Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah bidang studi yang berfokus pada desain teknologi dan hubungan antara manusia sebagai pengguna, dan komputer.

Dalam bahasa Inggris, Interaksi manusia & komputer disebut dengan Human-computer interaction atau HCI.

Meskipun kedengarannya terfokus dengan komputer, IMK sebenarnya sudah meluas dan mencakup hampir semua bentuk teknologi informasi.

 


Sejarah Interaksi Manusia dan Komputer

sejarah interaksi manusia dan komputer
via:interaction-design.org

IMK muncul pada kisaran tahun 1980-an bersamaan dengan munculnya personal computing, seperti Apple Macintosh, IBM PC 5150 dan Commodore 64.

Kala itu, pertama kalinya, sistem elektronik canggih, baik itu untuk penggunaan data, permainan dan alat bantu akuntansi telah tersedia untuk para konsumen.

Karena komputer tidak lagi berukuran besar, akibatnya alat-alat dengan harga yang mahal dibuat khusus untuk para konsumen.

Oleh karenanya, interaksi manusia & komputer yang mudah dan efisien untuk pengguna yang masih awam menjadi semakin berkembang.

 

Perkembangan IMK

perkembangan imk
via:interaction-design.org

Seiring waktu, IMK berkembang dan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, seperti computer science, cognitive science dan human-factors engineering.

Sejak itu IMK segera menjadi bidan akademis yang lebih intensif. Mereka yang belajar dan bekerja di bidang tersebut pasti menganggap IMk adalah hal penting yang harus dipelajari.

Fokus penelitiannya dari interaksi manusia dan komputer adalah meningkatkan penggunaan komputer desktop untuk dipelajari dan digunakan.

Namun, karena saat ini muncul banyak teknologi baru seperti Internet dan smartphone, penggunaan komputer desktop dirasa semakin ketinggalan.

 

Keterkaitan IMK dengan UX, UI & UCD

IMK adalah bidang ilmu yang saling berkaitan dengan bidang lain, seperti:

  • user-centered design (UCD)
  • user interface (UI) design, dan
  • user experience (UX) design

Tapi, dilihat dalam hal manapun, IMK adalah awal mula dari munculnya UX design, meskip tetap ada beberapa perbedaan antara HCI dan UX design.

Referensi: The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed | Special Interest Group on Computer-Human Interaction


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment