindung tambahan seperti jaring atau aluminium foil, yang bisa menambah muatan yang digunakan untuk melindungi kabel.

Ciri yang mudah kita kenali dari kabel jenis ini adalah ketika ada 2 atau lebih kabel yang dipilin menjadi satu, urutan warna pada kabel ini juga disusun sesuai dengan tujuan penggunaannya.

 

Urutan Kabel UTP

Penggunaan warna kabel ini tergantung dari jenis dan tujuan penggunaannya, ada jenis kabel cross dan kabel straight yang harus diperhatikan sebelum kita membuat/membeli. Tetapi, urutan warna pada umumnya adalah:

PinWarna
1Putih / Orange
2Orange
3Putih / Hijau
4Biru
5Putih / Biru
6Hijau
7Putih / Coklat
8Coklat

Urutan warna di atas adalah untuk kabel jenis straight. Untuk jenis cross, kalian bisa membaca di artikel admin yang lain. Kabel ini sering kita temukan digunakan dalam jaringan lokal (LAN) atau jaringan telefon rumah, karena biayanya yang rendah.

fungsi kabel utp

Perlu diingat bahwa kabel ini tidak memiliki kualitas yang bisa secepat, sebaik dan se-stabil kabel serat optik atau kabel sekelas coax, tapi biaya atau harga kabel UTP jauh lebih murah jika hanya untuk keperluan kerja.

Itulah mengapa beberapa dari kalian yang mungkin belum tau menggunakan kabel ini untuk jaringan Ethernet (jarak pendek sampai menengah) karena biayanya lebih murah dibanding jenis kabel lainnya

Kabel UTP Cat 6

Cat 6 adalah singkatan dari Category 6 yang maksudnya, kabel ini memiliki digunakan untuk meningkatkan kualitas kerja transmisi data berkecepatan tinggi, baik suara atau-pun video. Kabel ini mampu untuk mengoperasikan bandwidth hingga 250 Mhz.

Dibandingkan dengan Cat 5 dan Cat 5e, Cat 6 memiliki spesifikasi yang lebih kuat untuk untuk noise. Lagi, bandwidth yang ditawarkan juga lebih besar jika dibandingkan dengan 100 MHz untuk Cat 5 dan Cat 5e

 

Harga

Berikut daftar harga yang admin riset dari marketplace Tokopedia pada bulan Mei 2019. Update akan dilakukan secara berkala, jadi kalian bisa liat langsung ke toko penjualnya, semoga kalau-pun naik harganya ga terlalu jauh.

NamaHargaPenjual
Kabel Cat 5e 10 MeterRp 22.500Javindo Computer
Kabel Cat 5e 30 MeterRp 60.000Javindo Computer
Kabel Cat 6 Belden 305 MeterRp 1.700.000Oktha Store
Kabel Cat 5e Belden 100 MeterRp 475.000kenzo_lambert
Kabel Cat 5e Belden 305 MeterRp 1.300.000tokonusantaranet
Kabel Cat 6 Belden 100 meterRp. 595.000kenzo_lambert

Sinyal listrik yang dibawa melalui konduktor jenis apa pun dapat menciptakan medan elektromagnetik. Jika dua atau lebih medan elektromagnetik dalam jarak yang berinteraksi satu sama lain, bisa mengakibatkan hilang data atau melemahnya sinyal.

 

192.168.l.254

Egan
1 min read

Cara Kerja DNS

Egan
1 min read

Template Login Mikrotik

Egan
1 min read

Leave a Reply