Cara Screenshot di Laptop – Mengabadikan momen yang berlalu cepat memang memiliki kesan tersendiri bukan? kadang perlu juga untuk tau tombol-tombol apa saja yang bisa digunakan untuk memfoto layar. Screenshot layar di laptop dengan memfotonya sangatlah berbeda.

Untuk memiliki kualitas screenshot yang nyaman dilihat, ikut langkah di bawah ini ya.

1. Menekan Tombol PrtSc

cara screenshot di laptop menggunakan prtsc

Tombol print screen yang ada pada keyboard, disingkat PrtSc, tombolnya terletak di samping kiri ScrLk di atas tombol arah. Fungsi tombol ini tak lain adalah untuk menangkap gambar dan tulisan yang sedang berlangsung di layar.

Setelah menekan tombol, buka paint dan paste gambar yang sudah kalian screenshot ke paint (shortcut: Ctrl + V). Setelah itu save gambarnya

 

2. Menekan Tombol Win + PrtSc

cara screenshot di laptop menggunakan win prtsc

Seperti layaknya menggunakan PrtSc namun ditambah dengan tombol Windows  (yang ada di sebelah Alt). Tekan dulu tombol Windows lalu lanjutkan dengan tombol PrtSc, beberapa saat layar akan dimming.

Setelah layar kembali normal, gambar yang sudah kalian screenshot otomatis berada di “My Images“. Pengguna Windows 10 bisa melihat hasilnya di “Folders -> Pictures -> Screenshots.

 

3. Menekan Tombol Alt + PrtSc

cara screenshot di laptop menggunakan alt prtsc

Berbeda dari sekedar print screen, jika kalian menggunakan variasi Alt + PrtSc, bagian gambar yang kalian dapatkan bukanlah sepenuh layar melainkan hanya sepotong gambar pada program yang sedang aktif.

Cara screenshot di laptop yang ketiga ini memang unik. Jadi jika kalian sedang membuka Folder atau sekedar browsing seperti di atas, gambar yang terambil hanyalah pada program yang aktif.

 

3. Menekan Tombol Win + Shift + S (Win10)

cara screenshot di laptop menggunakan win shift s

Berbeda dari screenshot biasa, di Windows 10 kalian bisa memilih bagian mana yang ingin kalian screenshot. Sesaat setelah menekan tombol, layar akan dimming dan akan muncul kotak yang digunakan untuk memilih bagian yang ingin di ambil gambarnya.

Seperti sebelumnya, kalian juga tetap harus membuka paint setelahnya, paste screenshot yang kalian ambil tadi dengan menggunakan Ctrl+V. Tombol ini bisa digunakan baik di komputer ataupun laptop

 

4. Menggunakan Variasi Fn

Cara screenshot di laptop via Fn memiliki fungsi berbeda dengan keyboard komputer meskipun sebenarnya hanya tombol PrtScn lah yang harus ditekan (sumber gambar: keyboard laptop)

IlustrasiFungsi
menggunakan fn dan prtscnFn + PrtScn -Mengambil screenshot layar keseluruhan dan menyimpannya di dalam clipboard, setelah itu sama seperti tombol standar PrtSc
menggunakan fn alt dan prtscn Fn + Alt + PrtScn – Mengambil Screenshot pada layar yang sedang aktif saja. Misalnya kalian membuka Chrome berukuran setengah, ya nanti hanya chrome saja yang terambil tanpa Desktop
menggunakan fn win dan prtscnFn + Windows + PrtScn – Mengambil Screenshot secara keseluruhan dan langsung menyimpannya dalam bentuk file bergambar. Tanpa bantuan alat lagi, Windows secara otomatis akan menyimpan gambar di galeri (Picture / My Images).

Jika laptop kalian memiliki tombol berbeda, tolong sesuaikan saja karena desain keyboard pada laptop juga kebijakan dari pembuat laptopnya. Kadang ada keyboard yang dilengkapi NumLock, kadang ada laptop yang memiliki bulatan di tengahnya.

 

5. Menggunakan Snipping Tool

cara screenshot di laptop menggunakan snipping tool

Snipping Tool adalah sebuah alat yang memiliki kemampuan untuk mengambil gambar layar yang sedang aktif, kelebihannya ia bisa mengambil screenshot dalam bentuk bermacam-macam seperti rectangular areas, free-form (memilih secara manual menggambar garis), atau layar seutuhnya.

 

6. Menggunakan Aplikasi

cara screenshot di laptop menggunakan aplikasi

Menggunakan aplikasi seperti LightShot atau ShareX juga bisa membantu kita untuk mengambil screenshot dengan lebih berkualitas karena memang aplikasi ini dibuat khusus untuk mengambil screenshot gambar. Banyak tools tambahan yang membuat screenshot lebih berarti.

Gimana? apakah masalah kalian teratasi? semoga tutorial ini mudah untuk kalian cerna ya. Good luck and see you next time.