8 Cara Mengatasi Entry Point Not Found | Windows 7, 8, 10

Salah satu problem yang muncul ketika kita menggunakan perangkat dengan OS windows adalah munculnya error “entry point not found“.

ADVERTISEMENTS
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sistem operasi Windows dan segala software yang berjalan di dalamnya memang dikenal dengan kegunaan dan kualitasnya, tetapi memang tak ada sesuatu yang dibuat oleh manusia yang sempurna.

Pesan error tersebut biasanya muncul dengan tulisan: “the procedure entry point could not be located in the dynamic link library“.

Error entry point not found ini muncul dalam beberapa versi sistem operasi Windows yaitu Windows 7, 8, dan juga 10.

Tenang saja, masalah ini bisa kamu atasi dengan sangat mudah dengan melalui beberapa cara atau langkah yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat reparasi komputer untuk memperbaikinya.

Bagaimana solusinya? Oke, langsung saja kita simak pembahasannya dalam artikel ini secara lengkap dan mudah dipahami.


Apa itu Entry Point

the procedure entry point setdefaultdlldirectories could not be located kernel32.dll

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi entry point not found tentu lebih baik kita membahas terlebih dahulu tentang entry point.

Perlu kamu tahu bahwa entry point adalah sebuah titik akhir dari sebuah software ketika program selesai di load sepenuhnya.

Dengan kata lain, merupakan sebuah proses instruksi pertama, yang mana seluruh resource sebuah software dijalankan akan dialihkan dari operating system ke software tersebut.

Misal: jika kita menggunakan Windows 10 dan membuka browser, maka entry point-nya adalah ketika browser berhasil terbuka sepenuhnya dan resource diarahkan pada browser (entry point) bukan ke Windows

Tapi, Jika entry point tidak ditemukan, artinya file yang diperlukan untuk menyerahkan proses itulah yang rusak, unreadable, atau memang hilang.

Penyebabnya tentu bermacam-macam, tetapi pada umumnya disebabkan karena sistem kurang dimaksimalkan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perangkat komputer atau laptop yang mengalami error ini akan dibarengi dengan kondisi performa perangkat yang sudah mulai melambat.

Mengatasi Entry Point Not Found

Oke untuk bisa mengatasi masalah ini kita akan fokus pada 2 hal terlebih dahulu yaitu tentang program yang ingin dijalankan dan juga fokus pada sistem yang digunakan.

Terdapat beberapa langkah atau cara mudah yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki error entry point not found, yaitu sebagai berikut:

1. Install Visual C++ yang Dibutuhkan

cara mengatasi entry point not found

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install visual C++ yang dibutuhkan oleh perangkat kamu.

Sebelum kalian memilih redistributable package mana yang kalian akan install, cari tahu dulu tentang file apa yang kalian perlukan.

Misal, msvcrt.dll atau libxml2.dll, maka untuk mengisi file msvcrt.dll, kalian membutuhkan Visual C++ 2005.

Biasanya masalah ini muncul ketika kita ingin bermain game, seperti GTA V, Call of Duty, Rules of Survival, dll.

2. Install Ulang Game atau Aplikasi

entry point not found pes 2016

Kamu pasti tahu kamu jika sebuah program atau software terdiri dari berbagai macam kode dan juga desain interface.

Tentu saja menjadi sebuah hal yang bisa dibilang hampir mustahil bagi kamu untuk mencari source kode yang error kan?

Bisa saja kamu mencari kode yang error tersebut, tetapi tentu saja hal tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, terkadang melakukan install ulang adalah solusi terbaik ketika kalian mengalami error entry point.

Modern problems need modern solution

Selama kalian masih punya installer / disk setup, yang perlu kalian lakukan adalah melakukan repair file yang hilang / rusak tersebut, lalu cobalah melakukan MD5 validation.

3. Cek Sistem file Dengan CMD

the procedure entry point could not be located

Solusi selanjutnya untuk mengatasi entry point not found adalah dengan menggunakan CMD atau command prompt.

Melakukan pengecekan secara manual sebuah sistem yang mempunyai banyak sekali kode dan item yang perlu dicek tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat merepotkan.

Hal tersebut tentu saja dapat dilakukan dengan cepat jika kamu menggunakan fungsi CMD.

  • Buka command prompt as administrator. (tekan tombol Windows +X)
  • Ketik sfc /scannow
  • Tekan enter
  • Tunggu prosesnya selesai

Nanti akan muncul tulisan seperti ini:

  • Beginning system scan. This process will take some time.
  • Beginning verification phase of system scan.

Perlu kamu tahu bahwa perintah “sfc/scannow” ditujukan untuk dapat secara langsung mencari dan juga memperbaiki error yang terjadi pada drive yang ada di sistem.

Masalah entry point not found ini memang umum tapi terkadang kita bingung dan panik duluan untuk mengatasinya.

4. Selalu Update Windows

entry point not found windows 7

Solusi selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah adalah dengan melakukan update sistem operasi windows secara berkala / schedule.

Microsoft, pasti akan selalu memperbaiki bug, error dan juga memperbaikinya dengan melalui Windows update, tapi jika kalian tidak update, bagaimana bisa dapat pembaruan?

Jika perangkat yang kamu gunakan sudah menggunakan sistem operasi Windows tentu saja kamu akan bisa dengan mudah untuk melakukan update versi Windows terbaru.

5. Melakukan Install File dll Secara Manual

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang file dll secara manual.

Perlu kamu tahu bahwa biasanya error entry point not found dibarengi dengan adanya error yang terjadi pada file dll.

Jika kamu memang beruntung, kamu mungkin akan bisa melihat file dll apa yang mengalami error dan di mana letak file tersebut berada.

Apabila kamu sudah mengetahui jawabannya atau penyebabnya, maka kamu dapat memperbaikinya dengan cara melakukan install ulang file dll secara manual.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan melakukan install file seperti .Net Framework, dan DirectX.

6. Melakukan System Restore

Jika kamu belum mengetahui penyebab dari error tersebut dan sistem perangkat komputer atau laptop kamu baik-baik saja, maka kamu bisa melakukan system restore.

Perlu diketahui bahwa jika kondisinya demikian, maka penyebab error yang terjadi tentu saja bisa berasal dari beberapa faktor.

Oleh karena itu, untuk dapat mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukannya dengan cara melakukan system restore.

Supaya kamu bisa lebih paham tentang bagaimana cara melakukan restore system, kamu bisa lihat video berikut ini ya.

Dengan melakukan system restore, maka kamu akan bisa mengembalikan seluruh konfigurasi sistem dan juga file yang ada di dalamnya ke keadaan semula ketika sistemnya masih normal.

7. Melakukan Install Ulang Windows

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows original tentu saja, hanya dengan cara update saja kamu mungkin bisa mengatasi masalah error entry point not found.

Namun, jika kamu menggunakan sistem operasi Windows yang bukan original tentu saja kamu disarankan untuk melakukan install uang sistem operasi Windows.

Terlebih lagi jika kamu sudah melakukan cara restore system tidak kunjung berhasil mengatasi masalah error entry point not found.

Hal tersebut berarti restore point yang ada di sistem perangkat kamu memang sudah terdapat kerusakan.

Oleh karena itu, satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi Windows.

Hal ini tentu saja bertujuan supaya seluruh file sistem yang ada di perangkat kamu diganti dengan file sistem yang baru.

Jika seluruh file sistem yang ada di perangkat kamu sudah versi yang terbaru, tentu saja error yang terjadi sudah hilang.

8. Melakukan Pengecekan Hard Disk Komputer

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi error entry point not found adalah dengan cara melakukan pengecekan hard disk komputer.

Perlu kamu tahu bahwa selain berasal dari sistem, error ini juga bisa terjadi karena adanya masalah pada komponen perangkat keras.

Hal ini biasanya terjadi pada perangkat komputer atau laptop yang menggunakan hard disk. Jika hard disk yang kamu gunakan mengalami masalah, tentu data aplikasi yang ada di dalamnya juga akan mengalami masalah.

Dampaknya tentu saja akan berpengaruh pada saat kamu membuka sebuah program atau software. Untuk melakukan pengecekan hard disk kamu bisa menggunakan aplikasi HDTune atau HDDSentinel.

Jika memang benar ada kerusakan pada perangkat hard disk kamu tentu saja hard disk yang kamu gunakan harus segera diganti dengan yang baru.


komputertips.com

Baca juga: