Cara Membuat Bingkai di Word

cara membuat bingkai di word

Aplikasi Microsoft Word tidak semata-mata digunakan hanya untuk menulis atau mengetik saja. Kita pun dapat melakukan banyak hal seperti membuat watermark atau mempercantik tampilan teks dengan bingkai.

Bingkai yang akan dibahas tentu saja jauh berbeda dengan bingkai yang sering kita lihat di foto. Bingkai yang dimaksud adalah garis-garis yang terdapat pada bagian kanan, kiri, atas dan juga bawah teks yang telah ditulis.

Tentu sangat penting terutama jika kalian memang bekerja menggunakan word dan harus memahami bagaimana cara membuat bingkai di microsoft word.

  1. Fungsi utama dari bingkai tentu saja untuk mempercantik penampilan teks.
  2. Bingkai juga berfungsi untuk menarik perhatian mata serta lebih menonjolkan informasi yang hendak disampaikan.
  3. Bingkai dapat digunakan untuk berbagai jenis dokumen seperti ijazah, akta kelahiran, sertifikat, piagam penghargaan atau bahkan undangan.

Bingkai atau border yang di sediakan di Word sangatlah beragam, kita dapat menyesuaikan bentuk border berdasarkan kebutuhan dan selera masing-masing, ada beberapa jenis border yang disediakan oleh Word seperti di bawah ini.

 

Variasi & Jenis Bingkai

Ada bingkai atau border dengan bentuk garis putus-putus, ada juga bingkai dalam bentuk yang lucu-lucu dan penuh warna. Misalnya bingkai dengan bentuk gambar hati, permen, pohon cemara, bintang dan lain sebagainya.

Untuk memakai bingkai jenis ini, kita dapat mengaktifkan fitur Arts Borders. Sebenarnya cara membuat bingkai di word 2007 yang tidak jauh berbeda dengan cara membuat bingkai di word 2010. Hanya saja kita perlu memperhatikan letak tab dan variasi fitur di dalamnya.

Cara Mudah Membuat Bingkai di Word

Seperti yang sudah dibahas di atas, jenis-jenis bingkai atau border dalam microsoft word dibagi menjadi dua yakni bingkai dengan bentuk Style dan bentuk Arts. Untuk bingkai border yang umumnya digunakan seperti garis-garis putus, bergerigi atau yang lebih sering disebut sebagai Style Borders.

Jika kita menginginkan bingkai yang lebih kreatif dan unik, maka kita dapat memanfaatkan fitur Arts Borders untuk mendapatkan tampilan bingkai yang lebih unik dan menarik. Berikut akan kita ulas bersama tutorial cara membuat bingkai di Ms.Word :

1. Bingkai Style Border

style border di word

Tingkat Kesulitan: Easy

Tipe bingkai yang satu ini memungkinkan kita untuk membuat bingkai dengan tampilan sederhana seperti garis-garis putus, bergerigi, hitam putih dan lain sebagainya. Cara membuat bingkai jenis ini pun cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buat atau buka dokumen yang akan diberi bingkai.
  2. Kemudian, masuk tab Design dan klik Page Borders (kanan atas).
  3. Selanjutnya, kita tinggal memilih dan mengatur jenis style borders yang kita inginkan.
  4. Terakhir, klik bingkai yang telah kita pilih lalu ok.

 

2. Bingkai Arts Borders

art border di word

Tingkat Kesulitan: Medium

Dengan fitur Arts Borders, beragam bingkai unik dengan gambar hati, pohon cemara, permen, bintang maupun gambar lainnya bisa kita pilih.

Dengan menggunakan bingkai jenis ini, akan membuat tampilan teks menjadi terlihat lebih menarik. Terutama jika kita ingin membuat dokumen seperti undangan anak-anak atau dokumen yang membutuhkan kreatifitas, maka bingkai seperti ini lebih dibutuhkan:

  1. Pertama, buat atau buka dokumen yang akan diberi bingkai.
  2. Kemudian, masuk tab Design dan klik Page Borders (kanan atas).
  3. Selanjutnya, pada kolom Art di bawah Width, pilih gambar yang kita inginkan
  4. Pilih Arts Border yang kita inginkan, setelah itu klik ok.

 

Mengedit dan Mempercantik Bingkai

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mengedit atau mempercantik bingkai yang kita gunakan. Kita bisa mengatur ketebalan, tata letak, bahkan mengedit bingkai menjadi efek 3D di komputer kalian.

3D border di word

Untuk melakukan hal ini, kita masih memanfaatkan fitur yang ada pada Page Borders, untuk mengedit dan mengutak-atik bingkai yang kita pilih sesuai dengan keinginan, caranya:

  1. Pertama, siapkan dokumen yang telah diberi bingkai.
  2. Kedua, Masuk ke tab Design dan klik Page Borders (kanan atas).
  3. Untuk mengganti warna, klik Color.
  4. Untuk mempertebal, klik Width.
  5. Untuk menggunakan bingkai dengan efek 3D, klik 3D di samping sebelah kiri.
  6. Untuk menggunakan efek seperti shadow, box maupun 3D, ada di bagian kiri.
  7. Terakhir, setelah semua editan dirasa cukup klik OK untuk mengaplikasikan bingkai.

 

Page Border Berbeda Dalam Satu Dokumen

border berbeda di word

Pada tahapan ini, admin anggap kita semua paham cara untuk memasukkan bingkai ke dalam dokumen, dan bagian ini hanyalah tambahan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pisahkan dokumen dengan section break dengan cara masuk ke Page Layout > Breaks lalu Section Breaks > Next.
  • Selanjutnya, akan muncul Page Borders.
  • Pilih bingkai yang diinginkan setelah itu klik ok.

Pada aplikasi Microsoft word yang terbaru, mungkin langkahnya akan sedikit berbeda, misalnya pada Microsoft Word 2019, langkahnya akan menjadi lebih simpel, yaitu:

  • Masuk tab Layout
  • Klik Break > Next Page
  • Kemudian, masuk tab Design
  • Pilih Page Borders
  • Pada bagian Apply to pilih This Section
  • Klik OK.

Yang jelas, mau versi apapun office yang kalian gunakan caranya sama, mungkin yang berbeda cuma tombol dan tampilannya saja.

 

Bisakah Membuat Bingkai Word Lewat Handphone?

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, hal yang paling utama adalah dilihat dari segi praktisnya. Kita juga tidak harus memakai PC, komputer atau laptop untuk mempercantik tampilan dokumen, kita bisa memanfaatkan smartphone yang kita miliki.

Cara untuk membuat bingkai di word pada android adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word di smartphone kita. Tetapi tidak semua aplikasi office android dapat digunakan untuk menambahkan border atau bingkai. Oleh karenanya kita harus memastikan aplikasi tersebut memiliki fitur border. Selamat mencoba ya.

Cara Mirror di Photoshop

Egan
38 sec read

Resetter Epson L350

Egan
52 sec read

Resetter Epson L300

Egan
38 sec read

Leave a Reply