Jenis-Jenis Jaringan Komputer

jenis jenis jaringan komputer

LAN, MAN, dan WAN adalah sedikit contoh dari jenis-jenis jaringan komputer yang banyak digunakan. Tetapi, itu jika kita mengkategorikan jenis jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayah saja, masih banyak lagi yang lain.

Jaringan di dunia komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jangkauan tertentu. Sedangkan jenis-jenis jaringan komputer bisa dibilang bentuk dan metode penggunaan jaringan tersebut.

Jaringan komputer juga dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan topologi, fungsi, koneksi, area / jarak geografis, skala serta jarak wilayah yang dicakup jaringan tersebut

Untuk mengetahui perbedaan dari jenis-jenis jaringan komputer tersebut, berikut akan kita ulas bersama perbedaan dari masing-masing jaringan.

 

Berdasarkan Jangkauan Wilayah

berdasarkan jarak

Berdasarkan jangkauan jaraknya, jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi 4 yakni PAN, LAN, MAN, dan WAN.

Personal Area Network / PAN

Jenis jaringan terkecil dan paling dasar, terdiri dari modem nirkabel, satu atau dua komputer, telepon, printer, tablet, dll., Dan berputar di sekitar satu orang dalam satu gedung.

Jaringan komputer jenis ini biasanya ditemukan di kantor kecil atau tempat tinggal, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi dari satu perangkat.

Local Area Network / LAN

LAN adalah jaringan yang paling sering dibahas, salah satu yang paling umum, salah satu yang paling asli dan salah satu jenis jaringan yang paling sederhana.

LAN menghubungkan beberapa komputer dan perangkat bertegangan rendah secara bersama-sama antara  bangunan yang berdekatan satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya.

Dengan menggunakan router, LAN dapat terhubung ke jaringan area luas (WAN, dijelaskan di bawah) untuk mentransfer data dengan cepat dan aman.

Metropolitan Area Network / MAN

Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, dan menggabungkan elemen-elemen dari kedua jenis jaringan tersebut.

MANs menjangkau seluruh area geografis (biasanya kota atau kota, tetapi terkadang kampus).

Untuk urusan perawatan biasanya jenis jaringan ini ditangani oleh satu orang atau perusahaan.

Wide Area Network / WAN

Lebih kompleks daripada LAN, WAN menghubungkan komputer bersama-sama dengan jangkauan wilayah yang lebih besar

Hal ini memungkinkan komputer dan perangkat bertegangan rendah untuk terhubung dari jarak jauh satu sama lain melalui satu jaringan besar untuk berkomunikasi bahkan ketika mereka terpisah bermil-mil.

“Internet” adalah contoh dari WAN, yang menghubungkan semua komputer bersama di seluruh dunia. Karena jangkauan WAN itu luas, biasanya akan dikelola oleh beberapa administrator atau publik.

Perangkat bertegangan rendah itu maksudnya bisa saja printer, scanner, fax, atau hal lainnya yang masih menggunakan listrik dalam penggunaannya ya.

Tetapi, seiring berjalan waktu, semakin banyak juga klasifikasi jaringan lainnya, seperti:

  • Wireless Local Area Network
  • Campus Area Network
  • Metropolitan Area Network
  • Wide Area Network
  • Storage-Area Network
  • System-Area Network
  • Enterprise Private Network
  • Virtual Private Network

Tentu jaringan ini Digunakan untuk bermacam-macam, mulai dari mengakses internet atau mencetak dokumen hingga mengunduh lampiran dari email.

Berdasarkan Topologi

berdasarkan topologi

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya dibagi menjadi 6, di antaranya:

Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis jaringan di mana setiap komputer dan perangkat jaringan terhubung dalam satu kabel yang sama. Ketika memiliki tepat dua titik akhir, maka itu disebut topologi Bus Linier.

Setiap komputer atau server terhubung ke kabel bus tunggal melalui beberapa jenis konektor. Terminator diperlukan di setiap ujung kabel bus untuk mencegah sinyal memantul bolak-balik pada kabel bus.

 

Topologi Star

Dalam jaringan area lokal dengan topologi star, setiap host jaringan (misalnya PC) terhubung ke hub pusat dengan koneksi point-to-point. Semua lalu lintas di jaringan melewati hub pusat.

Hub berfungsi sebagai penguat atau pengulang sinyal. Topologi bintang dianggap sebagai topologi yang paling mudah untuk dirancang dan diimplementasikan.

 

Topologi Ring

Topologi jaringan yang diatur secara melingkar di mana data bergerak di sekitar cincin dalam satu arah dan setiap perangkat di sebelah kanan bertindak sebagai repeater untuk menjaga sinyal kuat saat bergerak.

Setiap perangkat juga berperan sebagai receiver untuk sinyal masuk dan sebagai transmitter untuk mengirim data ke perangkat berikutnya. Kekuatan jaringan tergantung pada sinyal yang bergerak.

 

Topologi Tree

Topologi Tree juga dikenal sebagai hierarchy network atau network hierarki, kalian bisa search apa itu hierarki, atau baca artikelnya di blog ini.

Node pusat (komputer/device yang paling  atas) terhubung ke satu atau lebih node lain yang satu tingkat lebih rendah dalam hierarki (yaitu, tingkat kedua) dengan sistem point-to-point antar node.

Topologi Tree bisa kalian mudah pelajari dengan melihat daftar isi karena strukturnya hampir sama.

 

Topologi Mesh

Dalam jaringan mesh, setiap node terhubung ke satu atau lebih dengan node  yang lain. Informasi melewati satu node ke node berikutnya, hingga mencapai tujuan yang dituju.

Jaringan seperti ini bisa sangat bisa kita andalkan karena biasanya ada lebih dari satu jalur dari satu node satu ke node lainnya

 

 

Topologi Extended Star

Topologi jaringan star extended secara fisik tetaplah topologi star tetapi lebih di improve saja dengan satu atau lebih repeater di antara node pusat dan node peripheral.

Repeater digunakan untuk memperpanjang jarak maksimum transmisi, jarak point-to-point antara node pusat dan node peripheral. Repeater memungkinkan informasi untuk mencapai jarak transmisi yang di luar kekuatan transmisi dari node pusat.

 

Berdasarkan Fungsinya

jenis jenis jaringan komputer

Selain berdasarkan jangkauan jarak dan topologinya, jenis jaringan komputer juga dibedakan berdasarkan fungsinya.

Berikut ini ulasan lengkap klasifikasi jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

Jaringan Peer To Peer

Peer-to-Peer sering kita temui dalam singkatan P2P, pengguna torrent pastinya kenal betul dengan jenis jaringan ini, tetapi sebenarnya apa itu peer to peer?

Dalam jaringan P2P, “peer” adalah sistem komputer yang terhubung satu sama lain melalui Internet. File dapat dibagikan secara langsung antara sistem di jaringan tanpa perlu server pusat

Perangkat lunak P2P umum termasuk Kazaa, Limewire, BearShare, Morpheus, and Acquisition. Satu-satunya persyaratan bagi komputer untuk bergabung dengan jaringan peer-to-peer adalah koneksi Internet dan perangkat lunak P2P

Jaringan Client Server

Jaringan komputer di mana satu komputer yang kuat dan terpusat yang disebut server berperan sebagai hub yang terhubung dengan banyak komputer pribadi atau workstation yang disebut klien.

Klien yang terhubung dengan server menjalankan program dan mengakses data yang disimpan di server. Bandingkan jaringan peer-to-peer.

Server adalah komputer khusus yang mengontrol resource jaringan dan menyediakan layanan ke komputer lain di jaringan.

 

Berdasarkan Koneksi

berdasarkan koneksi

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan koneksinya, terbagi menjadi dua macam yaitu :

Broadcast Links

Broadcast link menghubungkan dua atau lebih node dan mendukung transmisi broadcast, di mana satu node dapat mengirimkan sehingga semua node lain dapat menerima transmisi yang sama. Ethernet adalah salah satu contohnya.

Point to Point Links.

Tautan point-to-point adalah jenis khusus yang menghubungkan tepat dua fasilitas komunikasi (misalkan, dua node jaringan, jalur radio antara dua titik, dll.).

Didalam jaringan ini juga terdapat istilah uncasting yang mana point to poin melakukan satu pengiriman dan satu penerima.

External Links:

Komunikasi Data

Egan
1 min read

Apa itu NAT

Egan
1 min read

Apa itu Latency

Egan
1 min read

One Reply to “Jenis-Jenis Jaringan Komputer”

Leave a Reply