Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Fungsi Komputer

fungsi komputer

Fungsi komputer bermacam-macam, tergantung waktu penggunaan dan tujuan dari penggunaan. Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita melakukan pekerjaan yang rumit dan memakan waktu lama seperti mengetik, menggambar dan lainnya.

Semua pekerjaan sulit ternyata bisa dipermudah dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah dengan menggunakan komputer. Memang tidak bisa ditepis lagi jika keberadaan komputer sangatlah membantu, jika digunakan dengan tujuan yang baik.

 

Fungsi komputer

Salah satu fungsi komputer adalah sebagai media pengolah data, dari prosedur sebelumnya yang telah sudah dirumuskan, agar mempermudah kinerja atau pekerjaan dan juga sebagai suatu sarana komunikasi dan dapat digunakan sebagai sarana hiburan.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang telah memanfaatkan fungsi dari komputer dalam banyak hal yang kita lakukan dan banyak hal terbantu dengan adanya komputer.

 

Fungsi Komputer Server

fungsi komputer server

Fungsi komputer server yang paling utama adalah untuk melayani request atau permintaan dari komputer client. Permintaan dari client itu sendiri ada beberapa jenis, seperti:

  1. Client dapat meminta File
  2. Client dapat meminta data
  3. Client dapat meminta aplikasi
  4. Client dapat meminta suatu photo,video dan masih banyak lagi

Dengan hal-hal seperti ini kita dapat berasumsi bahwa hal ini memudahkan komputer client agar dapat terhubung ke jaringan internet melalui Proxy Server. Adapun fungsi komputer server lainnya, seperti:

1. Pusat Jaringan Komputer

Komputer server nantinya akan terhubung ke komputer client sehingga komputer server sendiri dapat mengirimkan berbagai data atau file yang dibutuhkan oleh komputer client. Semua data yang ada pada komputer client memiliki pusatnya sendiri, yaitu berasal dari komputer servernya.

2. Menyediakan Akses Data ke Client

Komputer client dapat mengakses seluruh data yang ada pada komputer server. Hal tersebut menandakan bahwa komputer client sudah terhubung dalam jaringan komputer yang telah menyediakan akses data untuk komputer client.

3. Melayani Permintaan Client

Salah satu fungsi dari komputer server yang lainnya yaitu berasal dari komputer server itu sendiri yang memiliki tugas untuk melayani permintaan dari komputer client. Permintaan dari komputer client tersebut dapat berupa file, data, aplikasi, dan lain-lain.

4. Mengatur Aktivitas Jaringan

Dengan adanya server, semua komputer client dimudahkan untuk terhubung ke dalam jaringan internet melalui Proxy Server.

5. Menyimpan File dan Data

Penyimpanan dari file dan data telah tersimpan secara otomatis kedalam komputer server sehingga itu akan meminimalisir dari kehilangannya file dan data yang ada di komputer client tersebut. Karena komputer server telah memiliki cadangannya.

6. Mengatur Hak Akses

Komputer server itu sendiri memiliki beberapa aturan agar tidak semua dari komputer client tersebut bisa mengakses data yang telah tersimpan di dalam komputer server. Dikarenakan ada beberapa file yang memang memiliki sifat rahasia sehingga hanya dari beberapa komputer client saja yang dapat mengaksesnya.

7. Sebagai Media Penyimpan Aplikasi

Komputer server juga berfungsi sebagai media penyimpan file dari beberapa aplikasi agar dapat digunakan juga oleh komputer client yang lainnya dan dapat dijalankan di semua komputer client yang terhubung dengan komputer server.

8. Memberi Perlindungan Pada Komputer Client

Komputer server juga dapat memberikan perlindungan terhadap komputer client lain yang terhubung dengan komputer server, komputer server  melindungi komputer clientnya dari virus dan juga malware yang memiliki kemungkinan menyerang komputer client.

 

Fungsi Komputer Client

fungsi komputer client

Kalau sudah ada server atau pusat, artinya tidak lengkap jika tidak ada clientnya.

Fungsi komputer client adalah sebagai perangkat yang digunakan untuk melakukan akses layanan yang dimiliki oleh komputer server.

Fungsi dari client yang lainnya itu sendiri memiliki fungsi sebagai salah satu sistem keamanan maupun administrasi perkantoran atau perusahaan.

 

Fungsi Komputer Secara Umum

Komputer merupakan suatu benda yang memiliki banyak manfaat seperti membantu menyelesaikan tugas-tugas yang kita miliki. Namun, komputer juga sudah berkembang seiring berjalannya waktu, ia tidak lagi hanya menyelesaikan tugas-tugas kita.

Adapun beberapa fungsi komputer secara umum sebagai berikut:

1. Multimedia

  • Komputer yang kita miliki sekarang tidak lagi hanya diperuntukkan menyelesaikan tugas tapi kini komputer kita dapat mengolah dan juga mengedit foto atau video, kita juga dapat menggunakan komputer kita untuk merekam sebuah lagu.
  • Kita dapat mengedit foto atau video yang kita sukai agar dapat menjadi lebih baik maupun terlihat lucu.
  • Dari Windows sendiri kini telah dilengkapi dengan software yang diperuntukan mengedit foto yang sering kita ketahui dengan nama Paint. Namun, kemampuan dari software itu sendiri masih tergolong rendah jika kita bandingkan dengan software yang terkenal seperti Photoshop ataupun PhotoScape.

2. Hiburan

  • Kita dapat mencari hiburan di dalam komputer kita seperti mencari game dan bermain game, mendengarkan lagu, menonton film. Kita dapat menginstall game pada komputer kita dan kita dapat memainkannya dengan syarat kita memiliki spesifikasi yang cukup untuk memainkan game tersebut.

3. Pengajaran

  • Membantu proses presentasi dari mahasiswa dan membantu proses pengajaran dari dosen. Serta juga komputer itu sendiri memiliki fungsi untuk membantu para mahasiswa untuk mengerjakan suatu pekerjaan seperti karya ilmiah maupun skripsi

4. Pemrograman

  • Biasanya komputer digunakan sebagai alat pemrograman, Fungsi yang satu ini sering digunakan pada aplikasi-aplikasi sistem informasi, termasuk dalam pembuatan program.

5. Bisnis

  • Biasanya kita menggunakan komputer itu sebagai jual-beli online atau memproses informasi dan juga data keuangan dalam sebuah perusahaan, pendataan karyawan atau komputer juga dapat digunakan sebagai sarana dalam mempromosikan sesuatu.

6. Sosialisasi

  • Komputer juga digunakan sebagai sarana bersosialisasi. seperti kita menggunakan komputer kita untuk berkomunikasi dengan orang lain atau pengguna yang lainnya dimanapun. dengan syarat kita terhubung dengan jaringan internet.

 

Fungsi Komputer Dalam Kehidupan Sehari Hari

fungsi komputer secara umum

Fungsi dari komputer dalam kehidupan kita sehari-hari tidak hanya sebagai perangkat yang membantu kita menyelesaikan pekerjaan kita dari aspek pendidikan saja, komputer sendiri mencakup beberapa bidang pekerjaan lainnya.

Berikut ini fungsi komputer dalam beberapa bidang :

1. Ekonomi

Manfaat penting komputer dalam bidang ekonomi, seperti:

  • Mempermudah proses penghitungan. Ekonomi itu sendiri merupakan suatu bidang yang lekat dengan angka. Dengan munculnya sosok komputer ini pada bidang ekonomi sangat mempermudah proses dalam hitung menghitung, entah itu dari segi untung rugi, inflasi sampai prediksi dalam kondisi keuangan mendatang.
  • Memberikan informasi kondisi ekonomi. Manfaat dari internet mendatangkan suatu update berkala dari jaringan komputer. Semua informasi yang memiliki hubungan dalam kondisi ekonomi akan dilihat oleh banyak pihak.
  • Menjadi lahan bisnis. Manfaat jaringan komputer dapat dijadikan dasar oleh seseorang dalam mengemban dan mengembangkan bisnisnya.

2. Bidang Sosial

Komputer juga membantu dalam bidang sosial. seperti :

  • Mencari sahabat lama. Kita dapat mencari sahabat lama kita didalam komputer yang memiliki jaringan internet dan terhubung kedalam suatu sosial media yang dimiliki oleh pengguna.
  • Melihat dunia luar. Komputer yang tersambung kedalam jaringan internet dapat membantu kita dalam melihat aspek aspek yang ada pada dunia luar atau lebih mudahnya kita dapat melihat dunia atau tempat yang belum pernah kita lihat atau kunjungi sebelumnya.

3. Bidang teknologi

Manfaat komputer dalam bidang teknologi, seperti :

  • Mempermudah proses manufaktur. Hampir dari seluruh pabrik manufaktur memiliki beberapa mesin tertentu yang memanfaatkan komputer dalam menciptakan suatu produk.
  • Membantu mendeteksi kerusakan. Komputer akan sangat membantu kita jika sedang mengalami permasalahan yang ada pada alat-alat dan komputer akan membantu dalam mengetahui permasalahan dalam kerusakan alat kita.

4. Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan juga tidak dapat kita lepaskan dari manfaat kita dari jangkauan komputer kita yang satu ini. Komputer membantu kita dalam bidang pendidikan seperti :

  • Menambah wawasan. Komputer dapat kita gunakan sebagai alat untuk menambah wawasan yang tidak tertulis di dalam buku-buku yang kita baca, dengan syarat jika komputer yang kita gunakan tersambung dalam jaringan internet.

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi komputer yang tidak terkategori dan mungkin kalian bisa menentukan apa fungsi dari komputer di kehidupan sehari-hari. Bagaimana menurut kalian?

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *