Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Cara Membuat Grafik di Excel

Cara Membuat Grafik di Excel 1

Cara buat grafik di Excel memang susah-susah gampang. Grafik atau yang sering disebut dengan Chart ini lebih mudah untuk dilihat dan dibaca secara data daripada kita harus melihat angka dalam jumlah banyak.

Selain memperindah dokumen, penggunaan chart atau grafik juga memberikan kesan profesional dalam penghitungan data. Jenis grafik yang dominan kita gunakan adalah bentuk lingkaran (pie), Column Chart dan juga Line Chart.

 

Langkah Membuat Chart

Untuk memudahkan, kita akan menggunakan sedikit data terlebih dahulu yang nanti bisa kalian aplikasikan ke dalam tugas kalian.

Pertama, block dari range yang dimaksud untuk dijadikan data grafik. (gambar 1)

cara membuat grafik di excel 2010
gambar 1

Kedua, pada bagian tab “Insert” di bagian Charts, pilih satu yang gambarnya seperti jaring-jaring. (gambar 2)

cara membuat grafik di excel 2016
gambar 2

Ketiga, Pilih tipe grafik yang cocok untuk digunakan pada data kalian, atau sesuai keinginan kalian misalnya Line with Markers ini. (gambar 3)

cara bikin grafik di excel
gambar 3

Setelah selesai, kalian akan melihat grafik yang telah kalian buat dan bisa kalian cocokan sendiri jika kurang yakin dengan grafiknya.

cara membuat grafik di excel
gambar 4

 

Membuat Chart di Excel Terbaru

Di aplikasi Office terbaru, penggunaan chart semakin dimudahkan untuk penggunanya. Cara membuat grafik di excel terbaru juga semakin mudah tentunya, langkahnya:

  1. Pilih Data yang mau dijadikan grafik
  2. Klik Insert > Recommended Charts
  3. Pilih Grafik yang ingin digunakan
  4. Ok.

Selain penggunaan grafik, adanya garis yang menunjukkan tingkat popularitas suatu data juga bisa kita lihat, apakah dia naik ataukah turun. Garis ini sangat berguna untuk membaca trend pada data yang memiliki banyak data, caranya:

  1. Pilih Chart yang ingin di edit
  2. Pilih Design > Add Chart Element
  3. Pilih Trendline dan pilih juga tipe garis yang seperti apa yang ingin digunakan
  4. Klik dan selesai.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca artikel dari support microsoft atau melihat video tutorial berdurasi 2 menit di bawah ini.

Note: Tombol Shortcut untuk membuat grafik pada excel adalah Alt + F1, tetapi posisi cursor berada di data yang dimaksud. Tetapi jenis grafik yang digunakan mungkin tidak sesuai dengan harapan kalian, itulah mengapa admin lebih merekomendasikan cara manual

Dengan adanya grafik, tentunya laporan dan tampilan sheet kita menjadi lebih menarik. Semoga bermanfaat, nantikan juga artikel menarik lain seputar teknologi dari Komputer Tips ya!

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Cara Membuat File RAR

Avatar for Egan Egan
45 sec read

Cara Ganti Password Gmail

Avatar for Egan Egan
1 min read

Cara Partisi Hardisk

Avatar for Egan Egan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *