Fungsi CMD

Selain digunakan untuk ping google.com -t, ternyata masih banyak fungsi cmd yang belum kita manfaatkan.

Command Prompt adalah aplikasi penerjemah baris perintah atau command line yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows,

CMD berfungsi untuk menjalankan perintah yang dimasukkan user. Perintah ini disebut command atau istilahnya ‘kode cmd”.

 


Cara Membuka CMD

cara buka cmd
Start Menu > Command Prompt

Sebagian perintah atau command dituliskan dalam bentuk skrip dan file batch, misalnya untuk troubleshooting dan masalah fungsi administrative windows lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengakses cmd, pertama melalui Start menu atau di Apps screen, tergantung Windows versi mana yang kalian gunakan.

Tampilan CMD secara default berwarna hitam, dengan tulisan berwarna putih. Selain melalui Start menu, kita juga membukanya melalui Run..

 

Cara Menggunakan CMD

contoh perintah cmd

Untuk menggunakan Command Prompt, kita cukup memasukkan command yang valid dengan atau tanpa parameter opsional.

  • Contoh: ping 8.8.8.8 -t (command yang digunakan adalah ping dengan parameter -t)

Setelah menekan enter, Command Prompt akan menjalankan perintah dan melakukan tugas / fungsi yang dirancang untuk dijalankan.

Ada banyak command yang bisa kita gunakan di cmd, tetapi ketersediaannya berbeda tiap-tiap sistem operasi yang kalian gunakan.

 

Hati-hati, dalam menggunakan syntax. Dalam beberapa perintah, apalagi command delete, sangat riskan jika kita salah memasukkan command-nya.

Command Prompt tersedia di setiap sistem operasi berbasis Windows NT seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, serta Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Di Windows 10 juga mungkin kalian sudah tau, bahwa ada aplikasi yang bernama PowerShell. Bukan tidak mungkin, kedepannya ia akan menggantikan fungsi cmd untuk kedepannya.

 

Contoh Command CMD

Berikut ini beberapa command yang sering digunakan untuk berbagai tujuan: chkdsk, copy, ftp, del, format, ping, attrib, net, dir, help, shutdown.

Masing-masing command memiliki fungsi dan parameternya sendiri, jadi jangan asal coba.

Untuk mengetahui fungsi cmd dengan command tertentu, gunakan parameter /? di akhir, misal: del /?, copy /?, dll..


komputertips.com

Baca juga: