Fungsi Processor

fungsi processor

Processor adalah salah satu bagian penting yang pasti ada di setiap komputer, fungsi processor sama seperti otak pada manusia yaitu mengontrol segala bentuk aktivitas yang berjalan melalui komponen tersebut.

Bedanya, Central Processing Unit memiliki peran sebagai jantung dan otak setiap komputer. Banyak dari kita tidak tahu betapa pentingnya unit ini untuk kinerja komputer.

Kinerja komputer yang kita miliki didasarkan pada operasi matematika sederhana, dan CPU adalah perangkat yang mengontrol semua operasi itu.

 

Cara Processor Komputer Bekerja

Ilustrasinya, anggaplah kita sedang membuka kalkulator dan memasukkan angka.

  • Kalian sebagai brain ware, akan memasukkan angka menggunakan keyboard.
  • Selanjutnya, keyboard akan mengubah informasi menjadi binary code.
  • Informasi tersebut kemudian dikirim ke registry lalu ke CPU.
  • CPU memiliki komponen bernama ALU yang bertanggung jawab dalam proses perhitungan matematika dan logika.
  • Data yang telah diproses dikembalikan ke CPU, kemudian ditampilkan di output device.

Contoh ini mungkin sangat sederhana, tapi karena kalian mempunyai kreativitas dan imajinasi, pasti ilustrasi di atas mudah untuk dipahami. Setiap hal kecil yang kalian lakukan di komputer kalian, pasti melalui processor.

 

Fungsi Utama Processor

processor decoding

CPU komputer memproses instruksi yang diterimanya dalam proses decoding data. Dalam memproses data ini, CPU melakukan empat langkah dasar, yaitu:

Fetch

Setiap instruksi tersimpan dalam memori dan memiliki address sendiri. Setiap instruksi yang tersimpan akan dilacak dan diambil menggunakan program penghitung agar CPU bisa menganalisa instruksi mana yang akan dieksekusi selanjutnya.

Decode

Semua program yang akan dieksekusi diterjemahkan ke dalam Instructions Assembly (bahasa mesin). Tetapi, kode assembly harus diterjemahkan ke dalam instruksi biner, yang dapat dimengerti oleh CPU kita, inilah tahap decoding.

Execute

Saat menjalankan sebuah instruksi, CPU memiliki 3 pilihan, pertama melakukan operasi dengan ALU, memindahkan data dari memori satu ke lainnya, atau memilih untuk ke address yang lain.

Store

CPU harus memberikan feedback setelah menjalankan sebuah instruksi, dan data output ditulis ke memori.

Jumlah operasi yang dapat dilakukan CPU tergantung pada kecepatannya, yang diukur dalam Hertz.

Pernah dengar CPU 3.5 Ghz atau mungkin 1.8 Ghz, itu dibaca gigahertz. Sekecil apapun tugasnya, processor tetap akan memprosesnya.

Biasanya, prosesor memahami dan melakukan instruksi assembly yang berlangsung selama empat siklus seperti yang dijelaskan di atas.

Semakin cepat CPU kalian, semakin banyak instruksi yang dapat dilakukannya dalam satu detik, tetapi ingat, kadang angka juga bisa menipu.

 

Mengetes Performa Processor

Kinerja CPU dapat diuji dengan menggunakan berbagai macam benchmark and tools. Biasanya alat-alat ini akan membuat CPU bekerja sangat berat, saat kalian mengetes mungkin komputer akan terasa sangat lelet.

Kecepatan CPU bukan satu-satunya metrik yang memengaruhi kinerja komputer. Ada banyak faktor lain, seperti cache size dan bus speed yang harus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih bisa dipercaya.

Lalu bagaimana dengan multi-core processor?

Prosesor multi-core sebenarnya adalah CPU yang memiliki dua atau lebih core. Core mirip dengan prosesor biasa, mereka menjalankan instruksi program. Tetapi ada kelebihan yang hanya bisa kita dapatkan dengan processor jenis ini.

Keuntungan utama dari prosesor multi-core adalah dapat menjalankan beberapa instruksi secara bersamaan. Fitur ini meningkatkan kecepatan kinerja secara signifikan, itulah mengapa processor sangat mahal, meskipun fungsi processor jenis ini sama.

Seperti yang sudah admin sebutkan, Fungsi processor mirip dengan otak manusia. Setiap operasi yang kita lakukan dengan komputer diproses dalam CPU. Semakin baik kita menggunakan, semakin awet dan maksimal juga output yang kita dapatkan.

YOPmail

Egan
41 sec read

MSVCR71.dll

Egan
1 min read

Apa itu Testimoni

Egan
34 sec read

One Reply to “Fungsi Processor”

Leave a Reply

Your email address will not be published.