Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Jenis Jenis Keyboard

jenis jenis keyboard

Keyboard sangat penting untuk komputer baik itu pribadi atau laptop karena digunakan untuk navigasi, proses input dan sebagainya, jenis jenis keyboard yang ada di dunia juga sangatlah banyak.

Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang wajib dimiliki untuk memasukkan data dan membantu kinerja user. Tanpa adanya keyboard, sangat sulit pastinya untuk mengetik.

 

9 Jenis Keyboard Komputer

Di artikel ini kalian akan menemukan jenis jenis keyboard seperti keyboard gaming, laptop, ergonomic, keyboard seukuran numerik, dan sebagainya.

Ergonomic Keyboards

jenis keyboard ergonomis
gambar: bestbuy

Keyboard Ergonomis/Ergonomic adalah keyboard komputer yang dirancang dengan pertimbangan ergonomis untuk meminimalkan ketegangan otot ketika pengguna sedang melakukan pekerjaan.

Ergonomis ini sebenarnya adalah sifat keyboardnya, tetapi seakan melekat dan menjadi sebutan untuk keyboard ini. Keyboard ergonomis dirancang untuk mempermudah pengetikan dan mengurangi ketegangan yang dialami tangan.

Tetapi sayangnya, keyboard jenis ini sedikit mahal, dan mungkin orang dengan budget yang minim akan berfikir 2x untuk membeli keyboard jenis ini, padahal fiturnya sangat baik bagi mereka yang lama di depan komputer.

 

Flexible Keyboards

flexible keyboard
gambar: jirdhis

Seklias, keyboard fleksibel seakan perpaduan antara keyboard standar dan laptop baik yang dijadikan satu, baik bentuk ataupun tujuannya. Ciri khas yang dimiliki keyboard ini adalah tombol besar tetapi jaraknya pendek.

Sebagian besar keyboard fleksibel terbuat dari bahan silikon yang membuatnya tahan terhadap debu dan air, tapi bukan berarti waterproof. Mereka yang menggunakan keyboard ini biasanya orang yang lebih suka menghabiskan waktunya di luar.

Agar berfungsi dengan nyaman, keyboard ini membutuhkan permukaan yang keras dan datar. Port yang digunakan keyboard ini adalah USB, untuk yang belum pernah mencoba mungkin rasanya agak aneh dan sulit.

 

Gaming Keyboards

gaming keyboard
gambar: web2gb

Keyboard gaming mirip dengan Keyboard normal tetapi umumnya berisi tombol tambahan seperti tombol yang menyala ketika ditekan, tombol multimedia, layar LCD tambahan, sandaran tangan dan fitur lainnya.

Keyboard yang menyala ini tujuannya memang untuk membantu penggunanya bermain game, terutama pada malam hari dan ruangan memang kekurangan cahaya untuk bermain. Meskipun sebenarnya fungsi ini terlihat ga kepake untuk orang normal.

Tombol multimedia juga berguna untuk menyesuaikan volume, untuk mengganti lagu dan untuk melakukan hal-hal lain, sambil terus bermain game. Industri game adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di dunia saat ini.

 

Laptop Keyboards

laptop keyboard
gambar: amazon

Keyboard laptop adalah versi kecil dari keyboard QWERTY biasa. Laptop, biasa memiliki jenis keyboard yang sama dengan keyboard normal, kebanyakan keyboard laptop mengurangi simbol agar tombol menjadi lebih sedikit.

Ada juga beberapa keyboard dengan tombol tambahan seperti tombol power, tombol volume, tombol play, tombol rewind, tombol mute dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan, baisanya keyboard dilengkapi dengan RGB backlit.

 

Mechanical keyboard

mechanical keyboard
gambar: wired

Keyboard mecha adalah jenis keyboard yang cukup lama sebenarnya, tapi masih banyak diminati orang. Ketika kita menekan huruf di keyboard, tombol yang ada di bawah keyboard ini akan tertekan dan mengirim sinyal ke komputer.

Meskipun biasanya “berisik”, beberapa keyboard mecha juga ada yang didesain ergonomis. Lebih nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu lama, beberapa orang juga menggunakan keyboard ini untuk kepentingan mengetik.

 

Thumb Keyboard

thumb keyboard
gambar: wikipedia

Keyboard kecil berukuran jempol tangan ini umumnya ditemukan di ponsel, dan perangkat serupa yang tidak memiliki keyboard bawaan dan memiliki ruang yang sangat terbatas.

Dengan tombol yang lebih sedikit dan terbatas, keyboard jenis ini membutuhkan alternative key untuk menginput bentuk simbol. Dulu HP seperti HTC Apache sangat terkenal pada masanya juga bisa dibilang menggunakan jenis keyboard ini.

 

USB Keyboard

usb keyboard
gambar: staples

Jenis keyboard ini menggunakan Port jenis USB sebagai cara menghubungkan dirinya dengan host (bisa komputer atau lainnya). Berarti, kita mendapatkan kabel dengan konektor USB di bagian ujung keyboard.

Selain keyboard, saat ini kita juga ada mouse, speaker, monitor, dan headphone dengan konektor USB. USB sangatlah simple, tinggal memasukkan-nya ke port USB komputer, dan biasanya menunggu beberapa detik.

 

Virtual Keyboard

virtual keyboard
gambar: e-wiki

Jenis keyboard ini bisa mudah kita temukan di Smartphone yang sering kita gunakan. Penggunaan perangkat touchscreen yang semakin meningkat, membuatnya secara tidak langsung terbawa arus teknologi.

Munculnya iPad dan teknologi smart touchscreen melahirkan keyboard virtual yang terus dikembangkan. Tak hanya di smartphone, kini penggunaan keyboard virtual juga bisa dinikmati di desktop sebagai metode alternative perangkat input.

 

Wireless Keyboard

jenis keyboard wireless
gambar: sparkfun

Kabel yang biasanya mengganggu kita dan menjadi batasan untuk menggunakan keyboard kini tergantikan dengan teknologi wire-less. Salah satu yang terkena dampaknya adalah keyboard.

Keyboard tanpa kabel sangat membantu pengguna, terlebih mereka yang memang tak nyaman dengan kabel yang serba salah. Kelebihan dari jenis keyboard ini adalah kita tak perlu susah payah menggulung dan merapikan kabel.

Untuk menggunakannya biasanya kita harus menggunakan baterai sebagai sumber energi nya. Kekurangannya adalah ada pada receiver, jika kalian kehilangan benda kecil ini, mau tidak mau ya beli baru, bisa beli receiver atau 1 paket semuanya.

 

Tips Membeli Keyboard Komputer

jenis jenis keyboard

Supaya artikel ini terlihat panjang, admin juga mau bagi-bagi sedikit tips untuk kalian yang lagi cari atau mungkin berencana untuk membeli keyboard. Jangan cuma lihat dari merk, berikut tips sebelum membeli keyboard komputer:

1. Tujuan

Jenis-jenis keyboard komputer yang tersedia di pasaran saat ini, masing-masing dirancang dengan fokus dan fitur-fitur yang spesifik. Hal pertama yang perlu kita pertimbangkan adalah jenis pekerjaan yang akan kita lakukan dengan keyboard ini.

Misal, kalian seorang pro-gamer (bukan programmer) ya ada baiknya kalian membeli keyboard gaming dibanding jenis keyboard lainnya.

2. Kenyamanan

Kedua, pastikan juga keyboard yang kalian gunakan memiliki tombol yang nyaman. Keyboard untuk mengetik rasanya berbeda dengan keyboard mecha, dan kalian harus paham hal ini, karena efeknya baru terasa nantinya.

Memilih keyboard dengan tombol yang tidak nyaman juga sangat mengganggu aktivitas kerja. Aslinya mungkin kita bisa mengetik lebih cepat, tapi pernahkah kalian begitu ganti keyboard langsung feeling “tombolnya deket banget”.

3. Kompatibilitas

Pastikan juga keyboard yang kalian beli ini cocok dengan perangkat komputer yang lain, mungkin untuk teknologi komputer modern hal ini tak terlintas di pikiran pembeli. Tapi, dulunya keyboard bukan USB dan sulit mencari yang cocok.

4. Desain

Sebenarnya ini optional tapi jika kalian punya set komputer yang warnanya gelap misalnya, keyboard warna chrome black pasti mantap dengan set komputer kalian. Jenis keyboardnya juga jangan lupa diperhatikan.

5. Kabel vs Wireless

Kalau ini situasional aja, kalau kalian punya budget lebih mungkin lebih baik membeli yang jenis wireless agar kerja lebih maksimal. Tapi, pengalaman admin pribadi kebanyakan jenis wireless baru terasa mantap pas harga di atas 500ribu.

6. Tombol Ekstra

Ada orang yang suka keyboard dengan tombol untuk membuka browser, membukan media player, ada orang yang ga suka keyboardnya pake numpad. Saran ini mungkin lebih ke pribadi masing-masing.

7. Harga

Terakhir dan pasti selalu jadi patokan awal “Harganya berapa”. Oke, to be honest ya harga pastinya menentukan kualitas suatu keyboard, entah itu bahan pembuatannya, fitur, ataukah karena merknya sekalipun.

Secara pribadi, admin lebih menyarankan kalian untuk membeli keyboard yang sesuai kebutuhan dan kalau bisa harganya ga perlu terlalu mahal. Harga tidak menjamin kenyamanan, dan memang keperluan kalian apa sih?

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *