Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Customer Service

customer service

Pernahkah kalian ke suatu tempat dan selalu ditujukkan ke bagian Customer Service atau cuma sekedar singkatan CS?. Misalnya: “langsung ke bagian CS aja mas” atau “langsung ke customer service mas.

Ternyata, mereka yang bekerja di bidang ini bukanlah orang yang bisa seenaknya dipilih dan dipekerjakan. Bahkan, CS memiliki pengaruh besar terhadap kinerja dan nama baik perusahaan.

Customer Service adalah proses untuk memastikan kepuasan seorang customer saat menggunakan produk atau layanan/jasa yang kita tawarkan, baik saat melakukan transaksi, setelah, atau mencari solusi suatu permasalahan.

Kita di sini seringkali menyalah artikan bahwa CS adalah orangnya, padahal CS di sini lebih ke kegiatan dan tugas dari bagian tersebut, itulah pengertian customer service.

 

Tugas Customer Service

tugas customer service

Jika kalian ditawarkan untuk bekerja di bidang ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi antara skill, kemampuan, kekurangan dan jenis layanan atau produk seperti apa yang ditawarkan perusahaan kita.

Beberapa tugas CS, di antaranya:

  1. Memberikan bantuan dan saran kepada customer
  2. Melakukan interaksi langsung dengan customer
  3. Melakukan survey data beberapa customer untuk pengembangan perusahaan
  4. Menjaga dan meningkatkan nama baik perusahaan

4 Poin di atas mungkin belum kita sebutkan semua, tapi sebagian besar tugas yang akan menjadi tanggung jawab kalian ya berhubungan dengan konsumen, pelanggan atau customer.

Beberapa hal di bawah ini juga terkadang kurang diperhatikan orang saat menerima pekerjaan sebagai CS

  • Bantuan ataupun saran yang kita berikan pada mereka haruslah berupa solusi, karena kebanyakan dari customer datang dengan berbagai masalah yang berbeda.
  • Product Knowledge sangat diperlukan, apalagi hal tersebut berupa benda elektronik, tau sendiri bukan kebanyakan pengguna gadget masih sedikit awam
  • Pekerjaan ini bukanlah hal yang rendah karena kalian berlatih berhubungan langsung dengan masalah yang dihadapi orang lain.
  • Semakin baik penyampaian, semakin baik feedback dari para pemilik masalah, semakin baik juga nama kalian di mata perusahaan.

 

Tips Mencari Customer Service

pengertian customer service

Ingat ya temen-temen, CS merupakan bagian penting untuk mengelola relasi yang kita miliki dengan para klien, yang pastinya ini menjadi kunci utama dalam mengembangkan usaha.

1. Memahami Calon CS

CS bukanlah hanya sekedar mencari orang untuk mengatasi masalah dengan teori yang diterapkan atau ditentukan secara mendasar. Kepribadian dari calon CS juga perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikannya di ekosistem kerja.

Seorang CS, seharusnya menjadi perhentian terakhir ketika seorang pelanggan memiliki masalah. Ketika masalah ini bertemu CS, harusnya langsung selesai di tangan CS karena jika mereka ga bisa handle, kemana lagi konsumen pergi?

Terlepas dari gender seorang CS, cara bicara, tata bahasa dan nada bicara sangat menentukan kepuasan dari konsumen, so be gentle.

2. CS Memengaruhi Reputasi

Meskipun dengan skill dan kualitas yang baik, jika etika dan sopan santun tidak diterapkan saat menghadapi konsumen, pastinya reputasi dari perusahaan akan hancur.

Masyarakat kita masih mudah terpengaruh dengan review mulut ke mulut dibandingkan langsung datang ke tempat dan menilai langsung, mungkin kita pribadi juga pernah dengar “mending di sana, di situ yang melayani jutek”.

Diluar sana banyak sumber daya manusia yang siap bersaing untuk menduduki posisi teratas, namun hanya sedikit yang diseimbangi dengan rendah diri, jujur dan amanah. Ingat, tidak semua ya.

3. Biaya Seorang CS

Setelah kalian menemukan calon yang sekiranya bagus dan sesuai dengan ekspektasi, cobalah untuk bernegosiasi dengan memberikan harga yang memang membuat dia berpikir, opportunity don’t come twice.

Iya kalian bisa menghemat ratusan ribu atau mungkin jutaan dengan menyewa CS yang standar, tapi mungkin kalian akan kehilangan kesempatan meraih ratusan juta atau mungkin miliaran rupiah.

4. Prioritas Seorang CS

Perlu ditanamkan dari awal oleh si CS bahwa hal yang paling kita utamakan adalah kepuasan pelanggan dibanding kuota atau target mingguan yang mendapatkan bonus.

Beberapa prosedur mungkin akan sulit dipahami oleh konsumen, di sinilah peran CS untuk sebagai jembatan antara si pelanggan dengan penyedia jasa atau pemilik produk, jelaskan dengan baik dan mudah dipahami.

5. Etos Kerja Individu

Ada orang yang belum masuk sudah siap absen, ada orang yang detik-detik terakhir telat baru datang. Terlepas dari kesibukan dan masalah yang dihadapi mereka, profesionalitas tak terikat dengan perasaan.

Mampu bekerja sama dalam sebuah tim, friendly, mau membantu rekan lain, mau mendengar nasihat. Meskipun jarang, pasti masih ada orang seperti ini yang akan mendaftar ke perusahaan kalian.

Meskipun penampilan memang mampu meredakan kekesalan konsumen, tetap adab dan perilaku yang utama, meski saat ini, CS mulai bermigrasi dan sudah goes-to-online.

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Simbol Flowchart

Avatar for Egan Egan
1 min read

Augmented Reality

Avatar for Egan Egan
1 min read

Big Data

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *