Jenis Jenis Jaringan

Jaringan memiliki banyak kegunaan, mulai dari mengakses internet, mencetak dokumen hingga meningkatkan peluang bisnis.

Jenis jaringan juga telah didefinisikan berdasarkan tujuan, jangkauan, dan ukurannya.

Mulai dari perangkat kecil, hingga perangkat yang ada di seluruh dunia.

Dan berikut beberapa istilah yang sering kita dengar beserta penjelasannya

 


11 Jenis Jaringan Komputer

istilah jaringan komputer
via:pixabay.com

Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis jaringan komputer adalah dengan melihat cakupan atau skalanya.

1. Jaringan Personal Area Network

Disingkat PAN. Jenis jaringan terkecil dan paling dasar, PAN biasanya hanya terdiri dari, satu atau dua komputer, printer, dll., yang masih dalam jangkauan satu gedung

Jenis jenis jaringan ini biasanya bisa kita temukan di kantor kecil atau rumah, dan dikelola oleh satu atau sebuah organisasi kecil-kecilan.

2. Jaringan Local Area Network

Disingkat LAN. Ia menghubungkan beberapa komputer + perangkat bertegangan rendah dengan jangkauan yang pendek (dalam jarak dua atau tiga bangunan yang berdekatan).

Perusahaan biasanya menggunakan LAN dalam meningkatkan kinerja mereka dalam berbagi informasi dan resource yang diperlukan.

3. Jaringan Wireless Local Area Network

Disingkat WLAN. Fungsinya seperti LAN, tetapi WLAN memanfaatkan teknologi jaringan wireless (tanpa kabel), seperti WiFi.

Pengguna tetap bisa melihat jaringan, tetapi jenis jaringan ini tidak mengharuskan pengakses untuk menggunakan kabel agar terhubung dengan jaringan.

4. Jaringan Campus Area Network

Disingkat CAN. Lebih besar dari LAN, tetapi lebih kecil dari MAN, jenis jaringan ini biasanya bisa ditemukan di universitas, sekolah besar atau bentuk usaha kecil.

Keberadaannya tersebar di beberapa bangunan yang cukup dekat satu sama lain sehingga penggunanya dapat saling berbagi informasi

5. Jaringan Metropolitan Area Network

Disingkat MAN. Jenis ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN – jaringan ini menggabungkan elemen dari kedua jenis jaringan berbeda.

Penggunaan MAN biasanya menjangkau sebuah dalam satu geografis (misal kota, atau kampus). Dan dirawat / kelola oleh sebuah organisasi atau mungkin perseorangan.

6. Jaringan Wide Area Network

Disingkat WAN. Sifatnya Lebih kompleks daripada LAN, WAN menghubungkan komputer dengan jangkauan yang lebih jauh.

Hal ini memungkinkan komputer dan perangkat lainnya untuk terhubung dari jarak jauh satu sama lain melalui satu jaringan yang sama untuk berkomunikasi.

Internet adalah contoh paling mendasar dari WAN, Internet menghubungkan semua komputer yang ada di seluruh dunia.

7. Jaringan Storage-Area Network

Disingkat SAN. Digunakan jaringan khusus berkecepatan tinggi yang menghubungkan banyak perangkat penyimpanan secara bersamaan ke beberapa server.

Digunakan dengan cara memindahkan resource yang tersimpan dan menempatkannya ke dalam jaringan berkinerja tinggi khusus, tidak bergantung pada LAN maupun WAN

8. Jaringan System-Area Network

Disingkat SAN juga. Digunakan untuk jaringan yang lokal yang dirancang untuk menyediakan koneksi berkecepatan tinggi.

Komputer yang terhubung pada dengan System Area Network beroperasi sebagai sistem dengan kecepatan sangat tinggi.

9. Jaringan Passive Optical Local Area Network

Disingkat POLAN. Sebagai alternatif untuk LAN Ethernet yang masih menggunakan switch tradisional.

Fiber optic pada POLAN terbagi dengan fiber optic splitter, sehingga cukup banyak perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan.

10. Jaringan Enterprise Private Network

Disingkat EPN. Jenis jenis jaringan ini dibangun dan dimiliki oleh pemilik bisnis yang ingin menghubungkan perangkatnya dengan aman ketika mengakses resource.

11. Jaringan Virtual Private Network

Disingkat VPN. VPN memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima data seolah-olah perangkat melalui jaringan pribadi (private).

Jika dilihat secara mendasar, LAN dan WAN adalah dua jenis jaringan berbasis wilayah yang paling utama, sementara jaringan yang lain muncul bersamaan dengan kemajuan teknologi.

Maksimalkan jaringan dengan menempatkan perangkat jaringan di lokasi yang sesuai, cek dekadeko.com untuk informasi seputar desain dan dekorasi hunian yang nyaman.


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment