Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Fungsi VGA Card

fungsi vga

Untuk main game, oh untuk rendering, untuk keperluan menyetel video, tahukah kalian apa sih fungsi VGA Card? sebenarnya kita butuh banget ga sih sama benda ini?

Fungsi VGA Card secara garis besar adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke tampilan pada monitor. Saat ini, semua motherboard memiliki built-in VGA.

Kepanjangan VGA adalah Video Graphic Array meskipun orang lebih mengenalnya dengan nama Video Graphic Adapter. Pada awalnya, VGA dibuat untuk mengontrol tampilan video yang pertama kali digunakan komputer IBM PS / 2 di tahun 1987.

 

Fungsi VGA Komputer

Fungsi VGA Card yang paling utama pada monitor adalah untuk membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi layar tampilan grafik dalam bentuk grafik.

Selain berfungsi untuk mengubah sinyal digital, komputer yang memiliki VGA card akan memiliki kelebihan, seperti:

  • Membantu dalam pembuatan desain dan 3D
  • Grafik ketika memainkan game menjadi lebih bagus
  • Tampilan layar, jelas, tajam, dan akurat
  • Dapat dihubungkan dengan perangkat display lainnya
  • Menambah kualitas saat menonton film / video

Itulah kenapa jika kita perhatikan komputer yang tidak memiliki kartu VGA, atau memiliki VGA yang standar, tampilan menjadi kurang menarik.

Jenis VGA

jenis vga
gambar: pixabay

Ada 2 jenis VGA yang digunakan yaitu VGA On board dan VGA Card (dikenal External). Masing-masing keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

1. VGA On board

VGA on board adalah salah satu VGA yang paling sering kita temukan di komputer atau laptop dan spesifikasi pasti standar, tujuannya memang bukan untuk penggunaan game atau desain grafis, tapi menopang kinerja saja.

Sesuai namanya, VGA tipe on-board sudah terintegrasi dengan motherboard komputer atau laptop. Jika kalian ingin kualitas yang lebih tinggi ya beli VGA Card, ga mungkin dong kalian mancing tapi kailnya seadanya?

Sebagian besar laptop atau komputer yang memiliki VGA on board tidak terlalu unggul dalam hal grafis. Tapi sebenarnya ga masalah kalau kalian memang cuma perlu untuk keperluan mengetik, browsing dan kerja kantor saja.

2. VGA Card

Berikutnya adalah jenis VGA Card. VGA Card adalah jenis VGA yang dapat dipasang dan bukan bawaan dari motherboard itu sendiri.

VGA Card adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang memang memerlukan tampilan grafis dengan kualitas yang lebih baik, atau memang lingkungan kerja kalian yang memerlukan bantuan VGA Card.

Bagi pengguna yang memerhatikan tampilan grafik, bermain game dan suka desain, maka komputer dengan VGA Card adalah pilihan yang sangat tepat. Tapi, harganya mahal.

 

Tips Memilih VGA Card

Dalam memilih graphic card ada istilah yang namanya bottleneck dan ini sangat riskan sekali. Sayangnya dalam hal ini kita seakan mengesampingkan, padahal seharusnya kita harus memperhatikan sistem yang kita gunakan, seperti:

  • Menyesuaikan port / socket VGA Card dengan motherboard
  • Memeriksa kemungkinan keperluan listrik dengan tegangan maksimal rumah
  • Menyesuaikan budget dengan kebutuhan
  • Menyesuaikan tegangan VGA dengan power supply
  • Memerhatikan garansi (Optional)

Oh, kadang ada juga orang yang memperhatikan DDR yang dimiliki si VGA Card. Admin pribadi selalu menyarankan cari yang di atas DDR3 (bukan RAM, tp VGAnya).

Karena fungsi VGA card banyak, otomatis panas yang dihasilkan dan daya yang digunakan cukup besar. Oleh karena itu, biasanya mereka sudah didesain memiliki sistem pendingin sendiri.

 

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *