Fungsi Microsoft Word

fungsi microsoft word

Pernahkah terbesit di benak kalian, sebenarnya apa tujuan dan fungsi Microsoft Word dibuat? karena selain bisa untuk membuka teks dokumen kegunaan Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat tabel, chart, dll.

Seperti yang kita ketahui Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang masuk dalam keluarga Microsoft Office Suite.

Tujuan utama adanya Word adalah untuk membuat, mengedit dokumen teks yang dapat disimpan secara elektronik, dicetak di atas kertas atau disimpan sebagai file dengan format dokumen lainnya.

mengenal microsoft word

Jadi, apa saja fungsi Microsoft Word?

1. Membuat & Mengedit Dokumen

Ms Word memiliki fitur standar, sebagai pengguna kita bisa melakukan banyak hal yang berhubungan dengan editing document dan juga menambahkan beberapa format text seperti italicunderliningnumbering, dll.

Program ini juga berguna untuk menyimpan rapih dokumen elektronik atau dokumen digital di dalam hard drive, dokumen ini nantinya bisa dibuka, diedit dan disimpan kembali.

2. Mencetak Dokumen

Microsoft Word juga bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mencetak dokumen. Dengan Word, kita bisa memilih berbagai opsi untuk mencetak, seperti ukuran dokumen, posisi printing, ukuran kertas, dan berapa yang dicetak.

3. Mengecek Kesalahan Dokumen

Salah satu fitur yang ada di dalam program ini adalah fitur spell checkergrammar checker, hingga membaca posisi tanda baca yang salah dengan menandai kata dengan garis berwarna merah / hijau.

Pastinya spell checker ini tak sempurna, tergantung juga bahasa yang kita gunakan. Jika spell check yang digunakan adalah bahasa Inggris, tapi kita mengetik bahasa Indonesia, otomatis semuanya warna merah.

4. Sarana Edukasi

Di dunia pendidikan, Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang diajarkan oleh guru TIK untuk mengajarkan muridnya, dengan tujuan ketika mereka menyelesaikan bangku pendidikan, setidaknya memahami dasar dari penggunaan program ini.

Beberapa contoh bagian yang biasa digunakan untuk diajarkan seperti word art, table, image, color, shape dan beberapa pengetahuan dasar untuk membuat sebuah dokumen resmi dan menentukan margin.

5. Membantu Pekerjaan

Microsoft Office (tak hanya word) sangat membantu pekerjaan kita, ketika meeting butuh slide / presentasi, power point-lah jawabannya, ketika membutuhkan informasi data dan akuntansi, excel bisa digunakan.

Ms Word sendiri bisa membantu kita baik dalam melalui hari-hari kerja ataupun mendapatkan pekerjaan. Setidaknya kita bisa membuat resume, cv, surat lamaran pekerjaan di aplikasi ini.

 

Mengenal Microsoft Word

belajar microsoft word

Setelah memahami beberapa fungsi microsoft word dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya kita untuk mengenal lebih jauh dan mempelajari cara menggunakan, mengolah, dan memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal.

Di tahun artikel ini dibuat, persaingan dunia kerja sudah berubah menjadi serba online, toko tergantikan dengan marketplace, dan artikel tergantikan dengan video. Jadi, apa yang bisa kita lakukan ke-depannya jika tidak mempelajari skill apa yang “kita” bisa.

Tampilan Microsoft Word sebenarnya sangatlah user-friendly, tetapi mungkin kita memiliki keterbatasan dengan bahasa yang digunakan, setiap bagiannya sudah dibagi berdasarkan kategori yang semestinya.

 

Belajar Microsoft Word

Aplikasi Ms Word memberikan fitur kepada penggunanya untuk mengetik kata, kalimat, paragraf melalui keyboard. Cara belajar microsoft word tidaklah sulit, yang sulit adalah memahami fungsi dari masing-masing bagian di aplikasi ini.

Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat dokumen penting seperti makalah, karya ilmiah, skripsi, bahkan piagam sekalipun. Kita juga bisa memperbaiki ejaan, grammar, dan mencari kesalahan penggunaan tanda baca di sini.

Manfaat microsoft word cukup banyak terutama untuk para pencari pekerjaan. Tanpa adanya aplikasi ini mungkin kita, juga saya pribadi bakal kewalahan, apalagi mencari kerja di era modern penuh dengan persaingan.

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *