Cara Mengatasi Microsoft.ace.oleDB.12.0 | Not Registered

Pada beberapa kasus, ketika kita mencoba untuk mendapatkan data dari Excel tapi saat click event muncul error Microsoft.ace.oleDB.12.0 string, seperti gambar di bawah ini:

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements
oledb adalah

string connString = “Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=C:\\source\\SiteCore65\\Individual-Data.xls;Extended Properties=Excel 8.0;”;

atau seperti ini?

The microsoft.ace.oledb.12.0 provider is not registered on the local machine.

Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan error The microsoft.ace.oledb.12.0 pada saat kamu mencoba untuk menyambungkan ke file accdb atau xlsx. Hal tersebut tentu saja tergantung pada apa yang kamu lakukan.

Salah satu yang menjadi penyebab masalah ini adalah database tidak di install di sistem secara default, misalnya seperti database Microsoft Access Database Engine 2010 Redistributable, 2016 Redistributable, dan Microsoft Office Access 2007.

Dalam hal ini versi 2007 hanya tersedia untuk komponen sistem 32 bit. Sedangkan untuk versi 2010 dan juga 2016 menawarkan pilihan untuk sistem 32 bit dan juga 64 bit.

Kamu harus berhati-hati dalam memilih mana yang akan kamu gunakan. Hal tersebut karena jika pilihan kamu salah, maka besar kemungkinan akan menyebabkan error.

Memang hal ini jarang terjadi, tapi untuk mengatasi masalah ini, silakan coba solusi di bawah ini.

Solusi di bawah ini hasil dari pengamatan uji test yang berhasil saja. Solusi ini work pada:

  • 64-bit Windows 7
  • 64-bit MS Office

Cara Mengatasi Microsoft.ace.oleDB.12.0

Pada dasarnya ada 2 cara atau langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah error The microsoft.ace.oledb.12.0, yaitu sebagai berikut:

1. Install Microsoft Access Database Engine

NOTE: Ada banyak Thread di forum yang memiliki masalah serupa, dan semuanya merekomendasikan untuk melakukan install Microsoft Access Database Engine.

Disclaimer: Gambar yang digunakan di bawah ini berasal dari masalah milik orang lain yang mungkin juga sama dengan kalian.

microsoft oledb 12.0 provider is not registered on the local machine

Coba install beberapa engine yang diperlukan untuk mengatasi error tersebut:

Jika proses download yang kamu lakukan sudah selesai, proses yang selanjutnya adalah kamu harus melakukan install. Jika proses install sudah selesai, silakan kamu bisa melakukan restart pada perangkat komputer atau laptop yang kamu miliki.

Beberapa Office dari versi 2007 – 2016 bisa jadi memiliki masalah microsoft.ace.oledb.12.0. Gunakan link yang sesuai dengan tipe sistem yang kalian miliki, x86 itu 32 bit, dan x64 itu 64 bit.

2. Melakukan Setting Aplikasi ASP.Net

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan setting aplikasi ASP.net. Oh ya cara ini efektif untuk sistem operasi Windows 7 ya.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan cara ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pergi ke kotak pencarian
  • Ketikan “Control Panel
  • Klik System and Security
  • Pilih Administrative Tools
  • Klik Internet Information Services Manager
  • Pilih Application Pools
  • Klik Advanced Settings
the 'microsoft.ace.oledb.12.0' provider is not registered on the local machine. vb.net
  • Ubah pada bagian “Enable 32 bit Application” menjadi True
ace.oledb.12.0 provider is not registered on the local machine
  • Selesai

Pastinya, pekerjaan kita akan terasa semakin sulit jika tidak kita atasi secepatnya, semoga selesai dan bisa lanjut kerja.


komputertips.com

Baca juga: