Fungsi ALU

fungsi alu

Apa fungsi alu pada cpu komputer?. Arithmetic Logic Unit, adalah sebuah blok dari Central Processing Unit sebuah komputer.

Singkatnya, ALU adalah sirkuit digital yang fungsinya untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.

CPU modern memiliki ALU yang sangat powerful dan kompleks. Selain ALU, CPU modern juga pastinya memiliki Control Unit atau CU.


Cara Kerja ALU

Sebagian besar operasi CPU dilakukan oleh satu atau lebih ALU yang memuat data dari register input. Apa maksud dari register?

  • Register adalah sejumlah kecil penyimpanan yang tersedia dan merupakan bagian dari CPU.

Control Unit memberitahu ALU, operasi apa yang harus dilakukan pada data, kemudian ALU menyimpan hasilnya di register output.

Control Unit kembali memindahkan data antar register ini (input dan output), ALU dan juga Memory. Disini fungsi ALU tetap melakukan operasi aritmatika dan logika dasar.

  • Contoh operasi aritmatika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Contoh operasi logika adalah perbandingan seperti BUKAN, DAN, dan ATAU.

Berbeda dengan kita yang mampu mengingat bentuk, gambar, rasa dan warna. Semua informasi di komputer disimpan dan dimanipulasi dalam bentuk angka biner (ex: 0 & 1).


Transistor ALU

fungsi alu pada cpu

Transistor digunakan untuk memanipulasi angka biner karena memang hanya ada 2 kemungkinan pada saklar tersebut, yaitu terbuka ATAU tertutup.

Proses dapat dilakukan dengan menghubungkan beberapa transistor.

  • Jika transistor terbuka, maka tidak ada arus, mewakili 0.
  • Jika transistor tertutup, maka ada arus, melambangkan 1.

Satu transistor dapat digunakan untuk mengontrol yang kedua baik untuk menyalakan atau mematikan transistor tergantung pada keadaan transistor kedua ini.

Hal ini ini dikenal dengan gate, karena pengaturan dapat digunakan untuk mengizinkan atau menghentikan arus. Ada bermacam-macam yang bisa kita kenal, di antaranya:

  • NOT Gate
  • OR Gate
  • AND Gate

Selain 3 di atas, masih ada lagi nama-nama lain yang mungkin agak sulit diingat, tapi cukup 3 dasar tersebut dan lainnya bisa kalian pelajari lagi, lewat official study atau surrey.


Tujuan dari ALU memang untuk melakukan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. ALU adalah bagian dari CPU yang melakukan perhitungan cepat.

Selain fokus dengan fungsi ALU pada CPU, bagian lain juga ikut bertanggung jawab dengan memberikan argumen (perintah) ke ALU (ex: dari memori atau register internal) dan menyimpan hasilnya.

 

Baca juga:

Cara Cek Kesehatan Harddisk

Egan
1 min read

Arti LMAO

Egan
39 sec read

Cara Cek PING

Egan
48 sec read

One Reply to “Fungsi ALU”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *