Fungsi ALU

Apa fungsi alu pada cpu komputer?. Arithmetic Logic Unit, adalah sebuah blok dari Central Processing Unit sebuah komputer.

Singkatnya, ALU adalah sirkuit digital yang fungsinya untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.

CPU modern memiliki ALU yang sangat powerful dan kompleks. Selain ALU, CPU modern juga pastinya memiliki Control Unit atau CU.

ALU difungsikan untuk melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program

 


Fungsi & Cara Kerja ALU

cara kerja alu
gambar: upload.wikimedia.org

Sebagian besar operasi CPU dilakukan oleh satu atau lebih ALU yang memuat data dari register input. Apa maksud dari register?

  • Register adalah sejumlah kecil penyimpanan yang tersedia dan merupakan bagian dari CPU.

Control Unit memberitahu ALU, operasi apa yang harus dilakukan pada data, kemudian ALU menyimpan hasilnya di register output.

Control Unit kembali memindahkan data antar register ini (input dan output), ALU dan juga Memory. Disini fungsi ALU tetap melakukan operasi aritmatika dan logika dasar.

  • Contoh operasi aritmatika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Contoh operasi logika adalah perbandingan seperti BUKAN, DAN, dan ATAU.

Berbeda dengan kita yang mampu mengingat bentuk, gambar, rasa dan warna. Semua informasi di komputer disimpan dan dimanipulasi dalam bentuk angka biner (ex: 0 & 1).

Adder ALU

ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner two’s complement sedangkan rangkaian ALU yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan dengan Adder.

Adder berperan untuk memproses operasi aritmatika, Adder juga disebut rangkaian kombinasional aritmatika. Ada 3 jenis adder, yaitu:

  1. Rangkaian Adder dengan menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
  2. Rangkaian Adder dengan menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
  3. Rangkain Adder dengan menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder.

Tugas CU

Berikut tugas dari Control Unit:

  1. Mengatur atau mengendalikan input dan output.
  2. Mengambil instruksi dari memori utama / main memory.
  3. Mengambil data dari memori utama (kalau diperlukan oleh proses).
  4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika
  5. Mengawasi mengawasi kinerja ALU.
  6. Menyimpan hasil dari pemrosesan ke memori utama.

CU adalah singkatan dari Control Unit atau Unit kendali. Ia merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU di dalam CPU tersebut.

Output dari Control Unit juga akan digunakan untuk mengatur aktivitas dari bagian lainnya yang ada perangkat CPU tersebut.

 

Gambar ALU

gambar alu
74S181 4-bit ALU | gambar: upload.wikimedia.org

Transistor digunakan untuk memanipulasi angka biner karena memang hanya ada 2 kemungkinan pada saklar tersebut, yaitu terbuka ATAU tertutup.

Proses dapat dilakukan dengan menghubungkan beberapa transistor.

  • Jika transistor terbuka, maka tidak ada arus, mewakili 0.
  • Jika transistor tertutup, maka ada arus, melambangkan 1.

Satu transistor dapat digunakan untuk mengontrol yang kedua baik untuk menyalakan atau mematikan transistor tergantung pada keadaan transistor kedua ini.

Hal ini ini dikenal dengan gate, karena pengaturan dapat digunakan untuk mengizinkan atau menghentikan arus. Ada bermacam-macam yang bisa kita kenal, di antaranya:

  • NOT Gate
  • OR Gate
  • AND Gate

Selain 3 di atas, masih ada lagi nama-nama lain yang mungkin agak sulit diingat, tapi cukup 3 dasar tersebut dan lainnya bisa kalian pelajari lagi, lewat official study atau surrey.

 

Tujuan dari ALU memang untuk melakukan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. ALU adalah bagian dari CPU yang melakukan perhitungan cepat.

Selain fokus dengan fungsi ALU pada CPU, bagian lain juga ikut bertanggung jawab dengan memberikan argumen (perintah) ke ALU

(misal: dari memori atau register internal) dan menyimpan hasilnya.


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment