Data Roaming

data roaming

Advertisement

Sudah bukan rahasia umum, kebanyakan orang di Indonesia kurang mengerti apa itu Data Roaming. Padahal hampir semuanya pengguna smartphone.

Bahkan kata “Gawai” yang sebenarnya “Gadget” malah terdengar aneh di negeri sendiri. Oleh karena itu, memahami istilah-istilah asing sangatlah penting.

Salah satu istilah tersebut adalah data roaming, sudah tau pengertian dan arti dari kata ini?

 


Apa itu Data Roaming

apa itu data roaming
ilustrasi data roaming | via:soluno.com

Kita ilustrasikan dulu sebelumnya, bayangkan kita sedang pergi ke luar negeri dengan tentunya membawa smartphone kesayangan kesana.

Tentu akan terpikir sejenak, memang ada sinyal untuk telfon ya di sana? (bukan telpon whatsapp atau aplikasi lainnya). Memangnya ISP kita juga ada di negara tersebut?

Nah, disinilah perannya. Roaming data mengacu pada aktivitas telefon kita saat terhubung dengan jaringan lain di negara tertentu, yang jelas ada biayanya.

 

Berapa biayanya?

Saat berada di luar negeri, tentunya jaringan seluler yang memiliki fitur ini akan membebankan biaya untuk roaming ke jaringan lain. Pastikan kalian tahu berapa yang kalian bayar.

Advertisement

Intinya, biaya roaming untuk mengakses internet sangat tinggi dan bisa jadi biaya roaming kalian bisa lebih mahal dibanding biaya jalan-jalannya.

Jadi, the point is saat kalian bepergian ke luar negeri, kurangi biaya dengan teknik ini:

  • Pastikan untuk menggunakan data roaming saat keadaan penting (baca email, mencari informasi)
  • Matikan notifikasi sosial media yang background process. (IG, FB, Twitter, dll.)
  • Matikan fitur otomatis sync (android).
  • Mintalah password WiFi saat mengunjungi tempat di sana.
  • Gunakan paket roaming yang disediakan, jangan bayar setelah pakai.
  • Riset tempat sebelum pergi & beli buku informasi tentang daerah tujuan.

Tagihan ini mungkin tidak ditarik saat kalian sedang bepergian di sana, entah mungkin tidak mau merusak liburan, tetapi bisa membuat kalian terkejut saat menerimanya.

Advertisement

 

Tips

Jika kalian ke daerah eropa yang ramai, biasanya akan tersedia free Wifi di beberapa tempat seperti hotel, cafe, resto dll.

“Mahal”nya biaya yang dibebankan ke kita tergantung dari provider apa yang kita gunakan. Dan mungkin kalian bisa pertimbankgan untuk membeli SIM Card di sana (kalau ada)

Penghitungannya, misal kartu 3 (three) dengan biaya Rp. 22.000 per Mb saat kalian di Hungaria tetapi bisa Rp.177.000 saat kalian ke Croatia.

Sering-sering mencari informasi tentang biaya traveling melalui situs terpercaya bisa membantu kalian memperkecil biaya pengeluaran.


komputertips.com

Baca juga:

Apa itu SSHD

Nugroho
1 min read

GUI

Nugroho
1 min read

Cara Kerja DNS

Nugroho
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *