Dampak Positif dan Negatif Internet

dampak positif dan negatif internet

Segala sesuatu pastilah memiliki dua sisi yang saling berlawanan termasuk juga dengan adanya dampak positif dan negatif Internet, meskipun lebih banyak sisi baik daripada sisi buruknya.

Singkatnya, Internet banyak membantu kelangsungan hidup manusia, terutama hubungan komunikasi. Meskipun ini merupakan dampak positif terbesar, disaat yang sama kekuatan Internet disalahgunakan oleh beberapa orang, kelompok, hingga perusahaan.

Tak hanya Internet, dampak positif dan negatif iptek yang bisa kita rasakan saat ini sebagian besar masih berhubungan dengan privasi, tujuan, dan keuntungan dari penggunanya.

 

Dampak Negatif Internet

dampak negatif internet

Internet menjadi bagian penting dari kehidupan, terutama bagi para generasi milenial. Budaya selfie, hoax, hate speech pun juga tumbuh lebih cepat di sini. Meski banya orang yang nyaman dengan adanya Internet, dampak buruk tetap terasa seperti:

1. Kurangnya Privasi

Para perusahaan-perusahaan besar kadang memanfaatkan Internet untuk mendapatkan informasi pribadi dan bahkan pengambilan data pengguna, terkadang pengguna juga kurang aware tentang hal ini.

2. Pencurian Data

Pencurian data, lebih dari sekedar membaca informasi pribadi. Di sini, para penjahat Internet bisa memiliki kemampuan untuk benar-benar mencuri data yang sifatnya sangat penting seperti akun bank, kartu kredit, dll.

3. Membuang Waktu

Ga mungkin kalian ga setuju dengan ini, pasti pernah terjebak di kasur buka IG close, buka LINE trus diclose lagi, buak YouTube, FaceBook, tau-tau udah jam 9. Nah, inilah yang dimaksud membuang-buang waktu, orang bekerja dengan internet tidak termasuk golongan ini.

4. Monopoli Pasar

Kenyataan pahit memang, dimana perusahaan-perusahaan besar mulai hijrah dari toko menjadi sebuah marketplace. Di sini semakin mempersulit orang untuk bersaing dengan pasar dagang.

5. Bisnis Baru Bangkrut

Jangan heran ketika ada startup baru yang gulung tikar gara-gara adanya monopoli pasar. Di sini kita tak bisa menyalahkan siapa-siapa, tapi memang inilah salah satu dampak negatif dunia Internet, ya meskipun bisnis memang saling memakan.

6. Depresi

Meskipun terlihat halus, salah satu dampak negatif internet bagi pelajar adalah ketika melihat teman-temannya having fun tanpa dia. Terkadang ada orang yang sensitif akan hal ini, hal ini mungkin bisa diatasi dengan tidak menggunakan sosmed, atau mengurangi penggunaan Internet.

Dampak buruk di atas bahkan mungkin belum semuanya, saat artikel ini dibuat kita sedang mempelajari Artificial Intelligence, teknologi AI mungkin kedepannya bisa menggantikan posisi manusia untuk posisi pekerjaan.

 

Dampak Positif Internet

dampak positif internet

Internet adalah salah satu temuan yang paling berpengaruh di dunia, jembatan penghubung dengan dunia luar ini memberikan pengetahuan dan hiburan yang tak ada habisnya, di bawah ini adalah beberapa dampak positif dari Internet.

1. Sumber informasi dan pengetahuan

Saat ini buku seakan menjadi alat bantu dan Internet menjadi sumber utama dari bacaan-bacaan dan referensi yang dianggap relevan. Banyak E-book, sumber bacaan dan sumber ilmu lain yang tersebar di Internet yang tinggal kita baca.

2. Mempermudah komunikasi 

Sosial Media, Messaging, Blog adalah contoh tempat kita saling berkomunikasi satu sama lain. Bahkan pulsa seakan tak ada lagi ada harganya dimata Internet, biaya komunikasi jauh lebih murah dan lebih cepat.

3. Membantu navigasi 

Saat kita pergi ke suatu tempat, dulu mungkin kita bisa bertanya ke penduduk sekitar, tapi sekarang cukup nyalakan fitur GPS di smartphone dan buka maps, masalah teratasi. Tingkat akurasi dari maps ini, meskipun mungkin belum akurat mendeteksi kemacetan.

4. Membantu pekerjaan

Bekerja dan mencari uang bisa lebih mudah dengan adanya Internet. Contohlah seorang programmer, pasti ada waktu dimana ia lupa coding tertentu, di sinilah peran internet bekerja. Selain itu Internet juga bisa digunakan untuk mencari uang.

5. Sarana Hiburan

YouTube, 9GAG, dan sumber hiburan lainnya itu menjadi alat bantu mengurangi tingkat stress yang dialami kita. Berangkat pagi, pulang sore, ga mungkin dong ada orang yang ga stress mengikuti alur hidup seperti ini?

 

Kesimpulan

Kehidupan tanpa Internet pastilah terasa mustahil, tapi tidak sepenuhnya benar. Dulu dunia tanpa ada Internet tetap berjalan, bedanya di masa modern mungkin yang serba cepat, manusia menggunakan internet untuk kepentingan bisnis dan karir mereka.

Seburuk apapun netizen di Internet yang terbius dengan perilaku para influencer, hal ini masih bisa kita filter dengan bantuan algoritma yang disediakan, atau dengan pengawasan dari orang tua, kecuali kalian orang dewasa, ya itu kesalahan kalian sendiri.

Menurut kalian, dampak positif dan negatif internet itu apa sih? share pengalaman kalian yuk, siapa tau ada teman kita yang terbantu dengan sharing kalian, pahala jariyah loh.

Cara Kerja DNS

Egan
1 min read

Pengertian Routing

Egan
1 min read

Tujuan Prakerin

Egan
1 min read

2 Replies to “Dampak Positif dan Negatif Internet”

Leave a Reply