Apa itu jaringan komputer? jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan dua komputer atau lebih dalam jangkauan tertentu. Sedangkan jenis-jenis jaringan komputer meliputi berbagai macam bentuk dan metode penggunaan jaringan tersebut.

Jenis-jenis jaringan komputer ini juga dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya, fungsi, koneksi ataupun area / jarak geografis, skala serta jarak wilayahnya yang dicakup jaringan tersebut

Nah, untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing jaringan, berikut akan kita ulas bersama perbedaan dari masing-masing jaringan tersebut.

 

Berdasarkan Jangkauan Wilayah

Pertama-tama yang akan dibahas adalah mengenai jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayah atau area. jaringan komputer juga dibagi berdasarkan cakupan area yang mana dalam hal ini meliputi geografis, skala maupun jaraknya.

berdasarkan jarak

Berdasarkan jangkauan jaraknya, jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi 4 yakni PAN, LAN, MAN, dan WAN. Kalian juga bisa membaca lebih spesifiknya di pengertian lan man wan.

Personal Area Network / PAN

PAN adalah singkatan dari Personal Network Area. Jaringan komputer yang satu ini meliputi jaringan komputer dalam skala sangat kecil, mencakup komputer pribadi bersama dengan perangkat tambahan seperti mouse, keyboard, handphone dan lain-lain.

Jaringan ini biasanya berhubungan dengan perangkat pribadi anda yang dihubungkan ke jaringan internet, baik dengan bantuan perangkat seperti USB maupun bluetooth sebagai media untuk menghubungkan antar perangkat.

Local Area Network / LAN

Salah satu jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayahnya adalah LAN. Jaringan ini umumnya hanya mencakup wilayah yang kecil saja. Contohnya dalam lingkungan sekolah, perkantoran maupun dalam sebuah rumah dengan yang diisi beberapa komputer.

Baca juga:  Emulator Android Ringan

Dalam sistem LAN, terdapat beberapa komputer yang akan dihubungkan dimana ada salah satu unit komputer yang berfungsi sebagai server, sedangkan yang lainnya berfungsi sebagai client.

Server dan client akan menggunakan satu fasilitas yang sama. Misalnya, dalam hal menggunakan printer atau saling bertukar file dan lain sebagainya, selama mereka masih dalam satu jaringan yang sama.

Metropolitan Area Network / MAN

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan luas wilayahnya yang ketiga adalah MAN (Metropolitan Area Network). MAN memiliki jangkauan yang lebih luas yakni hingga 10-50 km dalam suatu wilayah atau kota.

Jaringan MAN mampu memberikan kecepatan yang tinggi pada saat anda melakukan transfer data dalam suatu wilayah tertentu.

Jaringan MAN bisa dibilang juga merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan ini sangat diperlukan, terutama jika ingin menghubungkan beberapa kantor atau instansi lain dalam satu kota.

Wide Area Network / WAN

Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang lebih besar dibanding PAN maupun LAN. WAN bisa mencakup beberapa wilayah, bahkan mencapai wilayah negara lain.

WAN biasanya dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal suatu wilayah dengan jaringan lokal wilayah yang lain, sehingga para penggunanya tetap bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

 

Berdasarkan Topologi

berdasarkan topologi

Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan kriteria yang kedua adalah berdasarkan topologinya. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya dibagi menjadi 6 yaitu :

Topologi Bus

Topologi bus ini merupakan topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi yang lainnya. Topologi bus hanya membutuhkan satu kabel panjang sebagai terminal lalu diakhiri dengan terminator dibagian akhir kabel.

Selain lebih hemat dan ekonomis, kelebihan dari topologi bus ini adalah lebih sederhana dan tidak membutuhkan banyak kabel. Namun kerugiannya tentu saja ada, apalagi jika ada satu kabel yang terputus, hal ini akan mengganggu jaringan yang lainnya.

Baca juga:  Cara Buka Situs Blokir

Topologi Star

Seperti namanya, topologi ini memiliki node inti di bagian tengah yang akan dihubungkan ke node yang lainnya seperti sebuah bintang. Kelebihan dari topologi star ini, jika ada salah satu jaringan yang terganggu maka tidak akan mengganggu keseluruhan komunikasi. Namun, apabila node intinya mengalami masalah, maka seluruh jaringan pun tidak dapat beroprasi.

Topologi Ring

Topologi Ring adalah jenis jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya dengan metode melingkar layaknya sebuah cincin. Keunggulannya tentu saja lebih hemat biaya pemasangan instalasi dan data akan terproses dengan lebih cepat. Namun bila ada satu jaringan yang bermasalah, maka akan merusak seluruh sistem kerja jaringan.

Topologi Tree

Yang ke-empat adalah topologi tree. Topologi tree ini dapat menghubungkan berbagai jaringan topologi star dengan topologi bus. Topologi tree ini dapat membuat sistem data terpusat menurut tingkatannnya sehingga akan mempermudah manajemennya.

Topologi Mesh

Topologi Mesh merupakan gabungan dari topologi star dengan topologi ring. Keunggulannya, topologi ini memiliki banyak jalur sehingga tidak perlu khawatir akan terjadinya tabrakan data. Sedangkan kekurangannya, ada pada proses instalasinya yang lebih rumit dan membutuhkan banyak kabel.

Topologi Extended Star

Topologi yang terakhir adalah topologi extended star yang merupakan penyempurnaan dari topologi star. Kelebihannya, apabila ada satu node yang terputus, maka tidak akan mengganggu yang lainnya.

Namun, topologi ini biasanya digunakan untuk jaringan besar sehingga kabel yang digunakan-pun harus banyak dan menggunakan kabel dengan kualitas yang bagus pula.

 

Berdasarkan Fungsinya

jenis jenis jaringan komputer

Selain berdasarkan jangkauan jarak dan topologinya, jenis jaringan komputer juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Berikut ini ulasan lengkap klasifikasi jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

Baca juga:  Pengertian RAM

Jaringan Peer To Peer

Pertama adalah jaringan komputer peer to peer, jenis jaringan komputer ini merupakan yang paling sederhana karena pada sistem ini, komputer akan dapat berfungsi sebagai server sekaligus client. Dua komputer yang telah terhubung akan dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa ada perantara.

Jaringan komputer peer to peer banyak digunakan pada jaringan LAN. Namun peer to peer memiliki kelemahan, yaitu pada masalah manajemen dan keamanan. Sangat sulit untuk menjaga keamanan data peer to peer dengan jumlah user yang banyak.

Jaringan Client Server

Berbeda dengan peer to peer, tipe jaringan yang satu ini adalah memposisikan satu komputer sebagai server, sementara yang lainnya menjadi client. Server adalah induk bagi jaringan komputer sekaligus bertugas melayani komputer client yang sedang terhubung. Jaringan client-server ini cukup banyak digunakan dan banyak dipakai di internet.

 

Berdasarkan Koneksi

berdasarkan koneksi

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan koneksinya, terbagi menjadi dua macam yaitu :

Broadcast Links

Broadcast links adalah suatu keadaan dimana jaringan ini terkoneksi dari satu kanal komunikasi. Kanal komunikasi ini merupakan hasil bagi dari jaringan ke semua peralatan.

Broadcast links ini juga menunjang agar semua teknis dapat dilakukan, kemudian hasil teknis ini akan dimasukkan ke dalam sebuag grup yang dinamakan multicasting.

Point to Point Links.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya yang kedua adalah Point to point links. Jaringan point to point links ini merupakan jaringan yang dibatasi, biasanya koneksinya 2endpoints.

Didalam jaringan ini juga terdapat istilah uncasting yang mana point to poin melakukan satu pengiriman dan satu penerima.